Comscore Tracker

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi? Siap-siap nggak makan kambing kamu

Berbicara tentang Iduladha, khususnya makanan, pasti tak jauh-jauh dari sajian daging sapi dan kambing. Banyak yang lupa kalau kedua jenis daging ini bisa meningkatkan kadar kolesterol, apalagi jika diolah dengan cara-cara tertentu.

Bagi kamu yang kadar kolesterolnya normal, ini tak menjadi masalah. Namun, bagaimana jika punya kadar kolesterol tinggi? Tenang, ada beberapa cara untuk mengakalinya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 8 cara untuk mengurangi kolesterol.

1. Mulailah olahraga

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolunsplash.com/Jonathan Borba

Umumnya mereka yang punya kadar kolesterol tinggi pola hidupnya cenderung tidak sehat. Salah satunya jarang atau malas berolahraga. Agar kolesterol bisa turun, kamu disarankan untuk mulai berolahraga mulai sekarang.

Tidak perlu yang berat-berat. Cobalah untuk lari pagi selama kurang lebih satu jam atau melakukan home training, seperti push-up atau sit-up, dengan durasi serupa, yaitu sekitar 30 menit sampai 1 jam setiap hari. Mudahnya sampai kamu bercucuran keringat.

2. Kurangi porsi makan untuk sementara waktu

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolunsplash.com/Louis Hansel @shotsoflouis

Kenaikan tingkat kolesterol sering dikarenakan pola makan yang berlebihan dan tidak teratur. Ada baiknya demi kesehatanmu, kurangi porsi makan. Awalnya mungkin terasa menyiksa, tapi bukan hal mustahil, kok, jika kamu punya tujuan.

Namun, jangan sampai tidak makan sama sekali. Ini malah bisa bikin badan kamu lemas, atau kamu bisa jatuh sakit.

3. Perbanyak makan lemak tak jenuh

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolpexels.com/Suzy Hazelwood

Salah satu alasan kolesterolmu naik adalah kamu sering makan makanan yang mengandung lemak jenuh. Kalau mau kadar kolesterol turun, segera ubah kebiasaan itu. Beralihlah dengan memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh.

Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah jenis kacang-kacangan pohon seperti almon dan hazelnut, alpukat, telur, biji-bijian, minyak zaitun, ikan laut, dan sebagainya. Jenis makanan ini bisa membantumu merasa lebih kenyang ketimbang harus mengurangi porsi makan.

4. Perbanyak pula minum air putih

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolpexels.com/Daria Shevtsova

Air putih tak hanya bisa membantumu untuk kenyang lebih lama, tapi juga mendorong kolesterolmu menuju lever lebih mudah. Itu artinya, minum air putih akan membantumu menurunkan kadar kolesterol.

Coba diingat-ingat apakah sejauh ini kebutuhan minum airmu selama ini sudah terpenuhi? Bisa jadi, tingginya kadar kolesterolmu secara tak langsung disebabkan hal ini.

Baca Juga: 10 Ramuan Ampuh Atasi Kolesterol Tinggi, Gampang Dibikin Sendiri!

5. Makan makanan tinggi serat

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolpexels.com/Vincent Rivaud

Ada studi yang mengatakan jika makanan tinggi serat tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol.

Dari penelitian terhadap 30 orang dewasa, didapati mereka yang memakan makanan dengan kandungan serat 3 gram selama 12 minggu bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 18 persen. Buah-buahan, gandum, sayuran, biji-bijian, semua itu adalah bahan makanan yang menyumbang banyak serat.

6. Berhenti merokok untuk sementara waktu

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolkdvr.com

Mengutip dari laman Healthline, merokok bisa mengubah tubuh menangani masalah kolesterol ini. Akibat nikotin, tubuh susah membawa kolesterol menuju lever.

Maka dari itu, berhenti merokok untuk sementara waktu bisa menghentikan efek tersebut. Akan lebih bagus lagi jika kamu benar-benar berhenti merokok sampai seterusnya. Dijamin tubuh akan lebih sehat secara keseluruhan!

7. Minum wine

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolpixabay.com/Vinotecarium

Menurut berbagai studi, red wine memiliki manfaat sehat bila dikonsumsi secara bijak. Manfaat ini datang dari kandungan resveratrol yang ada dalam kulit anggur merah.

Menurut sebuah studi dalam jurnal "Nutrients" tahun 2016, resveratrol mungkin dapat membantu mengurangi inflamasi dan mencegah pembekuan dalam jangka pendek. Ini dapat berkontribusi pada peningkatan level high-density lipoprotein alias kolesterol baik.

Namun, meskipun resveratrol punya efek positif, tapi efeknya ini tidak tahan lama. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan bahwa senyawa tersebut dapat menurunkan risiko komplikasi pada jantung.

Dilansir dari Healthline, alkohol dikatakan memiliki kemampuan membalikkan transportasi kolesterol. Itu artinya, kolesterol dalam darahmu akan dibawa kembali ke lever untuk diproses ulang. Di sisi lain, ini mengurangi risikomu terkena penyakit jantung.

Meski begitu, konsumsi alkohol tidak boleh berlebihan. Anjurannya adalah konsumsi moderat, yaitu 1-2 takaran per hari untuk laki-laki, dan 1/2-1 takaran per hari untuk perempuan.

Selain itu, perlu juga diketahui kalau tidak semua minuman beralkohol baik untuk kolesterol. Misalnya bir atau minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi gandum. Bila diminum berlebihan, yang ada karbohidrat di dalamnya akan diubah menjadi trigliserida dan low-density lipoprotein alias kolesterol jahat.

8. Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi suplemen

Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterolpixabay.com/lqiuz

Ada bukti yang kuat jika suplemen seperti kapsul minyak ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Mengutip dari Healthline, ada sebuah tinjauan literatur tahun 2013 yang menemukan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada beberapa orang, yang pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Bila kamu punya masalah kolesterol tinggi, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat, sehingga kadar kolesterol tetap di batas normal. Konsumsi daging tidak dilarang, tapi penderita kolesterol memang perlu lebih berhati-hati.

Pastikan untuk membatasi porsi daging, perhatikan cara masaknya, kombinasikan dengan makanan sehat, serta rutin berolahraga. Niscaya, selama kamu bisa menerapkan pola hidup sehat, tak hanya Iduladha, makanan enak bisa disantap setiap hari.

Baca Juga: 8 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol, Ampuh dan Cepat Tanpa Obat! 

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya