Comscore Tracker

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silat

Serasa ikut kelas fitness dan senam secara bersamaan!

Pencak silat bukanlah seni bela diri yang asing di Indonesia. Olahraga bela diri asli Indonesia ini sangat khas dan sudah dikenal di berbagai negara, terlebih setelah ajang Asian Games beberapa tahun lalu dan turut mewarnai layar lebar.

Seperti olahraga pada umumnya, pencak silat membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Keringat yang dikeluarkan dari latihan fisik ini membuat tubuh tak hanya bugar, tetapi juga mendatangkan kebaikan bagi kesehatan mental.

Tanpa berlama-lama lagi, inilah 7 manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh dengan mengikuti pencak silat berikut ini!

1. Tubuhmu terus terjaga dalam kondisi fit

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silatpixabay.com

Dalam jurnal yang berjudul “Health benefits of hard martial arts in adults: a systematic review” dalam "Journal of Sport Sciences" tahun 2018, berpartisipasi dalam olahraga dapat menjaga tubuh tetap fit.

Bahkan, disebutkan juga bahwa kegiatan fisik tersebut mampu menghindarkan pelakunya dari ancaman penyakit kronis. Nah, bela diri masuk ke dalam olahraga yang dimaksud, tak terkecuali pencak silat.

2. Kemampuan kognitif yang meningkat

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silatflickr.com/Imam Kangfei

Studi dalam "Journal of Sport and Health Science" tahun 2016 menyebut bahwa olahraga bela diri mampu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Penelitian yang melibatkan 89 perempuan dan pria berusia rata-rata 70 tahun ini membagi partisipan ke dalam tiga kelompok: karate, fitness konvensional, dan kelompok ketiga hanya menjalani kehidupan seperti biasa.

Dari lima bulan percobaan, didapatkan fakta bahwa kelompok karate mengalami peningkatan reaksi dan kemampuan mental dalam menghadapi stres. Efek tersebut tidak dialami pada kelompok kedua.

Sayangnya, tidak jelaskan mengapa efek tersebut bisa terjadi. Namun, bisa disimpulkan bahwa pencak silat yang merupakan jenis dari olahraga bela diri ini juga punya potensi serupa.

3. Adanya peningkatan pada keseimbangan tubuh

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silatpixabay.com/AgusTriyanto

Banyak studi yang menjelaskan bagaimana keseimbangan tubuh seseorang bisa lebih terjaga dengan mengikuti bela diri.

Mulai dari jurnal berjudul “The Effectiveness of Hard Martial Arts in People over Forty: An Attempted Systematic Review” dalam jurnal "Societies" tahun 2014, hingga studi berjudul “Fitness levels of middle aged martial art practitioners” dalam "British Journal of Sports Medicine" tahun 2004, semuanya menunjukkan bahwa bela diri membuat keseimbangan tubuh pelakunya lebih baik.

Baca Juga: 7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

4. Mengurangi risiko terjatuh

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silatflickr.com/photos/faisalfarishishak

Keseimbangan tubuh yang baik akan membuatm tak gampang jatuh. Menurut sebuah studi dalam "Journal of the American Geriatric Society" tahun 2016, orang tua yang baru saja terjatuh dan terluka, keseimbangannya mengalami peningkatan setelah ikut latihan taici, dibanding dengan mereka yang hanya ikut latihan yang fokus untuk menguatkan kaki.

5. Memberi perlindungan dari gagal organ

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silatflickr.com/photos/shutterscreamer

Salah satu praktik latihan bela diri adalah latihan pernapasan. Nyatanya, pernapasan telah terbukti membantu merawat organ dalam.

Sebuah penelitian berjudul “Breathing-coordinated exercise improves the quality of life in hemodialysis patients” dalam "Journal of the American Society of Nephrology" tahun 1995 meneliti pasien cuci darah yang berlatih pernapasan.

Mereka juga dilaporkan mengalami peningkatan kualitas hidup: lebih doyan makan, peningkatan aktivitas seksual, serta pergerakan usus yang lebih baik.

6. Menjadi lebih lincah

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silatpixabay.com/AgusTriyanto

Pencak silat adalah bela diri yang mengedepankan gerakan tubuh. Itu artinya, tubuhmu akan diolah sedemikian rupa hingga bisa bergerak dengan lincah dan cepat.

Tak hanya itu, stamina juga menjadi lebih terjaga karena mau tidak mau terus bergerak membutuhkan stamina yang tinggi. Ada yang mengatakan bela diri sebenarnya adalah gabungan dari senam, olahraga berat, dan lainnya.

7. Bentuk tubuh yang ideal

Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silatflickr.com

Ketika berolahraga, selain manfaat sehat yang didapat, tubuhmu juga akan jadi ramping dan berotot. Kalau sudah begini, penampilanmu akan tampak ideal.

Layaknya paket lengkap, kamu tak hanya mampu melindungi diri dari potensi bahaya, tetapi tubuh juga lebih sehat dan bentuk badan pun jadi lebih terlihat ramping. Kurang apa coba?

Kalau kamu tertarik, coba saja ikut latihannya. Ada banyak aliran pencak silat, jadi kamu bisa memilihnya sesuai selera dan kemampuan. Selamat berlatih pencak silat!

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibuk

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya