Comscore Tracker

6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonella

Jangan biarkan diri kita terserang infeksi Salmonella

Bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan infeksi sehingga perut mengalami sakit seperti diare hingga typus umumnya memang bersemayam di banyak jenis makanan terutama daging dan jenis protein lainnya. Namun, tidak usah khawatir, tips-tips sederhana berikut dapat kita lakukan untuk mencegah terjangkit infeksi tersebut.

1. Pastikan semua bahan makanan bersih

6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonellasbs.com

Jika kamu sering memakan daging atau jenis protein hewani lainnya, pastikan mencucinya sampai benar-benar bersih sebelum memprosesnya. Bahkan, tidak hanya daging tapi juga makanan dari tumbuhan sepertu sayur dan buah-buahan.

2. Pastikan dapur bersih

6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonellauxdesign.cc

Selagi masih memasak di dapur, tentu saja tempat ini harus bersih jika ingin makanan yang dimasak benar-benar bersih. Jangan sekali-kali meletakkan makanan di dapur yang kotor jika tidak ingin sedikitpun terinfeksi bakteri Salmonella.

3. Simpan makanan di tempat penyimpanan sebaik mungkin

6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonellaunsplash/ernest_brillo

Makanan yang sudah dibersihkan harus disimpan sebaik mungkin di tempat penyimpanan seperti lemari es (kulkas). Ini dilakukan untuk bahan makanan yang belum dimasak, ataupun sisa makanan yang akan dimakan lagi di waktu selanjutnya. Bila perlu, pisahkan lokasi penyimpanannya.

Baca Juga: 6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare 

4. Hindari penggunaan alat yang sama untuk makanan mentah dan makanan matang

6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonellapixabay/089photoshootings

Dianjurkan untuk tidak menggunakan alat seperti pisau, piring, papan iris dan alat yang sama lainnya dalam memproses makanan. Pisahkanlah alat untuk makanan mentah dan alat untuk makanan matang jika tengah memprosesnya dalam waktu bersamaan. Contohnya, pisau untuk membelah buah-buahan yang siap saji, sebaiknya bukanlah yang sebelumnya dipakai untuk memotong dan membersihkan ayam yang belum dimasak.

5. Cuci dan bersihkan tangan setelah menyentuh berbagai hal

6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonellanews.nationalgeographic.com

Tangan sebagai alat natural utama dalam mengerjakan banyak hal memang semestinya selalu steril ketika akan memproses makanan untuk dimasak. Terlebih setelah membersihkan rumah, atau bermain dengan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Jangan lupa pula untuk disiplin mencuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum dan sesudah memproses makanan.

6. Pastikan semua makanan dimasak secara matang

6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonellapixabay/Wow_Pho

Sangat dianjurkan untuk memasak makanan hewani seperti daging sapi, daging ayam dan telur, dengan matang. Terutama bila kamu sangat khawatir terjangkit infeksi bakteri Salmonella.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Infeksi Salmonella

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You