Comscore Tracker

5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Ingin Tidur Terus, Pertanda Stres!

Ngantuk yang berlebihan tanda kalau kamu gak baik-baik saja

Sebagai manusia normal yang membutuhkan istirahat, wajar jika pada saat-saat tertentu kamu merasa lemas dan mengantuk. Karena memang manusia butuh tidur, dan ada batasan energi yang bisa kita pakai beraktivitas setiap harinya. 

Akan tetapi kalau yang kamu rasakan adalah lemas sepanjang hari, atau bahkan selama berhari-hari bawaannya ingin tidur terus maka itu tanda kalau kamu sedang tidak baik-baik. Bisa jadi pertanda penyakit atau ada beban psikologis yang membuatmu seperti kehilangan energi. Lima poin di bawah ini akan membahas lima penyebab di antaranya. 

1. Kurang istirahat

5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Ingin Tidur Terus, Pertanda Stres!ilustrasi lelah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penyebab pertama kenapa tubuhmu lemas bisa jadi karena kamu yang kurang istirahat. Yang mana menjadi suatu hal yang wajar dirimu lemas dan tak bertenaga ketika istirahatmu tidak mencukupi kebutuhan. 

Coba pikir-pikir apakah belakangan ini kamu sering kerja lembur, melakukan banyak kegiatan lebih dari biasanya, atau begadang hingga larut malam? Bisa jadi itulah yang menyebabkan waktu istirahatmu kurang. 

2. Tanda kamu mengalami stres

5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Ingin Tidur Terus, Pertanda Stres!ilustrasi depresi (pexels.com/Cottonbro)

Tubuh lemas dan cenderung ingin tidur terus juga bisa saja merupakan pertanda kalau kamu sedang mengalami stres. Di tahap ini mungkin masih berupa stres ringan karena belum berdampak terlalu fatal pada tubuhmu. 

Akan tetapi hal seperti ini baiknya cepat disadari, tentang apa yang membuatmu stres dan apa yang menjadi beban pikiranmu. Karena ketika beban pikiran bertambah kita cenderung malas melakukan apa pun, kurang konsentrasi dan bawaannya ingin tidur terus untuk meringankan kepala yang terasa berat. 

Baca Juga: 5 Tips supaya Gak Ngantuk di Kantor, Kerjanya Jadi Lebih Produktif!

3. Gula darahmu tinggi

5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Ingin Tidur Terus, Pertanda Stres!ilustrasi makan donat (pexels.com/Andres Ayrton)

Gula darah yang tinggi juga bisa menjadi penyebab kenapa badanku terasa lemas dan sering mengantuk. Bisa dibilang bahwa ini merupakan salah satu gejala dari diabetes, dan akan lebih baik jika kamu periksakan ke dokter. 

Hal-hal yang membuat gula darahmu tinggi bisa jadi karena mengonsumsi banyak makanan manis dan terlalu banyak makan nasi. Sehingga dampaknya membuatmu jadi mengantuk dan ingin tidur terus. 

4. Kurang gerak dan olahraga

5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Ingin Tidur Terus, Pertanda Stres!ilustrasi malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sederhananya, tubuh terasa lemas dan kantuk yang berkepanjangan bisa jadi karena kamu kurang gerak dan olahraga. Yang mana kamu mungkin keseringan malas melakukan aktivitas berat dan lebih memilih bermalas-malasan saja. 

Tubuh yang jarang digerakkan dan dibawa melakukan aktivitas perlahan-lahan jadinya lemas, pun dengan energi yang sedikit dibanding orang-orang pada umumnya. Maka dari itu sebenarnya gak ada salahnya untuk berolahraga ringan untuk menjaga diri supaya tidak lemas dan mengantuk terus sepanjang hari. 

5. Terlalu banyak makan

5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Ingin Tidur Terus, Pertanda Stres!ilustrasi makan bersama (pexels.com/Taha Samet Arslan)

Terlalu banyak makan adalah penyebab terakhir kenapa kamu lemas dan ingin tidur terus. Yang mana menjadi respons wajar pada tubuh bahwa setelah makan dan perut kenyang jadinya mengantuk. 

Tapi mengatasinya sebenarnya cukup mudah, yaitu setelah makan kamu jangan tidur-tiduran atau bermalas-malasan. Namun bawa gerak tubuhmu untuk bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, alias buatlah dirimu produktif supaya gak lemas dan mengantuk! 

Kalau tubuhmu rasanya lemas dan ingin tidur terus, bisa jadi penyebabnya ada pada lima poin tadi. Dengan kata lain dirimulah yang tahu bagaimana membuat tubuhmu penuh energi kembali, karena kalau terus-menerus seperti itu bakal mengganggu hidupmu, kan?

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Energi, Berguna Jika Kamu Lemas Melulu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya