Comscore Tracker

5 Variasi Gerakan Kalistenik yang Bisa Kamu Coba Saat #DiRumahAja

Bakar lemak dari rumah, physical distancing bukan halangan!

Anjuran pemerintah agar masyarakat di rumah saja kadang membuat mereka yang biasa berolahraga di gym bingung. Mereka kebingungan untuk melakukan program yang biasa mereka lakukan, seperti membakar lemak atau sekadar menjaga kesehatan.

Akan tetapi, tak perlu khawatir, ada olahraga kalistenik yang sedang tren dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Olahraga ini menggunakan berat badan kita sebagai tumpuannya sehingga kalistenik bisa dilakukan di mana saja dan pastinya gratis. Berikut lima variasi gerakan kalistenik yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bentuk otot dada, bahu, dan lengan dengan push-up

5 Variasi Gerakan Kalistenik yang Bisa Kamu Coba Saat #DiRumahAjaPexels.com/Pixabay

Mungkin sebagian besar dari kita mungkin sudah tak asing lagi dengan gerakan push-up. Gerakan sederhana ini bisa kamu lakukan di rumah tanpa bantuan alat apa pun. Dilansir laman Healthline, push-up sangat efektif untuk melatih dan membentuk trisep, otot dada, dan bahu bila dilakukan dengan benar. Kamu bisa buktikan ini di rumah!

2. Bakar lemak di perut dengan sit-up

5 Variasi Gerakan Kalistenik yang Bisa Kamu Coba Saat #DiRumahAjaPexels.com/Jonathan Borba

Emily Cronkleton lewat laman Healthline mengungkapkan bahwa gerakan sit-up tradisional sangat efektif untuk memperkuat otot perut dan pinggul. Gerakan yang sering kita jumpai kala berolahraga di sekolah ini punya banyak manfaat.

Selain itu, gerakan ini dapat memperbaiki dan membentuk postur agar kuat serta stabil, khususnya pada bagian perut dan pinggul. Jadi, siapkah untuk melatih otot perutmu?

Baca Juga: Tokopedia, OVO, dan Grab Berembuk Bikin Gerakan Tangkal Corona

3. Rutin melakukan plank akan menguatkan otot punggungmu

5 Variasi Gerakan Kalistenik yang Bisa Kamu Coba Saat #DiRumahAjaPexels.com/Li Sun

Sebuah riset yang dilakukan oleh American Council on Exercise menyebutkan bahwa dengan melakukan plank secara rutin, otot dan tulang punggung kita akan menjadi kuat. Di sisi lain, otot perut kita juga akan menjadi kuat dan stabil ketika rajin melakukan plank.

4. Menguatkan tungkai kaki yang efektif dengan squat

5 Variasi Gerakan Kalistenik yang Bisa Kamu Coba Saat #DiRumahAjaMenshealth.com

Dalam jurnal ilmiah yang berjudul The Health and Performance Benefits of the Squat, Deadlift, and Bench Press dijelaskan bahwa gerakan squat berfungsi untuk melatih dan memperkuat tungkai kaki. Sebelumnya, gerakan ini diperdebatkan oleh para ahli karena kekhawatirannya terhadap lutut saat melakukan squat.

Akan tetapi, gerakan ini telah dinyatakan aman dan bisa kamu lakukan di rumah. Selain menguatkan tungkai, squat juga bisa membentuk otot bokongmu, Sobat!

5. Gerakan lunge bisa melatih kecepatan kita dalam berlari, lho!

5 Variasi Gerakan Kalistenik yang Bisa Kamu Coba Saat #DiRumahAjaT-nation.com

Joni Boyd mengungkapkan dalam artikel ilmiahnya yang berjudul The Undervalued Lunge bahwa gerakan lunge efektif dalam meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan berlari. Otot yang diperkuat melalui gerakan ini yaitu gluteus maximus, otot paha belakang, paha depan, dan gastrocnemius atau betis.

Meski terlihat sederhana, gerakan kalistenik yang satu ini memiliki banyak manfaat. Yang terpenting, kita bisa melakukannya tanpa harus keluar rumah, Sobat!

Itulah lima variasi gerakan kalistenik yang bisa jadi solusi saat physical distancing. Meski gerak kita kini terbatas, tapi selalu ada cara bagi kita untuk mengatasi semuanya.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com.

Baca Juga: Olahraga di Rumah, 5 Gerakan Simpel yang Bisa Memperkuat Sistem Imun

Ahmad Rifai Yusuf Photo Verified Writer Ahmad Rifai Yusuf

Waktu dan kehidupan akan berjalan beriringan. Ig: ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya