Comscore Tracker

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!

Terkenal baik untuk fertilitas laki-laki

Taoge (豆芽) adalah salah satu bahan makanan yang umum di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sering diolah dalam bentuk tumis atau cah sampai di karedok atau bakmi, kecambah dari kacang hijau atau kacang kedelai ini lumrah ditemukan di berbagai tempat makan, dari warteg hingga restoran.

Masuk ke dalam kelompok sayur-mayur, taoge menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Meskipun terkenal menyuburkan reproduksi laki-laki, taoge memiliki manfaat-manfaat kesehatan lainnya. Apa saja? Inilah beberapa khasiat taoge untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi taoge

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi taoge (pixabay.com/hansbenn)

Di balik manfaat taoge untuk kesehatan, tentu saja ada berbagai nutrisi yang menopangnya. Dengan porsi 100 gram (g), Data Komposisi Pangan Indonesia mencatat berbagai kandungan dalam taoge kacang hijau (mung bean sprout), yaitu:

  • Air: 90.4 g
  • Kalori: 34
  • Protein: 3,7 g
  • Lemak: 1,2 g
  • Karbohidrat: 4,3 g
  • Serat: 1,1 g
  • Kalsium: 166 miligram (mg)
  • Fosfor: 74 mg
  • Besi: 0,8 mg
  • Natrium: 19 mg
  • Kalium: 93,3 mg
  • Tembaga: 0,16 mg
  • Seng: 0,4 mg
  • Beta-Karoten: 41 mikrogram (mcg)
  • Karoten Total: 20 mcg
  • Tiamin/vitamin B1: 0,09 mg
  • Riboflavin/vitamin B2: 0,15 mg
  • Niasin: 1,1 mg
  • Vitamin C: 5 mg

1. Meningkatkan kesuburan

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi sperma (pexels.com/Deon Black,)

Bicara tentang taoge, umumnya kita mengingat manfaatnya untuk reproduksi, terutama laki-laki. Salah satu alasannya adalah karena taoge digadang-gadang memiliki selenium dan vitamin E yang baik untuk sperma. Hal ini diuji dalam sebuah penelitian hewan di Indonesia yang ditampilkan di International Conference on Public Health tahun 2018.

Menguji 30 tikus jantan yang terpapar monosodium glutamat (MSG), ekstrak taoge ditemukan meningkatkan kualitas, jumlah, hingga motilitas sperma. Sementara penelitian terhadap manusia masih harus dilakukan, setidaknya potensi efek taoge untuk reproduksi sudah tersingkap.

2. Meminimalkan gangguan menstruasi dan menopause

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi menstruasi (topsante.com)

Bukan cuma untuk laki-laki, taoge juga baik untuk kesehatan reproduksi perempuan di segala usia. Kandungan taoge melancarkan aliran darah sehingga taoge baik dikonsumsi oleh kaum hawa untuk menghindari masalah di kala datang bulan. Selain itu, taoge juga memiliki zat besi yang dapat membantu mencegah insiden anemia.

Di kalangan perempuan di usia menopause, ada risiko terjadinya kepanasan (hot flash). Umum terjadi pada 75 persen perempuan menopause, sebuah penelitian di Iran tahun 2007 mengutarakan bahwa kandungan vitamin E yang alami ditemukan pada taoge dapat meredakan hot flash.

3. Menguatkan tulang

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi tulang kuat (pexels.com/Samer Daboul)

Manfaat selanjutnya dari konsumsi taoge adalah kandungannya yang dapat menguatkan tulang. Dari komposisi nutrisinya, taoge kaya akan kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini mempertahankan tulang dari pengeroposan seiring usia.

Laman WebMD melansir, agar dapat bekerja optimal, kalsium dan fosfor harus saling bekerja sama. Dengan adanya kedua kandungan tersebut pada taoge, maka taoge bisa dijadikan opsi untuk memperkuat tulang.

4. Mencegah hipertensi

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi hipertensi (saha.org.ar)

Manfaat kesehatan taoge lainnya di daftar ini adalah khasiatnya dalam mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menurut data nutrisi sebelumnya, kandungan kalium pada taoge jauh lebih besar dari natriumnya. Oleh karena itu, risiko hipertensi akibat natrium bisa teredam.

Menurut American Heart Association (AHA), makin tinggi asupan kalium, maka kadar natrium pun berkurang karena ikut terbuang lewat urine. Selain itu, kalium juga berkhasiat mengendurkan dinding pembuluh darah. Hasilnya, risiko hipertensi dapat lebih berkurang.

Baca Juga: #GiziLokal: 5 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

5. Menurunkan kolesterol jahat

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi kesehatan jantung (freepik.com/pressfoto)

Percaya atau tidak, taoge memiliki manfaat tersendiri untuk jantung. Hal ini dikarenakan taoge dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Pertama, khasiat ini terbukti lewat penelitian hewan di India tahun 2015, khasiat taoge untuk jantung mirip dengan khasiat obat atorvastatin yang menekan kolesterol jahat.

Penelitian lainnya di Iran tahun 2015 menguji manfaat taoge untuk jantung para pasien diabetes tipe 2 dan obesitas. Hasilnya, kadar kolesterol baik (HDL) meningkat, sementara kolesterol LDL menurun. Manfaat ini adalah berita baik, mengingat penyakit kardiovaskular umum mengintai pasien diabetes tipe 2 dan hipertensi.

6. Mengontrol diabetes

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi cek gula darah untuk diabetes (pexels.com/PhotoMIX Company)

Selain penyakit jantung dan hipertensi, taoge juga dapat mencegah insiden diabetes. Ini karena konsumsi taoge diyakini dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Salah satu penelitian di Amerika Serikat (AS) tahun 2005 mengungkapkan bahwa taoge dapat mengontrol enzim amilase untuk menguraikan gula.

Studi di Iran yang dimuat dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2015 menguji manfaat ini pada pasien diabetes tipe 2. Mereka yang mengonsumsi taoge memiliki kadar hemoglobin A1c (penanda kontrol gula dalam darah) 10 persen lebih rendah, dibanding kelompok kontrol yang tidak makan taoge yang justru naik 12 persen.

7. Meredakan inflamasi

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi inflamasi (healthcoach.clinic)

Tidak ketinggalan, taoge juga memiliki efek antioksidan yang dapat meredakan inflamasi akibat zat radikal bebas. Jika tidak dicegah, inflamasi kronis pada tubuh bisa menyebabkan gangguan-gangguan kronis lain, dari penyakit jantung hingga kanker.

Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian taoge kacang hijau di China yang dimuat dalam Chemistry Central Journal tahun 2014. Salah satu temuannya adalah taoge memiliki kandungan antioksidan yang dapat meredam inflamasi. Meski manfaat ini masih butuh diteliti lebih dalam lagi, makin banyak alasan untuk rajin mengonsumsi taoge.

8. Melancarkan pencernaan

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi pencernaan yang sehat (freepik.com/wayhomestudio)

Kaya serat dan air, taoge dapat melancarkan pencernaan. Menurut sebuah penelitian lampau di Kanada, saat biji berkecambah selama lima hari, kandungan serat di dalamnya meningkat hingga 133 persen dibanding saat masih jadi biji. Healthline melansir, jenis serat yang meningkat secara signifikan adalah serat tak larut.

Bukan rahasia kalau serat tak larut membantu memadatkan tinja dan melancarkan pergerakannya sehingga mengurangi risiko sembelit. Selain itu, sebuah studi di Jerman pada 2007 menemukan bahwa proses berkecambah mengurangi gluten sehingga baik untuk mereka yang memiliki intoleransi gluten.

Lalu, sebuah penelitian di India tahun 2015 menemukan bahwa kecambah (baik dari biji, kacang, maupun sayur-mayur) memiliki jumlah antinutrisi yang lebih rendah dibanding saat belum berkecambah. Dengan begitu, nutrisi jadi lebih mudah diserap dalam pencernaan.

9. Menurunkan berat badan

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!ilustrasi timbangan berat badan (unsplash.com/i yunmai)

Manfaat terakhir di daftar ini yang bisa dinikmati dari konsumsi taoge adalah penurunan angka timbangan. Alasan pertama adalah rendahnya kalori pada taoge sehingga kamu tak perlu takut timbangan naik meski mengonsumsi banyak taoge.

Selain itu, dilansir WebMD, satu lagi manfaat dari konsumsi serat yaitu dapat membuatmu kenyang lebih lama. Menurut studi di Kanada tahun 2009, konsumsi serat dapat membantu mengontrol hormon lapar grelin. Hasilnya, kamu tak berisiko ngemil atau makan berlebihan sampai timbangan naik.

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Taoge, Sehat dan Bikin Subur!infografis manfaat taoge (IDN Times/Aditya Pratama)

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat kamu terima dari konsumsi rutin taoge. Agar aman, jangan coba-coba mengonsumsi taoge dalam keadaan mentah. Lalu, sebelum dimasak, cuci taoge hingga bersih sehingga tidak menyebabkan masalah pencernaan.

Baca Juga: #GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!

Topic:

  • Nurulia R F

Berita Terkini Lainnya