TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Meditasi Qigong: Pengertian, Gaya, dan Manfaatnya  

Seni meditasi tradisional dari China

ilustrasi meditasi qigong (pexels.com/Hebert Santos)

Qigong adalah meditasi tradisional China yang berfokus pada peningkatan kesehatan mental, fisik, dan spiritual melalui kombinasi pengaturan pernapasan, gerakan lembut, dan meditasi.

Meditasi qigong, seperti taici, meredakan banyak masalah medis, termasuk hipertensi, penyakit jantung, diabetes, kelelahan kronis, insomnia, dan ketidaknyamanan punggung bawah dan kaki. Apakah kamu penasaran dengan meditasi qigong? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Pengertian meditasi qigong

ilustrasi qigong (pixabay.com/fransicoicesar)

Menurut Live Science, qigong (diucapkan "chee-gong") adalah seni penyembuhan China kuno yang memadukan meditasi, pengaturan pernapasan, dan gerakan lembut.

Seni ini menggabungkan dua teknik dasar dalam pengobatan tradisional China dan memiliki nama yang secara sempit diterjemahkan sebagai "penguasa vitalitas seseorang". Qi berarti energi kehidupan vital, sedangkan gong mengacu pada penguasaan atau pengembangan.

Membawa vitalitas dan kekuatan alam ke dalam tubuh sendiri telah terbukti secara positif memengaruhi kesejahteraan emosional, psikologis, dan spiritual.

Menurut tradisi China, penyakit disebabkan oleh gangguan aliran energi melalui 12 saluran meridian tubuh. Oleh karena itu, qigong dikatakan dapat meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan sirkulasi Qi (energi) ke seluruh tubuh.

Di China, orang berlatih qigong karena beberapa alasan, termasuk kebugaran, kesenangan, relaksasi, pencegahan, dan terapi. Selain itu, seni ini juga digunakan dalam instruksi bela diri.

Baca Juga: Studi: Yoga dan Meditasi Turunkan Gula Darah Pasien Diabetes

2. Gaya meditasi qigong

ilustrasi qigong (pixabay.com/kalhh)

Meskipun ada berbagai macam teknik qigong, tetapi secara sederhana, seni ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu qigong aktif dan qigong pasif.

Menurut Qigong Awareness, qigong pasif memerlukan duduk dengan tenang dan bernapas dalam-dalam, sedangkan qigong aktif menggunakan gerakan yang lambat dan disengaja. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

  • Qigong aktif

Kamu dapat meningkatkan energi Yang-mu dengan bantuan gerakan yang disengaja dan pernapasan dalam qigong aktif, yang juga dikenal sebagai dong gong. Yang dikaitkan dengan aktivitas, kekuatan, dan vitalitas, sedangkan Yin mewakili keheningan, kedamaian, dan kelembutan.

Gerakan lembut dan tersinkronisasi diulangi untuk meningkatkan sirkulasi, aliran limfatik, postur tubuh, tonus otot, rentang gerak, dan kesadaran spasial/proprioception.

Meskipun qigong aktif adalah jenis aktivitas fisik, ia memiliki kesamaan dengan qigong pasif, misalnya penekanan pada relaksasi, postur tubuh yang baik, dan citra kreatif.

  • Qigong pasif

Qigong pasif mendorong praktisi untuk mengolah energi Qi dalam pikiran sambil mempertahankan tubuh yang rileks.

Saat tubuh tetap diam, pikiran memupuk dan menyalurkan energi Qi ke seluruh tubuh dalam gaya qigong ini. Dapat dikatakan bahwa metode penyembuhan ini menyerupai meditasi biasa.

Baca Juga: Mengenal Meditasi Kundalini, Bantu Optimalkan Kesadaran Diri

Verified Writer

Kazu Zuha

Hanya seorang anak SMK yang menyukai pelajaran SMA. Cenderung seperti bunglon, bisa menjadi Kpopers, Wibu, Agamis, Anak Sosiologi, Anak Politik, dan lain lain sesuai situasi dan kondisi hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya