TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Buah dan Sayur yang Perlu Dikonsumsi saat Diare, Biar Cepat Reda!

Jangan sampai salah pilih!

ilustrasi buah semangka (pexels.com/cottonbro)

Meskipun, sayuran menyehatkan karena menawarkan nutrisi penting, tetapi ada jenis sayuran yang perlu dihindari saat kamu sedang diare. Kenapa? Karena beberapa sayuran mengandung banyak gas, misalnya brokoli, kembang kol, atau buncis yang malah bisa memperburuk gejala diare.

Selain itu, beberapa buah-buahan pun kurang baik dikonsumsi saat diare, misalnya pepaya, nenas, anggur, atau ceri.

Nah, supaya tidak salah pilih, berikut ini adalah daftar buah dan sayuran yang direkomendasikan saat kamu sedang mengalami diare. Catat, ya!

1. Kelapa

ilustrasi buah kelapa (pexels.com/Daria Shevtsova)

Kandungan air serta elektrolit tinggi pada buah kelapa sudah menjadi rahasia umum yang diketahui banyak orang. Tak heran jika air kelapa sering dikonsumsi untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Dilansir Mayo Clinic, air kelapa memang mengandung elektrolit alami, seperti kalium, natrium, dan mangan.

Kandungan alami elektrolit buah kelapa inilah yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, baik karena aktivitas berat maupun diare. Tak hanya air kelapa, daging buahnya juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dikutip dalam Livestrong.

Nah, meskipun buah kelapa sangat cocok dikonsumsi saat terserang diare, tetapi kamu tetap mesti mengimbangi kebutuhan cairan dengan minum banyak air putih atau oralit, ya.

Baca Juga: Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan Mencret

2. Semangka

ilustrasi buah semangka (pexels.com/cottonbro)

Buah semangka merupakan salah satu buah yang mengandung kadar air cukup tinggi, yakni hampir 92 persen. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang yang menggemarinya, apalagi bila dikonsumsi saat cuaca panas!

Berkat kandungan airnya yang tinggi inilah yang membuat semangka sangat cocok untuk dikonsumsi saat kamu mengalami diare ataupun dehidrasi.

Tak cuma itu, semangka juga tinggi akan vitamin A dan C, yang mana ini baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

3. Wortel

ilustrasi wortel (pexels.com/@thiszun)

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang masih aman dikonsumsi pada orang-orang yang sedang mengalami diare. 

Dilansir Livestrong, wortel mengandung senyawa pektin yang akan mengurangi sensasi tidak nyaman pada perut dan dapat membuat feses menjadi lebih padat namun tetap lunak.

Wortel juga mengandung banyak vitamin yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Apel

ilustrasi buah apel (pexels.com/Pixabay)

Saat mengalami diare, tubuh akan terasa lemas akibat kekurangan cairan dan juga energi. Namun, jangan khawatir karena buah apel bisa menjadi salah satu cara penanganannya. Buah yang satu ini kaya akan karbohidrat serta gula yang bisa mendongkrak energi.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa khasiat jus apel murni (tanpa gula) dapat meringankan gejala diare. 

Dalam penelitian tersebut, anak-anak yang juga minum jus buah apel selain larutan oralit ternyata lebih cepat sembuh dibandingkan anak-anak yang hanya minum oralit. So, kamu tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi buah apel saat diare menyerang.

Baca Juga: Penyebab, Jenis, dan Gejala Diare yang Perlu Diketahui

Verified Writer

I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya