Comscore Tracker

Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan Mencret

Bolak-balik kamar mandi itu bikin capek...

Diare menjadi salah satu penyakit berupa gangguan pencernaan paling umum yang pernah terjadi kepada setiap orang. Pasalnya, semua orang pasti pernah merasakan yang namanya diare, setidaknya satu kali dalam setahun untuk orang dewasa dan dua kali dalam setahun untuk anak kecil. Ketika diare menyerang, kamu akan mendapati feses yang terbuang saat buang air besar (BAB) menjadi berbeda.

Bagaimana tidak, tekstur kotoran yang terbuang ketika BAB justru berubah menjadi cair dan lembek atau biasa disebut sebagai mencret. Selain itu, diare juga biasanya diiringi oleh sakit perut dan mual. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari keracunan makanan karena sering jajan sembarangan hingga terinfeksi virus.

Sebenarnya diare bukanlah tipe penyakit yang mematikan. Akan tetapi, kalau berlangsung terus-menerus dalam waktu yang lama, maka diare bisa membahayakan kamu. Berikut ini beberapa cara untuk mengobati dan mengatasi diare yang dijamin ampuh!

1. Antibiotik

Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan MencretUnsplash/Thought Catalog

Menurut Mayo Clinic, antibiotik bisa digunakan untuk mengobati kamu dari diare. Sayangnya, antibiotik hanya bekerja apabila diare yang menyerang kamu disebabkan oleh bakteri atau parasit.

Kalau virus yang menjadi penyebab utama dari diare yang kamu idap, maka antibiotik tidak akan ampuh. Tapi tenang, masih ada cara lain untuk membuat kamu sembuh dari diare biar gak bolak-balik kamar mandi terus.

2. Minum oralit

Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan Mencretstylecraze.com

Cairan yang mengandung garam dan elektrolit (suatu mineral seperti kalium dan natrium) dapat membantu kamu dalam menyembuhkan diare. Adapun cairan elektrolit seperti itu bisa kamu dapatkan di dalam oralit yang mudah kamu temui di berbagai apotek.

Tidak hanya itu, untuk mempertahankan kadar elektrolit, kamu juga bisa menemukannya di dalam sup dan jus buah. Namun, perlu diingat jangan minum jus apel, karena malah bisa memperburuk diare yang sedang kamu derita.

3. Perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi

Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan MencretArchanaskitchen.com

Ketika sedang terserang diare, maka kamu juga harus menjaga pola makan dan minum. Untuk minuman, kamu tidak boleh meminum apapun yang mengandung kafein, alkohol, dan susu.

Kalau makanan, cobalah makan makanan setengah padat dan rendah serat. Contohnya adalah dengan memakan roti bakar, telur, atau ayam. Dengan melakukannya secara bertahap, niscaya feses kamu akan kembali normal, tidak lembek dan berair lagi.

4. Bagaimana jika yang sakit adalah bayi atau balita?

Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan Mencretpexels/pixabay

Pastinya cara mengobati diare pada bayi dan balita bakal berbeda dari orang dewasa. Bukan tanpa sebab, ketika diare berlangsung, banyak air yang akan terbuang dari tubuh melalui feses. Alhasil, tubuh akan kekurangan air sehingga bayi dehidrasi dan ini adalah pertanda bahaya. Sebab, dehidrasi pada bayi jauh lebih berbahaya daripada saat menyerang orang dewasa.

Oleh karena itu, bayi dan balita harus segera diobati agar sembuh dari diare. Berikut ini beberapa cara untuk mengobati dan mengatasi diare pada bayi dan balita yang bisa kamu lakukan:

  • Penuhi cairan elektrolit, seperti dengan memberikan buah hati kamu Pedialyte;
  • Biarkan anak istirahat di rumah. Istirahat sangat penting untuk memulihkan bayi dan balita dari diare. Terlebih, ini juga penting demi mencegah penyebaran infeksi ke anak-anak lain.

5. Rawat inap dibutuhkan apabila berbagai cara tidak ampuh

Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan Mencretmedicalnewstoday.com

EMedicine Health melaporkan kalau sampai semua cara di atas tidak ampuh, maka kamu harus segera berkunjung ke rumah sakit untuk rawat inap sebelum diare semakin memarah. Di rumah sakit, kamu akan diberikan 'cairan IV' untuk mengobati diare.

Apalagi kalau feses yang keluar saat BAB ada darahnya. Itu pertanda diare kamu semakin kronis dan butuh bantuan dari dokter.

Itu dia beberapa cara untuk mengobati dan mengatasi diare yang dijamin ampuh. Kalau gak pengen seperti ini, jangan jajan sembarangan mulu ya!

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya