TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Ampuh Mengatasi Kuku Jari Kaki yang Tumbuh ke Dalam

Biar gak sakit saat mau dipotong

blog.cedars-sinai.edu

Kuku kaki, terutama jari jempol yang tumbuh ke dalam adalah masalah umum dan terjadi ketika sisi tepi kuku tumbuh ke jaringan kulit di sekitarnya. Aduh, itu bisa terasa sakit banget lho!

gfycat.com

Sangat penting untuk merawat kuku kaki yang tumbuh ke dalam segera setelah mereka mulai terasa untuk mencegah infeksi dan menjaganya agar tidak semakin memburuk. Agar bisa mengurangi rasa sakit saat memotongnya, kamu bisa cek cara di bawah ini.

1. Merendam kaki di baskom air campuran garam inggis

healthline.com

Merendam kakimu dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam inggris atau garam epsom akan membantumu mengurangi rasa sakit. Karena kuku akan menjadi lebih lembut dan lebih mudah dipotong sesudahnya.

Campurkan 2 sendok makan garam inggris dalam air hangat di dalam baskom. Rendam kakimu di sana selama 15-20 menit. Coba ulangi prosedur sekitar 3 kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Gak Disangka, Ini 5 Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding Sambil Tiduran!

2. Dibalut cuka apel

unsplash.com/rawpixel

Cuka apel dikenal karena kualitas antiseptik dan anti-peradangannya. Ini akan membantu mencegah infeksi dan meringankan kulit yang bengkak akibat tertusuk kuku.

Coba rendam bola kapas dengan cuka apel lalu letakkan pada jari yang sakit. Tutupi kaki dengan perban dan biarkan selama beberapa jam. Keringkan area secara menyeluruh sesudahnya.

3. Bisa juga dibalut dengan kunyit

care2.com

Buat kunyit menjadi bentuk pasta untuk mendapatkan efek anti-inflamasi dan menghilangkan rasa sakit, sehingga mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dari kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam itu. Carannya campurkan 1/2 sdt bubuk kunyit dengan 1/2 sdm minyak mustard.

Tutupi jari kaki yang sakit dengan pasta dan gunakan perban di atasnya. Tahan selama satu jam. Ulangi prosedur 2-3 kali sehari.

4. Pakai dental floss

ytimg.com

Cara ini bekerja lebih baik setelah kamu melakukan cara pertama, menyebabkan kulit dan kuku menjadi lebih lembut. Angkat dengan hati-hati ujung kuku jari kaki yang masuk ke dalam dengan sepotong dental floss yang bersih.

Akan semakin mudah kalau kamu membaluri dental floss tu dengan wax dulu sebelumnya. Dengan begitu, kuku kakimu bisa terangkat dan bisa dipotong.

Baca Juga: Hati-hati dengan Kebiasaan Menggigit Kuku, Ini 8 Akibat Seriusnya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya