TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Duh, 7 Kesalahan Saat Berolahraga Ini Justru Bisa Membuatmu Lebih Tua

Harusnya kan olahraga jadi bikin awet muda, ya...

unsplash.com/thefirmfitness

Ada banyak alasan seseorang melakukan olahraga: ingin terlihat lebih menarik, murni ingin lebih sehat, menjaga berat badan, mengembalikan suasana hati, dan sederet lainnya. Well, apa pun alasannya, olahraga pada dasarnya memberikan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk membuatmu tetap muda terutama secara kesehatan fisik.

Sayangnya, olahraga juga ternyata bisa membuatmu justru mengalami hal sebaliknya, sebaliknya, lho! Kalau tujuh kesalahan saat latihan ini terus-terusan kamu lakukan, bisa-bisa harapan kesan lebih muda malah semakin menjauh.

1. Melakukan gerakan dengan postur salah

unsplash.com/srosinger3997

Apa pun aktivitas yang kamu lakukan, baik olahraga, duduk bekerja di depan laptop, dan lain-lain, postur yang tepat adalah sebuah keharusan. Postur yang salah akan membentuk ulang bagian tulang belakangmu dalam artian yang negatif seperti membungkuk. Untuk kembali mengembalikan postur, kamu perlu menambahkan olahraga seperti yoga, pilates, atau kelas balet dengan bantuan pihak profesional.

2. Menggantungkan pada latihan kardio

unsplash.com/evstyle

Walau kardio merupakan kebiasaan yang baik, melatih kemampuan otot justru lebih efektif dalam membantu membakar kalori bahkan saat kamu tak berolahraga. Kalau justru kamu hanya berkutat pada jenis kardio semata, maka kekuatan ototmu pun tak akan terjaga dengan baik. Padahal, menjaga kondisi otot akan membuatmu terlihat lebih muda.

3. Tidak menghilangkan stres

unsplash.com/theformfitness

Siapa bilang olahraga hanya sebatas kegiatan fisik? Latihan seperti yoga atau bela diri juga dapat membantumu menghilangkan stres. Dengan keterlibatan ketenangan pikiran ini, kamu jadi lebih mudah untuk mengatasi stres dan mengendalikan emosi sehingga wajah pun tak akan cepat berkerut.

Baca Juga: Coba 11 Gerakan Olahraga Sebelum Tidur Ini, Bikin Nyenyak dan Sehat

4. Melewatkan latihan HIT

unsplash.com/brucemars

Sudah pernah dengar jenis latihan HIIT (High-Intensity Interval Training), bukan? Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism menemukan bahwa orang-orang dewasa yang berpartisipasi melakukan HIIT mengalami peningkatan kapasitas mitokondrial hingga 69 persen. Mitokondria sendiri membantu tubuh untuk menghasilkan energi sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Mengabaikan latihan kekuatan pelvis

unsplash.com/mrleecanburn

Pelvis mungkin tidak menjadi priotitasmu saat melakukan olahraga, padahal area tubuh ini sangatlah penting untuk keseluruhan tubuhmu. Guy Andrews MA CSCS, mengatakan bahwa mengabaikan otot-otot area pelvis akan membuat wanita lebih mudah mengalami penimbunan lemak.

6. Tak ada jeda istirahat

unsplash.com/alloragriifiths

Sesuka apa pun kamu dengan olahraga, jangan sampai terus menerus menghabiskan waktu di pusat kebugaran. Bagaimanapun kamu membutuhkan waktu istirahat untuk mengondisikan otot.

Menurut terapis olahraga dan rehabilitasi Jav Asaro, latihan yang intens dan terus menerus serta kurangnya waktu tidur akan menyebabkan peningkatan kadar hormon kortisol. Efeknya, kamu elastisitas tubuh akan berkurang, munculnya bisul atau jerawat, sampai keriput di wajah.

Baca Juga: Olahraga Tidak Bermanfaat Jika Terlalu Berat, Ini 8 Alasan Medisnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya