TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Melancar Aliran Darah Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga

Jangan sampai darah tersumbat!

www.interactive-biology.com

Aliran darah yang lancar merupakan salah satu kunci kesehatan. Karena aliran darah yang lancar akan mampu membawa oksigen dan nutrisi yang nantinya akan dialirkan ke seluruh tubuh. Sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Apa yang akan terjadi jika aliran darah yang tersumbat? Aliran darah yang tersumbat dapat berbahaya bagi tubuh. Sebab, beberapa penyakit bisa timbul akibat aliran darah yang tersumbat. Mulai dari penyakit stroke hingga serangan jantung.

Tapi tenang saja, ada beberapa cara untuk melancarkan peredaran darah. Dengan mengikuti cara ini, maka kesehatan akan tetap terjaga karena aliran darah yang lancar. Berikut adalah cara untuk melancarkan aliran darah.

1. Pola makan yang sehat

fityourself.club

Untuk dapat melancarkan aliran darah, kamu dapat mencoba mengonsumsi makanan yang sehat. Misalnya saja kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung nitrit oksida seperti cabai dan sayuran berdaun hijau. Kandungan nitrit oksida sangat baik untuk melancarkan aliran darah.

Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah beri dan jeruk. Antioksidan juga dapat membantu untuk melancarkan aliran darah.

Baca Juga: 6 Kelainan pada Darah yang Perlu Kamu Waspadai 

2. Penuhi asupan cairan tubuh

skinnyms.com

Dehidrasi merupakan kondisi di mana seseorang kekurangan cairan. Lalu, dehidrasi juga dapat menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat. Oleh karena itu, penuhilah asupan cairan tubuh agar aliran darah tetap lancar. Pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

3. Rajin berolahraga

manpowermi.com

Terkadang kesibukan yang kita miliki membuat kita malas untuk berolahraga. Padahal, berolahraga sangat penting bagi kesehatan lho. Dengan berolahraga, maka jantung akan terlatih untuk memompa darah lebih banyak. Dengan begitu aliran darah menjadi lancar. Luangkan sedikit waktumu untuk berolahraga agar badan tetap sehat.

4. Hindari stres

chiefexecutive.net

Tekanan dalam hidup dapat membuat seseorang menjadi stres. Perlu kamu tahu, stres dapat membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Untuk dapat mengurangi stres, kamu bisa melakukan meditasi. Selain itu, kamu juga bisa beristirahat sejenak dengan pergi berlibur ke tempat yang tenang.

Baca Juga: 5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah, Waspada!

Verified Writer

Xehi Dekirty

A person who wants to live in peace

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya