Comscore Tracker

Super Menyehatkan, 5 Sayuran Ini Wajib Masuk ke Dalam Menu Sehari-hari

Olah menjadi resep masakan sehat untuk keluarga

Sayuran sebagai makanan yang kaya nutrisi, alami, dan menyehatkan wajib menjadi olahan rutin di rumah. Sayuran yang biasa dimasak seperti kentang, wortel, dan bawang  merupakan beberapa contoh sayuran yang kaya nutrisi. Biasanya sayuran ini diolah menjadi banyak varian masakan agar rasanya tidak membosankan.

Sayuran ini biasanya diolah sebagai sup hangat, camilan sehat, dan berbagai varian olahan lezat lainnya. Ada banyak jenis sayuran lainnya yang memiliki manfaat kesehatan berbeda-beda. Berikut sayuran yang wajib menjadi bahan masakan dalam resep sehatmu dan mudah kamu coba olah di rumah.

1. Kentang

Super Menyehatkan, 5 Sayuran Ini Wajib Masuk ke Dalam Menu Sehari-hariilustrasi kentang rebus (pixabay.com/JamesHills)

Menurut hasil studi pada laman Nutrition Data tahun 2018, kentang mengandung gizi tinggi seperti serat, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan mangan. Kentang bisa membantu saluran pencernaan untuk memberi makan di dalam usus dengan pati resisten tinggi yang dimilikinya.

Walau begitu, cara memasaknya juga harus diperhatikan agar nutrisinya tetap terjaga. Olah kentang dengan direbus, dikukus, atau dipanggang direkomendasikan agar gizi tetap optimal.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menggantikan nasi. Kentang juga membuat orang cepat kenyang sehingga dapat juga digunakan sebagai alternatif konsumsi saat diet.

2. Wortel

Super Menyehatkan, 5 Sayuran Ini Wajib Masuk ke Dalam Menu Sehari-hariilustrasi sekeranjang wortel (pixabay.com/jackmac34)

Wortel menjadi bahan masakan sehat sebagai campuran lauk pauk di rumah. Menurut laporan dari The Journal of Nutrition tahun 2010, wortel dikenal sebagai sayuran yang mengandung vitamin A dan K, serta betakaroten antioksidan penting. Wortel juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko beberapa jenis penyakit kanker.

Kita dianjurkan mengonsumsi wortel untuk meningkatkan fungsi penglihatan kita. Jika kekurangan vitamin A dalam waktu yang lama, risiko rabun senja meningkat. Sebab, segmen luar fotoreseptor mata memburuk. 

3. Bawang merah

Super Menyehatkan, 5 Sayuran Ini Wajib Masuk ke Dalam Menu Sehari-hariilustrasi bawang merah (pixabay.com/webtechexperts)

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Biological Macromolecules tahun 2018, bawang merah dan bawang bombai kaya akan antioksidan. Ini merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. 

Bawang memiliki sifat antikanker yang kuat membuatnya menjadi bumbu dasar masakan yang dapat menurunkan risiko penyakit tersebut. Rasanya yang segar dan agak pedas cocok untuk diolah. Biasanya menjadi campuran wajib pada setiap masakan seperti salad dan makanan bercita rasa kuat lainnya. 

4. Jahe 

Super Menyehatkan, 5 Sayuran Ini Wajib Masuk ke Dalam Menu Sehari-hariilustrasi ekstrak jahe (pixabay.com/siala)

Mengutip jurnal Natural Product Conmunications tahun 2014, jahe memiliki senyawa gingerol sebagai antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya. Ekstrak jahe dapat dimanfaatkan dalam aneka masakan dan minuman. Jahe juga dapat mengurangi gejala radang sendi dan meredakan nyeri haid. 

Rasanya yang memberikan kehangatan saat dikonsumsi membuat jahe menjadi minuman yang cocok diseduh saat dingin. Aroma harum pada jahe juga dapat meredakan rasa mual. Selain itu, jahe juga efektif mengurangi gejala migrain sama efektifnya pada 250 mg suplemen jahe bubuk, mengutip Healthline.

5. Lobak

Super Menyehatkan, 5 Sayuran Ini Wajib Masuk ke Dalam Menu Sehari-hariilustrasi seikat lobak (pixabay.com/WikimediaImages)

Penelitian dari Annals of Nutrition & Metabolism menyebutkan bahwa sayuran yang mirip dengan wortel ini juga memiliki kandungan vitamin C, serat, mangan, dan potasium yang hebat. Vitamin C yang terkandung membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meringankan gejala flu hingga infeksi pernapasan. Lobak banyak diolah dan dikonsumsi sebagai masakan tumis atau campuran salad.

Dari beberapa sayuran menyehatkan di atas mana yang sering kamu olah jadi bahan masakan sehatmu di rumah? Selain menjadi campuran aneka masakan juga penuh gizi dan menyehatkan, ya!

Jangan lupa tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga yang cukup. Dengan begitu, tubuh menjadi sehat bugar dan fungsi organ dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga: 10 Ide Isian Dumpling Gyoza, dari Daging hingga Sayuran

Anisa Kusuma Photo Verified Writer Anisa Kusuma

Keep going!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya