Comscore Tracker

Manfaat Daun Saga Sebagai Obat Tradisional

Banyak manfaat, mudah dicari 

Sudah kenal dengan daun saga? Daun saga memiliki bahasa latin Abrus Precatorius L, dimana daun ini mudah ditemukan. Daun saga memiliki daun berwarna hijau berbentuk majemuk. Bunga dari tanaman saga berwarna ungu muda dan memiliki buah berwarna merah yang memiliki bintik hitam. Hati-hati dengan buahnya, karena buah ini mengandung racun.

Daun saga digunakan sebagai obat tradisional dan alami tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di banyak negara lainnya. Hal ini karena terdapat beberapa kandungan di dalam daun saga yang bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakit

Manfaat daun saga untuk menyembuhkan beberapa penyakit 

Manfaat Daun Saga Sebagai Obat Tradisionaldaun saga (instagram.com/talunkebonsawah_sangkuriang)

Kandungan di dalam daun saga adalah glisirizin, saponin, dan favonodia. Glisirizin merupakan suatu glikosida saponin non hemolitik golongan triterpenoid yang berfungsi sebagai anti parasit. Karena kandungan ini, membuat daun saga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain:

  • Untuk mengobati sariawan dengan cara merebus daun saga, dan air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur;
  • Untuk meredakan panas dalam dengan cara merebus daun saga, kemudian air rebusannya diminum;
  • Untuk mengobati sakit tenggorokan dengan cara berkumur dengan air rebusan daun saga dan kemudian meminum air tersebut. Selain meredakan sakit tenggorokan, bisa juga sekaligus untuk meredakan batuk;
  • Untuk pengobatan lainnya, daun saga bisa digunakan untuk mengobati masalah perut hingga pencegahan kanker.

Walaupun memiliki banyak manfaat, namun tidak boleh terlalu berlebihan untuk mengonsumsi daun saga. Hal ini, karena dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efek samping penggunaan daun saga sebagai obat tradisional.

Kamu wajib mengetahui tanaman-tanaman yang bisa digunakan sebagai obat tradisional. Jika sudah tahu, kamu bisa menanamnya di rumah sehingga bisa dijadikan apotek hidup.

Baca Juga: Sering Dijadikan Lalapan, Ketahuilah 5 Manfaat Daun Pohpohan

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya