Comscore Tracker

5 Gejala Ini Menunjukkan Tubuhmu Butuh Bergerak Lebih Banyak

Jangan rebahan terus!

Kita semua tahu kalau olahraga punya andil besar dalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia pada dasarnya terus bergerak. Memelihara gerak aktif bisa menjaga kualitas hidup.

Walaupun kamu bukan anggota gym, tetapi penting untuk memastikan tubuh tetap aktif dengan rutin beraktivitas fisik, seperti olahraga. Bila kamu mengalami gejala-gejala di bawah ini, itu menandakan kamu harus lebih banyak lagi bergerak aktif. Perhatikan, ya! 

1. Selalu merasa lelah

5 Gejala Ini Menunjukkan Tubuhmu Butuh Bergerak Lebih BanyakIlustrasi seorang pria yang kelelahan. pexels.com/Christian Erfurt

Jika kamu selalu merasa lelah, bahkan dengan makan dan tidur yang cukup, mungkin yang kamu butuhkan hanyalah bergerak sedikit lebih banyak.

Ini mungkin tampak agak berlawanan dengan intuisi, tetapi penelitian yang diterbitkan dalam Fatigue: Biomedicine, Health & Behavior tahun 2013 menemukan bahwa satu latihan intensitas rendah hingga sedang selama 20 menit dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

2. Tiba-tiba semua badan terasa sakit

5 Gejala Ini Menunjukkan Tubuhmu Butuh Bergerak Lebih BanyakIlustrasi badan pegal. pexels,com/Kindel Media

Pernah kamu bangun lalu merasakan punggung bawah, lutut, atau bahu tiba-tiba terasa sakit? Mungkin kamu berpikir kalau rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun, sebetulnya amat penting untuk bergerak supaya bisa cepat pulih.

Kamu bisa menggerakkan otot, mengendurkan persendian, atau peregangan lainnya untuk memompa darah ke area tubuh untuk mengurangi nyeri tersebut.

Selain itu, untuk orang-orang dengan kondisi kronis seperti nyeri punggung bawah atau punya artritis, meningkatkan pergerakan harian misalnya bersih-bersih rumah dan berolahraga rutin, juga akan sangat membantu.

Baca Juga: Lelah Kerja? 9 Cara Seimbangkan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

3. Akhir-akhir ini kamu merasa stres

5 Gejala Ini Menunjukkan Tubuhmu Butuh Bergerak Lebih BanyakIlustrasi stres. pexels.com/AlexGreen

Menurut survei yang dilakukan oleh perusahaan Gallup tahun 2019 terhadap lebih dari 150.000 orang di seluruh dunia, ditemukan bahwa orang Amerika Serikat lebih stres dan khawatir. Mereka khawatir akan keuangan, politik, terus-menerus terpapar media dan informasi, dan terlalu sibuk untuk melakukan relaksasi. Padahal, stres yang tidak tertangani dengan benar bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Tahu tidak, hanya dengan jalan kaki, joging, atau latihan kekuatan tubuh selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu bisa membantu mengurangi kecemasan secara signifikan.

Meski demikian, bila stres yang dialami terlalu berat sudah memengaruhi aktivitas sehari-hari, mungkin kamu butuh bantuan dari profesional seperti psikolog atau psikiater.

4. Kamu merasa ada yang salah dengan hormon tubuhmu

5 Gejala Ini Menunjukkan Tubuhmu Butuh Bergerak Lebih BanyakIlustrasi seseorang yang sedang stres. Pexels/AndreaPiacquadio

Olahraga adalah cara terbaik untuk membantu mengatur hormon, dan kamu akan terkejut melihat betapa olahraga dapat memengaruhi cara berpikir, penampilan hingga perasaanmu.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar testosteron yang membantu menjaga otot. Penelitian dalam Journal of American Medical Directors Association tahun 2015 menemukan bahwa berjalan kaki secara teratur dapat berdampak positif pada tingkat hormon yang meningkatkan kekuatan.

Selain itu, meningkatkan kadar testosteron juga membantu meningkatkan metabolisme, membuat kulit tampak awet muda, dan menjaga otak berfungsi dengan baik.

5. Begitu sulit untuk tidur nyenyak

5 Gejala Ini Menunjukkan Tubuhmu Butuh Bergerak Lebih BanyakIlustrasi seorang perempuan yang tertidur nyenyak. pexels/AndreaPiacquadio

Jika kamu kesulitan tidur atau tetap tertidur pada malam hari, mungkin kamu perlu lebih banyak bergerak pada siang hari. 

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Advances in Preventative Medicine tahun 2017 menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur, terlepas jam berapa kamu berolahraga.

Penelitian lainnya yang dimuat dalam Clinical Psychology Review dan Journal of Sleep Research juga menemukan bahwa olahraga meningkatkan kualitas tidur pada orang-orang dengan insomnia serta dapat meningkatkan suasana hati secara signifikan.

Itulah gejala yang menunjukkan tubuhmu butuh bergerak lebih banyak. Ingat, kunci penting tubuh sehat dan bugar adalah pola makan bergizi seimbang, istirahat cukup, rutin olahraga dan aktif secara fisik, dan mampu mengelola stres dengan baik. Jadi, jangan malas bergerak, ya!

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Merasa Lelah walau Gak Melakukan Apa-apa

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya