Comscore Tracker

5 Manfaat Unik dari Bawang Putih, Bisa Usir Nyamuk!

Lebih dari sekadar bumbu masak

Bawang putih (Allium sativum) tak cuma digunakan secara luas sebagai bumbu dapur dan sajian masakan, tetapi sudah dimanfaatkan sejak dulu untuk pengobatan. Bawang putih telah dimanfaatkan selama ribuan tahun di zaman Mesir Kuno untuk tujuan kuliner dan kesehatan karena manfaat terapeutiknya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan unik yang ditawarkan oleh bawang putih yang mungkin belum kamu ketahui. 

1. Bantu tingkatkan kesehatan rambut

5 Manfaat Unik dari Bawang Putih, Bisa Usir Nyamuk!pexels.com/Element5Digital

Tenyata, bawang putih dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok berkat kandungan allicin yang tinggi dalam bawang putih. Ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology  tahun 2007.

Cara menggunakannya mudah, tinggi gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala, lalu pijat lembut. Kamu juga bisa menggunakan bawang putih dalam bentuk minyak, aplikasikan ke kulit kepala, dan pijat lembut. 

Selain bisa bantu mengatasi rambut rontok, bawang putih juga dikatakan bermanfaat untuk mengatasi ketombe.

2. Bantu mengatasi psoriasis

5 Manfaat Unik dari Bawang Putih, Bisa Usir Nyamuk!Psoriasis. pixabay.com/Eszter Miller

Psoriasis adalah kondisi ketika sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering. Kondisi kulit ini diduga merupakan akibat dari masalah sistem kekebalan tubuh.

Melansir Mayo Clinic, pemicunya beragam, mulai dari infeksi, cuaca, cedera pada kulit, merokok dan paparan asap rokok, stres, konsumsi alkohol, hingga obat-obatan tertentu.

Nah, menurut laporan dalam Journal of Immunology Research tahun 2015, salah satu manfaat unik bawang putih adalah bisa memperbaiki kondisi kulit karena memiliki khasiat antiiflamasi. Bawang putih juga bisa membantu meredakan psoriasis yang sudah menyebar.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak bawang putih di area yang terdampak. Meski begitu, sebaiknya penggunaannya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Kesehatan

3. Bisa jadi perekat alami

5 Manfaat Unik dari Bawang Putih, Bisa Usir Nyamuk!pexels.com/Skitterphoto

Pernahkan kamu memperhatikan betapa lengketnya jarimu setelah mengiris bawang putih? Ternyata, itu memang perekat alami yang diam-diam punya manfaat.

Perekat alami tersebut ternyata bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki rambut yang bercabang.

Lalu bagaimana menggunakannya? Hancurkanlah beberapa siung dan setelah hasilnya kental, gosokkan ke bagian rambut yang bercabang atau kering dan lakukan secara rutin. Tentunya kalau kamu tahan baunya, ya!

4. Solusi obat nyamuk yang ampuh

5 Manfaat Unik dari Bawang Putih, Bisa Usir Nyamuk!pexels.com/KarolinaGrabowska

Para ilmuwan memang skeptis akan manfaat bawang putih untuk mencegah gigitan nyamuk. Namun, tampaknya nyamuk tidak menyukai bawang putih.

Melansir artikel di laman resmi Colorado State University, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sedikit minyak bawang putih bisa menghancurkan beberapa spesies larva nyamuk.

Semprotan dengan bahan ekstrak bawang putih juga dimanfaatkan untuk menyemprot tanaman sebagai alternatif pestisida.

Sulfur yang terkandung dalam ekstrak bawang putih terbukti efektif melawan berbagai serangga, termasuk nyamuk, dan baunya bikin nyamuk ogah dekat-dekat selama berminggu-minggu.

Diyakini juga bahwa bawang putih bisa jadi alternatif pengusir nyamuk. Dalam sebuah studi di India, campuran 1 persen minyak bawang putih, petroleum jelly, dan beeswax yang dioleskan di tangan dan kaki ditemukan ampuh mencegah gigitan nyamuk hingga 8 jam.

Sebagai tambahan, ada pula bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi tinggi bawang putih lewat suplemen atau makanan bisa membantu mengusir nyamuk. Ketika bawang putih dimakan dan komponen nutrisinya dimetabolisme, senyawanya dilepaskan tubuh lewat kulit dan napas.

Walau orang lain mungkin tak mencium baunya, tetapi nyamuk diketahui mengandalkan penciumannya untuk mencari inangnya. Sebagai contoh, karbon dioksida dan asam laktat yang dilepaskan lewat napas manusia adalah dua penarik nyamuk yang diketahui dapat dideteksi dalam jarak 36 meter. Meski belum teruji klinis, tetapi diyakini bahwa senyawa sulfur yang hadir di kulit dan napas setelah makan bawang putih bisa membantu menangkal gigitan nyamuk.

5. Terakhir, bisa jadi skincare alami

5 Manfaat Unik dari Bawang Putih, Bisa Usir Nyamuk!pexels.com/AnnaNekrashevich

Bawang putih mungkin bukan bahan utama dalam ritual perawatan kulit harianmu. Namun, bawang putih ternyata bisa membantu menghilangkan noda di wajah, misalnya jerawat atau komedo. 

Khasiat tersebut disebutkan berasal dari kandungan antioksidan dalam bawang putih yang bisa membantu membunuh bakteri. Jadi, kamu bisa mengoleskan irisan bawang putih ke jerawat.

Menurut keterangan dalam jurnal Dermatology Reports tahun 2011, beberapa manfaat bawang putih untuk kulit di antaranya:

  • Memberi perlindungan dari radiasi UVB
  • Mengatasi psoriasis
  • Mengatasi luka keloid
  • Mempercepat pemulihan luka
  • Mengatasi infeksi virus
  • Mengatasi infeksi jamur
  • Mencegah penuaan dini

Dahsyat, ya?

Itulah beberapa manfaat kesehatan unik yang ditawarkan oleh bawang putih. Jadi, selain dikonsumsi, kamu juga bisa, lho, memanfaatkannya untuk perawatan kulit dan rambut!

Baca Juga: Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Ini

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya