Comscore Tracker

Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Ini

Bahkan bisa bikin kamu lebih atraktif!

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang ada dalam hampir setiap rumah di Indonesia. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, serta harganya juga murah. Namun, dalam kemudahan dan kemurahan itu ternyata ada manfaat berharga yang tidak kita sadari lho!

1. Sistem imunmu akan meningkat

Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Inimedinaction.com

Fakta kalau bawang putih melindungi tubuh dari berbagai virus sebenarnya sudah diketahui sejak zaman dahulu kala. Tetapi para ilmuwan telah mengkonfirmasi sekali lagi kalau seseorang harus secara teratur mengonsumsi bawang putih segar agar tidak mudah jatuh sakit.

Ini semua karena bawang putih mengandung banyak vitamin, minyak bermanfaat, dan asam amino. Selain itu, bawang putih memiliki allicin - senyawa organik yang membunuh bakteri dan jamur. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu harus memakannya secara mentah.

2. Tekanan darahmu menjadi lebih stabil

Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Inibu.edu

Tambahkan bawang putih ke dalam dietmu jika kamu menderita tekanan darah tinggi. Bawang putih bisa melebarkan pembuluh dan mengurangi tekanan arteri. Sakit kepala, serta beban pada jantung, akan hilang bersamaan dengan tekanan darah tinggi. Untuk menyembuhkan hipertensi, seseorang harus makan 4 siung bawang putih setiap hari.

Selain itu, bawang putih menurunkan kadar kolesterol 'jahat' dalam darah sebesar 10-15 persen. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung atau stroke berkurang hampir dua kali lipat. Tetapi ingat, jangan menjadikan bawang putih satu-satunya obatmu untuk menurunkan tekanan darah ya, apalagi kalau kamu penderita tekanan darah tinggi akut.

3. Staminamu akan meningkat

Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Inientrepreneur.com

Bawang putih membuat jantung dan otot bekerja lebih efektif. Kalau kamu rutin berolahraga, maka mengonsumsi bawang putih akan membuat olahragamu lebih bermanfaat.

Di Yunani Kuno, ketika tidak ada yang tahu obat yang bernama doping, olahragawan Olimpiade diberi makan bawang putih yang membuat mereka mampu berlari serta melakukan tembakan lebih baik dari pesaing mereka. Selain itu, bawang putih juga mengurangi kelelahan sehingga akhirnya meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Setiap 7 Aroma Tak Sedap dari Tubuhmu Ini Punya Arti Kesehatan Khusus

4. Buat pria, membuatmu jadi lebih menarik

Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Inibaldingbeards.com

Bawang putih dikatakan bisa membuat pria lebih menarik. Seorang pria harus makan 2 siung bawang putih 12 jam sebelum kencan untuk membuat wanita lebih terkesan dengannya.

Ternyata, wanita tergila-gila dengan aroma tubuh pria yang telah makan bawang putih. Namun, sulit bagi para ilmuwan untuk menjelaskan fenomena ini. Mungkin alasannya tersembunyi dalam sifat antimikroba yang membuat bau keringat menjadi tidak begitu tajam.

5. Rambut dan kulitmu menjadi lebih sehat

Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Iniweddingaffair.co.in

Bawang putih meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga membuatnya lebih panjang dan lebih tebal. Kamu bisa menemukan beberapa produsen kosmetik yang membuat minyak bawang putih khusus untuk kepala. Sedangkan bagi kulit, 2 siung bawang putih yang dimakan setiap hari cukup untuk mengembangkan produksi kolagen alami serta elastin.

6. Menjaga kesehatan mulut

Makan Bawang Putih Secara Rutin Setiap Hari dan Dapatkan 6 Manfaat Inistandard.co.uk

Karena sifat antibakteri dan antijamurnya, bawang putih ternyata baik untuk rongga mulut. Ia mampu membunuh mikroba berbahaya dan menyembuhkan gusi yang meradang. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk mengurangi risiko gigi berlubang.

Dengan berbagai manfaat diatas, sudah tidak ada alasan lagi bagimu untuk tidak mengonsumsi bawang putih. Dokter menyatakan kalau seseorang yang sehat boleh mengonsumsi hingga 4 siung bawang putih dalam satu hari.

Namun, bawang putih tidak direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak di bawah 7 tahun. Saat ingin mengolah bawang putih untuk diaplikasikan ke kulit juga harus berhati-hati karena bisa menyebabkan sensasi seperti terbakar.

Baca Juga: Jangan Menolak Pepaya, Karena Ada 7 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Ini

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya