Comscore Tracker

5 Fakta Ikan Tilapia, Bisa Dijadikan Perban untuk Obati Luka Lho!

Ingin mencobanya?

Biasanya ikan yang ada di laut akan berakhir menjadi masakan. Namun, hal itu berbeda dengan ikan tilapia. Ikan ini bisa dijadikan perban untuk memulihkan kulit. Mari kita simak fakta mengenai ikan tilapia ini. 

1. Digunakan untuk luka bakar

5 Fakta Ikan Tilapia, Bisa Dijadikan Perban untuk Obati Luka Lho!abcnews.go.com

Pada 2018, seekor anak beruang mendapati luka bakar level 3. Dilansir dari laman UC Davis, seorang bernama Jamie Peyton menggunakan kulit ikan ini sebagai perban untuk seekor beruang. Namun, tenang, perban kulit ikan itu telah disterilisasi. Pada akhirnya, luka beruang tersebut pun pulih dilansir dari ABC News. 

 

2. Kolagen pada kulit ikan

5 Fakta Ikan Tilapia, Bisa Dijadikan Perban untuk Obati Luka Lho!businessinsider.sg

Dikutip dari laman Bussines Insider, salah satu hal yang menarik dari kulit ikan tilapia ini adalah kandungan kolagen yang cukup tinggi dibandingkan kulit manusia. Kandungan kolagen tersebutlah yang membantu proses pemulihan kulit. 

Dilansir dari laman Reuters, hal ini rupanya menjadi alternatif dari kulit babi yang digunakan di beberapa negara Barat. Uniknya, perban kulit ini tak harus diganti terus-menerus.

 

Baca Juga: 6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawar

3. Dapat ditemukan di mana-mana

5 Fakta Ikan Tilapia, Bisa Dijadikan Perban untuk Obati Luka Lho!businessinsider.sg

Dilansir dari Business Insider, ikan tilapia ini mudah ditemukan di Brasil. Ikan tilapia ini juga dapat di temukan di berbagai tempat di Indonesia. Selain itu, ikan ini pun muncul di China, Filipina, Amerika, dan Mesir.

 

4. Aman untuk kulit manusia!

5 Fakta Ikan Tilapia, Bisa Dijadikan Perban untuk Obati Luka Lho!businessinsider.sg

Perban ikan tilapia ini aman di gunakan untuk proses pemulihan luka bakar pada manusia. Sebagaimana diliput oleh NBC, percobaan pertama perban kulit ini ada di Brasil. Kulit ikan tilapia ini memiliki kelembapan dan kolagen yang tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Bahkan menurut Business Insider perban yang terbuat dari kulit ikan tilapia ini tidak harus sering-sering diganti. Menurut NBC, kulit ikan ini juga dapat mengurangi rasa sakit akibat luka bakar pada kulit. 

5. Tidak mahal

5 Fakta Ikan Tilapia, Bisa Dijadikan Perban untuk Obati Luka Lho!businessinsider.sg

Dikutip dari Business Insider, dan Reuters, penggunaan kulit ikan tilapia ini lebih hemat 75 persen dari perban biasa. Hal ini karena untuk mendapatkan kulit tilapia ini sangat mudah.

Selain murah, ikan tilapia ini dapat menyembuhkan kulit lebih cepat. Hal ini karena kulit tilapia dapat membunuh virus. Kulit ikan ini dapat disimpan dalam kulkas hingga dua tahun.

Itulah fakta mengenai ikan tilapia atau mujair sebagai perban natural. Sebanyak 56 orang telah menggunakannya di Brasil diliput oleh Business Insider. Ada yang berani coba?

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Coffin, Ikan yang Hobi Berjalan dan Tahan Napas

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya