Comscore Tracker

4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!

Leukemia bisa menyerang di segala usia

Masih hangat dalam ingatan kita tentang kisah pilu Ririn Ekawati. Aris cantik itu baru saja ditinggal pergi sang suami untuk selama-lamanya. Fery Setiawan didiagnosa menderita leukemia alias kanker darah sebelum berpulang kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Pria yang baru menikahi Ririn selama kurang dari dua tahun tersebut meninggalkan lima orang anak dan satu orang istri. Penyakit leukemia lagi-lagi merenggut korban.

Penyakit leukemia bukanlah nama yang asing lagi dalam dunia kesehatan. Bahkan kanker darah menjadi salah satu momok terpopuler dalam kategori penyakit kanker. Namun tahu kah kamu bahwa leukemia masih terbagi lagi ke dalam beberapa tipe berbeda? Di antaranya ada 4 tipe paling awam ditemui dan patut kamu ketahui sejak dini.

Pertama mari pahami tentang leukemia terlebih dahulu.

4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!www.getdoc.co

Leukemia adalah kanker darah atau sumsum tulang yang memproduksi sel-sel darah. Seorang penderita leukimia mengalami kelainan dalam produksi sel darah yaitu biasanya leukosit (sel darah putih) sehingga DNA dari sel darah yang masih muda (terutama sel darah putih) jadi rusak. Kelainan ini menyebabkan sel-sel darah berkembang dan membelah secara terus menerus. Sel darah yang sehat mati dalam waktu singkat dan digantikan dengan sel-sel baru yang diproduksi di dalam sumsum tulang.

Sel-sel darah yang abnormal ini tidak mati pada waktu yang seharusnya, dan akhirnya berakumulasi, lalu memakan lebih banyak tempat dalam darah. Seiring dengan semakin banyaknya sel kanker yang dihasilkan, sel-sel ini menghambat fungsi dan pertumbuhan sel darah putih sehat dengan memenuhi ruang dalam darah. Intinya sel-sel jahat mendesak keluar sel-sel baik dalam darah.

Leukemia terbagi ke dalam 4 kelompok besar, yaitu leukemia akut vs kronis dan leukemia limfositik vs mielositik.

4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!www.pexels.com

Untuk leukemia yang kronik dan akut ada beberapa tahap penuaan dalam satu masa hidup sebuat sel darah putih. Leukemia akut adalah penyakit yang berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan penumpukan sel muda tak berguna di sumsum dan darah. Sel-sel ini dikeluarkan dari sumsum tulang terlalu dini dan tidak berfungsi. Leukemia kronis berlangsung lebih perlahan dan memungkinkan terbentuknya sel-sel darah yang lebih matang dan berguna. Dengan kata lain, leukemia akut lebih cepat mendesak keluar sel-sel darah yang baik dibandingkan dengan leukemia kronis.

Leukemia juga dibagi lagi menurut jenis sel darah apa yang terserang. Jika transformasi kanker terjadi pada jenis sumsum yang memproduksi limfosit, maka penyakit itu disebut leukemia limfositik. Limfosit adalah salah satu jenis darah putih dalam sistem imunitas vertebrata. Jika perubahan kanker terjadi dalam sel-sel sumsum yang memproduksi sel darah merah; sel darah putih selain limfosit; dan trombosit, maka penyakit itu disebut leukemia mielositik.

Dari empat golongan di atas terdapat 4 jenis kanker leukemia yang paling kerap ditemui, antara lain:

1. Leukemia limfositik akut alias acute lymphocytic leukemia (ALL)

4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!www.pixabay.com

Leukemia limfositik akut alias ALL akan menghambat fungsi limfosit sehingga sang penderita berisiko mengalami infeksi serius. Tipe ini juga dikenal sebagai leukemia limfoblastik. Leukemia limfotik akut adalah jenis paling awam terjadi pada anak-anak kecil. Meski begitu orang dewasa juga bisa mengidapnya, terutama lansia di atas 65 tahun. Di Amerika Serikat tingkat kesembuhan ALL dalam kurun waktu lima tahun mencapai 85%.

Baca Juga: Waspadai 7 Gejala Awal Kanker yang Sering Terabaikan Ini

2. Leukemia limfositik kronis alias chronic leukemia lymphocytic (CLL)

4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!www.pixabay.com

Leukemia limfositik kronis alias CLL biasanya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena penderita cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya dalam jangka waktu lama. Leukemia jenis ini paling awam terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 55 tahun, meskipun orang-orang berusia lebih muda juga dapat mengidapnya.

Leukemia limfositik kronis adalah jenis yang paling awam diderita ketika usia dewasa. CLL hampir tidak pernah menyerang anak-anak. Mayoritas penderita CLL adalah pria. Tingkat kesembuhan penderita leukemia limfositik kronis dalam 5 tahun terakhir mencapai 82% di Amerika serikat.

3. Leukemia mielositik akut alias acute myelogenous leukemia (AML)

4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!www.pixabay.com

Leukemia mielositik akut alias AML membentuk sel-sel mieloid tidak sempurna yang dapat menyumbat pembuluh darah. AML lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan anak-anak. Leukemia jenis ini lebih sering diderita pria dibandingkan wanita. Pasien penderita leukemia mielositik akut akan diobati lewat kemoterapi.

Menurut sistem klasifikasi WHO, ada enam kelompok utama AML yang berbeda. Tingkat kesembuhan pada anak-anak dalam kurun waktu lima tahun mencapai 60 hingga 70%. Akan tetapi, tingkat kesembuhan pada keseluruhan penderita dari berbagai umur adalah 26%.

4. Leukemia mielositik kronis alias chronic myelogenous leukemia (CML)

4 Jenis Leukemia yang Perlu Kamu Ketahui & Waspadai!www.pixabay.com

Leukemia mielositik kronis alias CML terdiri dari dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal berkembang perlahan-lahan. Pada tahap kedua, jumlah sel abnormal akan bertambah dengan pesat dan jumah sel darah sehat akan menurun drastis. Penderita leukemia jenis ini sebagian besar adalah orang dewasa. Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat tingkat kesembuhan para penderita CML dalam 5 tahun adalah 65,1%.

Itulah tadi 4 jenis leukemia yang patut kamu ketahui dan waspadai. Tentu saja tak ada yang ingin dirinya atau anggota keluarga menderita penyakit berat seperti ini. Namun, tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan dan waspada serta mengambil langkah pencegahan dengan gaya hidup sehat. Semoga kita semua selalu terhindar dari penyakit fatal seperti leukemia.

Baca Juga: Datang Diam-diam, 10 Fakta Kanker Serviks Ini Perlu Kamu Ketahui dari Sekarang

Topic:

Berita Terkini Lainnya