Comscore Tracker

5 Fakta Soal Selasih, Si Kecil yang Mengandung Berbagai Manfaat

Gak cuma sebagai pemanis tampilan minuman aja lho

Saat kamu minum es buah, es campur, atau es sejenis itu, kamu pasti akan menemukan selasih di dalamnya kan? Biasanya sih, gak sempat terasa di lidah, saking kecilnya, selasih ini bisa mengalir lancar ke tenggorokan bersama air yang kita minum. Meskipun kecil, jangan menganggap kalau selasih cuma sebagai penghias dalam minuman aja. 

Si kecil ini ternyata punya berbagai manfaat, berikut fakta-faktanya nih guys.

1. Tanaman selasih merupakan spesies yang sama dengan tanaman kemangi, lho

5 Fakta Soal Selasih, Si Kecil yang Mengandung Berbagai Manfaatunsplash/Lavi Perchik

Beberapa dari kamu mungkin sudah tau kalau tanaman selasih dan kemangi tampak mirip satu sama lain. Eits, tapi mereka berbeda lho. Meskipun memang berasal dari satu spesies yang sama, namun selasih dan kemangi memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu dari bunga yang dihasilkan. Pada tanaman kemangi, bunganya berwarna putih, sementara bunga selasih berwarna cokelat kehitaman.

2. Mampu meminimalisir dampak negative nikotin

5 Fakta Soal Selasih, Si Kecil yang Mengandung Berbagai Manfaatlikeavegan.com.au

Perokok aktif maupun pasif perlu banget nih mengkonsumsi selasih. Pasalnya, biji selasih mampu mengurangi dampak tidak baik dari nikotin di dalam tubuh. Hasil hirupan asap rokok yang mengendap menjadi racun dalam tubuh kita, digadang-gadang mampu diperangi oleh selasih ini. Gak cuma bijinya, bahkan daunnya pun punya fungsi yang sama, lho.

3. Menguatkan imun dan meredakan batuk

5 Fakta Soal Selasih, Si Kecil yang Mengandung Berbagai Manfaathealthline.com

Dalam biji selasih terkandung dua bahan yang bisa dibilang sangat terkenal untuk memperkuat imun tubuh kita. Yap, antioksidan dan vitamin C ternyata terdapat dalam biji selasih lho. Gak cuma itu aja, dalam biji selasih juga terdapat antispasmodic yang ampuh menyembuhkan batuk serta mengencerkan dahak. 

Baca Juga: 10 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Tubuh

4. Cocok bagi kamu yang sedang diet

5 Fakta Soal Selasih, Si Kecil yang Mengandung Berbagai Manfaatboldsky.com

Biji selasih yang dapat dengan mudah kita temui di pasaran ini, ternyata memiliki kemampuan menunda rasa lapar lho, gengs. Cocok banget deh buat kamu yang sedang menjalankan program diet.

Dalam biji selasih terkandung serat yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama namun dengan cara yang menyehatkan. Biji selasih bekerja dengan menghambat konversi pati menjadi gula. Makanya, biji selasih ini juga terbukti mampu membantu menormalkan kadar gula dalam darah.

5. Meredakan stress dan memperbaiki mood

5 Fakta Soal Selasih, Si Kecil yang Mengandung Berbagai Manfaatfinedininglovers.com

Gak cuma penyakit dalam tubuh, penyakit mental pun ternyata bisa diminimalisir oleh si kecil ajaib ini lho. Selain dijadikan sebagai aromaterapi, karena aromanya yang menenangkan, menyeduh biji selasih dalam air hangat kemudian meminumnya, juga mampu menyembuhkan kelelahan, rasa tegang pada saraf, serta mengurangi depresi. 

Siap sedia stok kemangi dalam jumlah banyak di rumahmu kan, gengs?

Baca Juga: 8 Minuman Sehat untuk Memulai Hari dengan Semangat dan Berenergi

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya