Comscore Tracker

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuh

Vitamin B memiliki banyak jenis dan fungsinya beda-beda lho

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kita mengenal banyak jenis vitamin, salah satunya adalah vitamin B. Vitamin ini secara umum berfungsi untuk meningkatkan energi dan membuat mood lebih baik. Namun tidak seperti vitamin lain, vitamin B memiliki beberapa jenis vitamin lain. Setidaknya ada delapan jenis vitamin B yang dikategorikan sebagai vitamin B kompleks dengan manfaat yang berbeda-beda.

Pada artikel kali ini, IDN Times akan membahas jenis-jenis vitamin B yang dapat kita temukan dalam konsumsi sehari-hari. Let's check it out! 

1. Vitamin 1 (Thiamin)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhnaturalfoodseries.com

Vitamin B1 atau Thiamin adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang diperoleh. Vitamin B1 juga memiliki peranan penting untuk mengatur sistem saraf dan menjaga suasana hati. Vitamin B1 diketahui dapat diperoleh dengan mengkonsumsi kacang-kacangan seperti biji bunga matahari dan kacang kenari.

Menurut Jurnal berjudul Thiamine Deficiency (Beriberi) Induced Polyneuropathy and Cardiomyopathy: Case Report and Review of the Literature, defisiensi vitamin B1 terbukti menjadi penyebab utama penyakit beri-beri, penyakit saraf seperti polineuropathy, dan gangguan otot jantung seperti cardiomyopathy.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhhellosehat.com

Vitamin B2 atau Riboflavin adalah vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Untuk mendapatkan asupan vitamin B2, kita bisa mengkonsumsi Jjamur, telur, bayam, brokoli, dan beberapa seafood seperti cumi-cumi dan ikan makarel.

Menurut Jurnal berjudul Riboflavin Deficiency, kekurangan Riboflavin dapat membuat penyerapan zat besi ke dalam tubuh terhambat, di mana hal ini akan berujung pada terjadinya anemia.

Selain itu, Riboflavin juga berperan penting dalam menjaga kadar kolagen pada tubuh, di mana kolagen adalah salah komponen utama pada kulit. Pemberian Riboflavin terhadap pasien yang mengalami katarak juga terbukti membantu mengembalikan kemampuan penglihatan pasien tersebut.

3. Vitamin B3 (Niacin)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhnutritionpromise.com

Vitamin B3 atau Niacin adalah vitamin yang berfungsi untuk membantu mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh dan memperkuat daya ingat. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting membantu perkembangan organ bayi saat masih di dalam kandungan ibu. Untuk mendapatkan vitamin B3, kita dapat mengkonsumsi ikan tuna, ayam, jamur, dan alpukat.

Menurut Jurnal berjudul Niacin deficiency resulting in neuropsychiatric symptoms: A case study and review of literature, defisiensi Niacin memiliki korelasi terhadap demensia, depresi, dan penurunan fungsi kognisi otak.

Selain itu seperti dilansir dari Science Media Centre, pemberian suplemen Niacin mampu mencegah lahirnya bayi dengan cacat organ tubuh bawaan. Hal ini dikarenakan Niacin mampu meningkatkan kadar protein NAD dalam tubuh yang menjaga bayi saat dalam kandungan. Meski begitu, pemberian suplemen Niacin kepada ibu hamil harus melalui konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Vitamin B5 (Panthotenic Acid)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhwell-beingsecrets.com

Vitamin B5 atau Panthotenic Acid adalah vitamin yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih tahan dari infeksi mikroba. Untuk mendapatkan vitamin ini, kita dapat mengkonsumsi ikan salmon, alpukat, gandum, dan hati.

Menurut Jurnal berjudul Vitamin B5 Reduces Bacterial Growth via Regulating Innate Immunity and Adaptive Immunity in Mice Infected with Mycobacterium tuberculosis, percobaan terhadap tikus menunjukkan bahwa pemberian suplemen Panthotenic Acid mampu mengurangi jumlah bakteri M. tuberculosis yang menginfeksi tikus tersebut. Bakteri tersebut berhasil berkurang karena adanya peningkatan sistem imun tikus yang diberikan suplemen Panthotenic Acid. Fenomena ini diduga kuat juga terjadi pada manusia.

Baca Juga: 5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhthehealthyrd.com

Vitamin B6 atau Pyridoxine adalah vitamin yang mampu menjaga sistem imun tubuh dan mencegah beberapa penyakit kulit. Vitamin B6 biasanya dapat diperoleh dengan mengkonsumsi paprika, ayam, hati sapi, dan kentang. 

Menurut Jurnal berjudul Vitamin B6 and Its Role in Cell Metabolism and Physiology, defisiensi Pyridoxine dapat menimbulkan penyakit dermatitis di mana penderitanya akan mengalami kulit memerah hingga melepuh dan berair. Selain itu, orang yang kekurangan vitamin B6 juga diketahui memiliki sistem imun tubuh yang lebih lemah. 

6. Vitamin B7 (Biotin)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhnews-medical.net

Vitamin B7 atau Biotin adalah vitamin yang dikenal mampu membantu menjaga kondisi kulit dan rambut agar selalu sehat. Vitamin ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi telur, keju, susu, ikan sarden, dan kacang-kacangan.

Menurut Jurnal berjudul A Review of the Use of Biotin for Hair Loss, orang-orang yang memiliki masalah dengan rambut rontok bisa sembuh dengan mengonsumsi suplemen Biotin. Selain itu, konsumsi suplemen Biotin juga terbukti membantu menyelesaikan masalah kulit pecah-pecah dan masalah kuku yang mengalami kerusakan.

7. Vitamin B9 (Folic Acid)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhmedicalxpress.com

Vitamin B7 atau Folic acid adalah vitamin yang penting untuk proses replikasi DNA. Hal ini membuat vitamin B7 sangat penting untuk proses pertumbuhan dan juga regenerasi sel dari luka. Untuk memperoleh vitamin ini, kita bisa mengonsumsi kedelai hitam, alpukat, asparagus, telur, dan jeruk.

Menurut Jurnal berjudul Folic Acid Supplementation and Pregnancy: More Than Just Neural Tube Defect Prevention, seorang wanita yang sedang hamil memiliki kebutuhan Folic Acid yang lebih besar. Kekurangan Folic Acid di masa kehamilan bisa mengakibatkan kecacatan pada janin yang dikandungnya. Selain itu, sang ibu juga beresiko mengalami anemia yang membuat tubuh ibu dan bayinya tidak bertenaga.

8. Vitamin B12 (Cobalamin)

Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuhtoronto.com

Vitamin B12 atau Cobalamin adalah vitamin yang berperan penting dalam proses sintesis DNA dan produksi energi di dalam sel. Sumber vitamin B12 ini kebanyakan diperoleh dari produk-produk hewani seperti daging dan telur. Oleh karena itu, orang yang kekurangan vitamin B12 pada umumnya ditemukan pada vegetarian dan orang yang mengalami malabsorbsi.

Menurut Jurnal berjudul Vitamin B12 in Health and Disease, defisiensi Cobalamin dapat mengakibatkan anemia, sistem imun yang rendah, gastritis (radang lambung), dan gangguan usus halus. Agar para vegetarian dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12, sangat disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 (sesuai anjuran dokter) atau mengonsumsi makanan fermentasi yang kaya akan vitamin B12.

Beberapa makanan fermentasi dikenal kaya akan vitamin B12, salah satunya adalah makanan tradisional Indonesia yaitu Tempe. Menurut Jurnal berjudul Production of vitamin B-12 in tempeh, a fermented soybean food, produksi vitamin B12 pada tempe berasal dari bakteri yang tumbuh bersamaan dengan kapang tempe. Metabolisme dari bakteri tersebut menghasilkan produk berupa Vitamin B12.

Nah, jadi itulah jenis-jenis vitamin B kompleks. Alasan vitamin B memiliki banyak jenis dikarenakan vitamin-vitamin tersebut memiliki kesamaan sifat dan distribusinya di alam sehingga dijadikan dalam satu golongan vitamin, yaitu vitamin B kompleks. Berbeda dengan vitamin lainnya yang memiliki sifat yang jelas berbeda dengan vitamin B.

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu dan terima kasih sudah membaca!

Baca Juga: 5 Perubahan Tubuh yang Terlihat Saat Kekurangan Vitamin & Mineral

Deny Hung Photo Community Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You