Comscore Tracker

5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Satu di antaranya, fisikmu mudah lelah dan letih

Vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air dan berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Meski diperlukan dalam jumlah sedikit, asupan vitamin C harus cukup setiap harinya. 

Detailnya, vitamin C berfungsi sebagai anti oksidan atau pelindung dari radikal bebas, membantu produksi kolagen untuk menjaga kesehatan dan kekencangan kulit, membantu penyerapan zat besi, serta  meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Nah, apa yang akan kamu alami jika kekurangan vitamin C? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Mudah lemah dan letih

5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin Cunsplash/PriscillaDuPreez

Lemah, lelah, dan letih biasanya kamu alami dalam keseharian setelah beraktivitas berat. Jika tidak segera ditindak, keletihan itu akan berujung pada penyakit ringan hingga berat seperti flu, batuk dan demam. Indikasi tersebut juga menandakan bahwa tubuhmu sedang kekurangan vitamin C.

Jika demikian, kamu mesti menyediakan vitamin C untuk dikonsumsi secara rutin dalam bentuk apapun. Buah, sayur, atau suplemen bisa menjadi pilihan. 

2. Kulit jadi kusam

5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin Cunsplash/AmandaDalbjorn

Kulit kusam juga diakibatkan oleh kurangnya takaran vitamin C dalam tubuh. Kulit tampak cerah dan bersinar dikarenakan kolagen yang cukup. Adapun kolagen terbentuk dari protein dan vitamin C. Jika kulitmu mulai kusam terutama di bagian wajah, atasilah dengan konsumsi makanan, suplemen atau kosmetik yang mengandung nutrisi tersebut.

Baca Juga: 5 Buah Ini Kaya Akan Vitamin C, Bagus Banget untuk Kesehatan Kulit!

3. Bagian tubuh mudah memar

5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin Cunsplash/MarkusSpiske

Dampak lain akibat kekurangan vitamin C adalah kulitmu mudah lebam dan memar saat terbentur. Hal ini bisa terjadi akibat jaringan tubuh kekurangan kolagen sehingga proses penyembuhannya terlambat.

Kolagen merupakan protein yang terbentuk dari vitamin C. Perannya bekerja dalam proses penyembuhan luka dan peremajaan kulit. 

4. Gigi lebih mudah copot

5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin Cunsplash/LionFive

Dampak terparah dari kekurangan vitamin C adalah gigi mudah copot atau lepas. Jika kamu mengalaminya, stok vitamin C dalam tubuh hampir habis. Hal ini banyak dialami oleh para perokok berat karena toksin dalam rokok sangat cepat menguras kadar vitamin C. So, jauhilah rokok dan asapnya ya, Guys!

5. Gusi bengkak dan berdarah

5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin Cwww.go-dok.com

Jika gigimu mudah berdarah setiap usai gosok gigi, salah satu penyebabnya mungkin kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Meskipun untuk itu, kamu perlu berkonsultasi lagi dengan dokter gigi untuk memastikan penyebabnya apakah kekurangan vitamin C atau penyakit gusi yang lain.

Sama halnya dengan kulit tubuh, produksi kolagen yang kurang dapat menyebabkan gusi mudah terluka. Terlebih lagi kondisi kulit pada gusi dilapisi ari yang sangat tipis. 

Nah, itulah tanda-tanda kekurangan vitamin C yang mudah kamu identifikasi, guys! Jika kamu mengalaminya, segeralah untuk mengatasinya!

Baca Juga: 7 Gejala Penyakit Serius pada Pria Ini Kerap Diabaikan & Dikira Ringan

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You