Comscore Tracker

6 Tips Mencegah Bulimia, Gangguan Makan yang Mengancam Nyawa

Yuk, terapkan sebelum terlambat
Demi mendapatkan tubuh yang ideal, banyak cara yang dilakukan sebagian orang, diantaranya melakukan diet ketat, mengurangi porsi makan hingga meminum obat pencahar yang bertujuan memuntahkan makanan dengan sengaja.
 
Namun, tahukah kalian kebiasaan diet ketat tidaklah baik bagi kesehatan. Belum lagi, kebiasaan memuntahkan makan dengan sengaja memiliki dampak yang sangat buruk. 
 
Kebiasaan memuntahkan makanan dengan sengaja secara medis merupakan gejaga awal dari Bulimia Nervosa. Hal ini biasanya terjadi karena perasaan bersalah sehabis makan berlebihan. Umumnya, penderita bulimia tidak menyadari, jika dirinya menderita penyakit ini.
 
Meskipun bulimia ternyata termasuk gangguan psikologis, rupanya jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, yuk terapkan enam tips ini agar bisa mencegah gangguan ini.

1. Tidak memaksakan diri untuk diet tidak sehat

6 Tips Mencegah Bulimia, Gangguan Makan yang Mengancam Nyawapexels.com/Karolina Grabowska

Banyak orang yang ingin mendapatkan hasil instan dari diet yang dijalani. Tak jarang mereka rela melakukan diet yang sangat ekstrim dengan meminum obat pencahar atau memaksakan diri untuk muntah. Kebiasaan inilah yang akhirnya tidak baik bagi kesehatan.

2. Mengontrol makan

6 Tips Mencegah Bulimia, Gangguan Makan yang Mengancam Nyawapexels.com/Andrea Piacquadio

Mengontrol makan penting untuk dilakukan, karena banyak penderita bulimia berawal dari kebiasaan makan berlebihan, lalu memuntahkannya karena merasa bersalah. Hal semacam ini harus dihindari dengan cara berhenti sebelum kenyang. Kamu juga bisa melakukannya dengan mengatur jadwal makan dan makan secara perlahan agar terhindar dari binge eating atau makan berlebihan.

3. Kelola stress dengan rutin berolahraga

6 Tips Mencegah Bulimia, Gangguan Makan yang Mengancam Nyawapexels.com/Gustavo Fring

Stres yang berkepanjangan ternyata bisa berdampak pada pola makan seseorang. Umumnya, mereka yang mengalami bulimia ketika tertekan akan melampiaskan dengan makan berlebihan, kemudian jika sudah merasa bersalah akan memuntahkannya secara paksa. Untuk menghindarinya, biasakan diri mengelola stres dengan tidak makan berlebihan. Kebiasaan rutin olahraga itu juga baik untuk mental dan tubuh.

Baca Juga: 7 Fakta Bulimia Nervosa, Gangguan Makan yang Bisa Menyebabkan Kematian

4. Hindari mempermasalahkan penampilan tubuh

6 Tips Mencegah Bulimia, Gangguan Makan yang Mengancam Nyawapexels.com/Rafael Barros

Setiap orang punya pandangan masing-masing terhadap bentuk tubuh. Agar terhindar dari bulimia, coba untuk tidak mempermasalahkan bentuk tubuh, baik diri sendiri maupun orang lain. Cara yang tepat bisa dengan menghindari pembicaraan tentang penampilan dan mencintai diri sendiri.

5. Memahami tentang bulimia secara menyeluruh

6 Tips Mencegah Bulimia, Gangguan Makan yang Mengancam Nyawapexels.com/Andrea Piacquadio

Agar terhindar dari bulimia, mulai sekarang pelajari bagaimana gejala, penyebab serta akibat dari bulimia itu sendiri. Dengan memahami itu lah, kamu akan terbiasa untuk hidup sehat dan mengontrol pola makan.

6. Selalu meningkatkan rasa percaya diri

6 Tips Mencegah Bulimia, Gangguan Makan yang Mengancam Nyawapexels.com/Moose Photos

Rasa percaya diri yang tinggi akan membuatmu tidak begitu mempermasalahkan penampilan. Tetaplah percaya diri dan memotivasi diri setiap hari untuk selalu hidup sehat. 

Penyebab bulimia memang belum diketahui dengan pasti, akan tetapi biasakan untuk selalu mengontrol makan dan hidup sehat. Percayalah, kebiasaan yang baik akan memumbuhkan hal baik pula bagi diri kita. Tetap semangat menjalani hidup sehat dan sayangi diri kamu sendiri, ya.

Baca Juga: 6 Fakta Bulimia, Gangguan Mental yang Berdampak pada Perilaku Makan

Puspita Diah Photo Verified Writer Puspita Diah

Trust your hunches. They're usually based on facts filed away just bellow the conscious level - DR. Joyce Brothers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya