Comscore Tracker

Dianggap Gak Penting, Ini 5 Manfaat di Balik Kebiasaan Melamun

Orang yang sering melamun biasanya kena tegur

Siapa sih yang gak pernah bengong atau melamun? Kadang saat tidak sedang beraktivitas, kamu sering tidak sadar melamun sendirian. Entah itu melamun memikirkan sesuatu atau melamun tanpa alasan.

Nah seringkali pula kamu diomelin gara-gara bengong. Padahal menurut penelitian, bengong ternyata ada manfaatnya lho. Kira-kira apa manfaat melamun yang sangat mudah dilakukan ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Mengistirahatkan otak yang lelah

Dianggap Gak Penting, Ini 5 Manfaat di Balik Kebiasaan Melamunpixabay.com

Bekerja, membaca bahkan berbincang dengan orang lain merupakan salah satu fungsi otak yang tanpa kamu sadari sering dilakukan. Tanpa melakukan aktivitas itu otak tetap melakukan pekerjaannya yaitu mengendalikan tubuh. Lalu kapan otak bisa istirahat?

Nah selain tidur, melamun juga bisa membuat otak rileks sejenak lho. Di antaranya dua bagian otak yang sering kamu pakai, yaitu bagian analisis pembuatan keputusan dan bagian yang berhubungan dengan empati yang selalu dipakai secara penuh. Jika kamu bengong atau melamun, kedua bagian ini akan aktif secara bergantian sehingga cukup membuat otak rileks.

2. Melamun akan meningkatkan daya ingat

Dianggap Gak Penting, Ini 5 Manfaat di Balik Kebiasaan Melamunpixabay.com

Hayo ngaku, kamu pasti pernah tiba-tiba ingat sesuatu yang terlupakan saat sedang melamun kan? Ternyata hal ini bukan mitos aja lho. Saat kamu bengong, otak dalam masa default-mode yang ternyata sedang memproses memori dalam jangka panjang. Sehingga masa saat kamu melamun, memori yang sempat terlupakan bisa saja kembali.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Media Sosial bagi Kesehatan Mental dan Fisik

3. Kreativitas akan meningkat

Dianggap Gak Penting, Ini 5 Manfaat di Balik Kebiasaan Melamunpixabay.com/rawpixel

Selain daya ingat, ternyata bengong juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat lho. Wah beneran tuh? 

Menurut penelitian, jika kamu melakukan melamun artinya kamu sedang dalam masa santai dan tidak tertekan. Hal ini ternyata akan membuat kamu melihat suatu permasalahan dengan sudut pandang lain. Sehingga kreativitas akan terbentuk dengan sendirinya. Hmm pantas kalau bengong di kamar mandi suka tiba-tiba kepikiran ide cemerlang ya?

4. Membuat diri lebih peka terhadap orang lain

Dianggap Gak Penting, Ini 5 Manfaat di Balik Kebiasaan Melamunpixabay

Siapa bilang melamun artinya pikiran mu kosong? Kadangkala saat melamun kamu memikirkan pengalaman atau kejadian yang kamu alami selama ini. 

Seperti saat bersosialisasi dengan sesama, bagaimana orang lain bertindak tanpa sadar akan kamu pikirkan. Disini kamu akan mulai merasakan empati bahwa semua orang memiliki akan alasan sendiri saat melakukan suatu hal.

5. Anti stres dan bikin bahagia

Dianggap Gak Penting, Ini 5 Manfaat di Balik Kebiasaan Melamununsplash.com/brookecagle

Jika kamu rileks dan melamun dengan santai, hal baik seperti ide yang tiba-tiba muncul tentu menjadi nilai plus. Selain itu manfaat lain seperti daya ingat meningkat dan membuat kamu lebih peka tentu tanpa sadar akan mebuat kualitas diri menjadi lebih baik. Jika diri lebih baik tentu saja tanpa sadar kebahagiaan akan muncul dengan sendirinya.

Wah ternyata bengong penuh manfaat ya? 

Baca Juga: 7 Fakta Jadi Single Bermanfaat untuk Kesehatanmu

Dian Afril Photo Writer Dian Afril

IG: dianafril

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya