Comscore Tracker

4 Dampak Buruk Media Sosial bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Hati-hati, sosial media dapat menjebakmu!

Perkembangan teknologi informasi selalu mengalami penambahan dan peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu hasil dari perkembangan dari teknologi informasi tersebut ialah media sosial.

Jika digunakan secara bijak, media sosial mampu menghadirkan beragam keuntungan diantaranya memudahkan manusia dalam melakukan banyak aktivitas.

Tetapi, jika digunakan secara berlebih, media sosial mampu memberikan berbagai dampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik yang diantaranya seperti berikut ini.

1. Hilangnya rasa percaya diri

4 Dampak Buruk Media Sosial bagi Kesehatan Mental dan Fisikunsplash.com/Antonino Visalli

Pengguna media sosial cenderung membandingkan hidupnya dengan orang lain yang  mana hal tersebut dapat menimbulkan keraguan pada diri sendiri.

Melalui studi yang dilakukan peneliti dari Kopenhagen University yang mengungkapkan fakta bahwa banyak pengguna media sosial yang mengalami kecemburuan karena tidak seberuntung orang lain. Sementara yang tidak menggunakan media sosial mengaku puas dengan kehidupannya.

2. Munculnya kecemasan dan kesepian

4 Dampak Buruk Media Sosial bagi Kesehatan Mental dan Fisikunsplash.com/ROBIN WORRALL

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial telah mendekatkan yang jauh tetapi menjauhkan yang dekat. Banyak pengguna media sosial yang lebih memilih untuk menatap layar gadget ketimbang melakukan interaksi langsung dengan orang-orang di sekitarnya. Padahal, kebahagiaan yang ditimbulkan media sosial hanyalah sesaat, selebihnya adalah munculnya kecemasan dan kesepian.

Sebuah studi yang dimuat American Journal of Epidemiologi pun mengungkapkan bahwa pengguna media sosial memiliki masalah terhadap kesejahteraan individu.

Baca Juga: Ternyata Bill Gates & Steve Jobs Besarkan Anak Mereka Tanpa Teknologi

3. Menurunnya kemampuan daya ingat

4 Dampak Buruk Media Sosial bagi Kesehatan Mental dan Fisikunsplash.com/Christian Erfurt

Ketika mengunjungi suatu tempat, pengguna media sosial cenderung terfokus pada bagaimana agar mendapatkan foto yang bagus untuk diposting tetapi melupakan momen-momen yang diambil oleh kedua mata secara langsung.

Dr. Tim Bono selaku penulis buku 'When Likes Aren't Enough' mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu terlalu banyak pada gadget akan mengurangi perhatian terhadap aspek-aspek lain dalam suatu pengalaman. Selain itu, mampu menurunkan kebahagiaan yang sebenarnya bisa didapatkan dari pengalaman tersebut.

4. Mengalami kesulitan untuk tidur

4 Dampak Buruk Media Sosial bagi Kesehatan Mental dan Fisikunsplash.com/Victoria Heath

Berselancar di media sosial sebelum tidur adalah kebiasaan yang buruk, karena dengan begitu otak akan merasa segar sehingga manusia lupa akan waktu tidurnya. Hal tersebut disebabkan karena cahaya layar gadget mampu meniru sifat alami matahari yang memberi sinyal pada tubuh bahwa keadaan masih pagi.

Selain itu, cahaya gadget pun dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang tak lain berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk.

Jadi, itulah bahaya terlalu sering menggunakan gadget untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Batasi menggunakan gadget ya agar kesehatanmu selalu terjaga.

Baca Juga: 7 Teknologi Ini Diprediksi Akan Punah 10 Tahun Lagi, Sayang Banget deh

Sipa Aryanti Photo Writer Sipa Aryanti

Writing is one way to be known to the world.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya