Comscore Tracker

5 Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Tulang Kuat!

Selain berjemur, makanan ini juga tinggi vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting untuk membantu penyerapan kalsium, memperkuat tulang dan gigi, menjaga kesehatan saraf, hingga meningkatkan sistem imun tubuh. Uniknya, vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang dapat terbentuk secara otomatis ketika tubuh terkena sinar matahari.

Tetapi meskipun sejatinya vitamin D dapat diperoleh dengan sangat mudah, nyatanya sebagian besar orang justru masih mengalami kekurangan vitamin D. Hal ini lantaran orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan selalu menggunakan tabir surya ketika keluar rumah.

Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin D.

Berikut daftar 5 makanan sehat yang kaya akan vitamin D.

1. Salmon

5 Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Tulang Kuat!unsplash.com/Caroline Attwood

Salmon merupakan salah satu sumber vitamin D yang cukup tinggi. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung kurang lebih dari 360 IU vitamin D. Terlebih pada salmon liar yang ditangkap langsung dari laut mengandung sekitar 998 sampai 1.300 IU vitamin D per 100 gram.

2. Minyak hati ikan kod

5 Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Tulang Kuat!medicalnewstoday.com

Minyak hati ikan kod termasuk dalam salah satu sumber vitamin D yang praktis, khususnya buat kamu yang gak suka ikan. Dalam satu sendok teh minyak hati ikan kod terdapat 450 IU vitamin D atau sekitar 75 persen dari kebutuhan harian.

Selain vitamin D, minyak hati ikan kod juga kaya akan vitamin A, di mana 1 sendok teh minyak hati ikan kod sudah dapat memenuhi 90 persen kebutuhan harian vitamin A.

Ditambah, dalam minyak hati ikan kod juga mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mengendalikan kadar kolesterol, membersihkan pembuluh darah dari sumbatan kolesterol, sehingga peredaran darah lebih lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin D

3. Tuna kaleng

5 Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Tulang Kuat!lummiislandwild.com

Tuna kaleng kerap dijadikan stok makanan lantaran praktis, memiliki rasa yang lezat, dan tahan lama. Dalam 100 gram tuna kaleng terdapat sekitar 236 IU vitamin D. Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber vitamin K dan niacin yang penting untuk mengendalikan tekanan darah dan menjaga kesehatan kulit.

4. Tiram

5 Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Tulang Kuat!chefjohnhowie.com

Tiram merupakan jenis kerang air asin yang memiliki rasa lezat, kaya akan nutrisi, serta rendah kalori. Dalam 100 gram tiram hanya mengandung 68 kalori, tetapi mengandung 320 IU vitamin D atau lebih dari setengah jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi.

Selain itu, tiram juga mengandung vitamin B12, kaya akan mineral seperti tembaga dan seng.

5. Udang

5 Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Tulang Kuat!unsplash.com/Sri Lanka

Selain memiliki rasa yang lezat, udang juga ternyata mengandung banyak vitamin D yang dengan kandungan lemak yang sangat rendah. Selain itu, udang juga mengandung vitamin B3 yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan vitamin B12 yang berguna untuk menjaga sistem saraf dan mengatasi anemia. Sayangnya udang mengandung kolesterol yang cukup tinggi sehingga jumlah konsumsinya harus dibatasi.

Itu tadi beberapa makanan sehat yang kaya akan vitamin D. Jumlah vitamin D yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah 600 IU.

Akan tetapi, kalau kamu tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka jumlah vitamin D yang disarankan untuk dikonsumsi adalah 1000 IU. Maka dari itu, jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi beberapa saat setiap harinya.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Mengurangi Energi Tubuhmu, Yuk Kurangi!

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You