Comscore Tracker

5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Serviks, Cewek Perlu Tahu

Kombinasikan dengan gaya hidup aktif

Dulu, kanker serviks adalah salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan perempuan. Tetapi, usaha pencegahan dan pengobatan telah membantu menurunkan kematian akibat kanker serviks secara signifikan.

Bagi perempuan berusia antara 35 dan 44 tahun serta aktif dalam aktivitas seksual, pastikan untuk menjalani pemeriksaan secara teratur. Selain itu, bijaksana dalam memilih makanan dapat membantu meningkatkan kesehatan serviks pada usia berapa pun.

Berikut makanan yang harus kamu makan lebih sering untuk menurunkan risiko terkena kanker mematikan ini.

1. Wortel

5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Serviks, Cewek Perlu Tahuunsplash.com/Gabriel Gurrola

Buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning merupakan menu wajib untuk melindungi kesehatan serviks. Lifehack menjelaskan bahwa makanan berwarna oranye, seperti wortel, mengandung beta-karoten dan karotenoid yang membantu melawan kerusakan akibat karsinogen. 

Karotenoid adalah sumber vitamin A yang dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan serviks. Jadi, cobalah makan wortel mentah, tambahkan ke dalam rebusan, atau panggang sebagai lauk.

2. Ubi jalar

5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Serviks, Cewek Perlu Tahupexels.com/Ela haney

Beta-karoten merupakan antioksidan yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye. Antioksidan ini berperan dalam mencegah dan mengobati beberapa variasi kanker, termasuk kanker serviks. 

Menurut The Joint, ubi jalar adalah salah satu sumber beta-karoten terbesar yang layak ditambahkan ke dalam makanan. Ubi jalar jauh lebih sehat daripada kentang biasa dan dapat dinikmati dengan dipanggang atau dihaluskan. Penting juga untuk mengonsumsi bagian kulitnya karena mengandung banyak nutrisi.

Baca Juga: Jangan Ngopi, Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Santap Jika Kurang Tidur

3. Buah sitrus

5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Serviks, Cewek Perlu Tahuunsplash.com/Bruna Branco

Canadian Women’s Health Network melaporkan bahwa vitamin C dapat sangat membantu menjaga kesehatan serviks. Nah, untuk mendapatkan cukup vitamin C, kamu dapat mulai menambahkan lebih banyak buah jeruk ke dalam makanan.

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Lemon serta jeruk bisa menjadi pilihan yang bagus. Tapi, jika jeruk bukan kesukaanmu, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dengan makan brokoli dan kubis Brussel.

4. Sayuran berwarna gelap

5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Serviks, Cewek Perlu Tahuunsplash.com/Louis Hansel

Tidak dapat dibantah bahwa sayuran berdaun gelap sangat baik untuk kesehatan. Menurut laman Cheat Sheet, sayuran berwarna gelap tinggi akan kandungan folat, yang merupakan kabar baik untuk serviks.

Lebih lanjut, jika kamu memiliki pola makan yang penuh dengan bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya, Ini juga akan membantu menangkal banyak jenis kanker lainnya. Jadi, jangan lewatkan hari tanpa makan sayuran berwarna gelap.

5. Kacang

5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Serviks, Cewek Perlu Tahuunsplash.com/Milada Vigerova

Kacang harus menjadi makanan wajibmu sehari-hari dalam rangka pencegahan terhadap kanker. Nilai plus dari kacang adalah murah, tinggi serat, dan tinggi protein, yang membuatnya sangat sehat secara umum dan unggul dalam mencegah kerusakan sel.

Dilansir dari laman Lifehack, fitokimia yang merupakan komponen dalam kacang-kacangan dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Fitokimia ini berperan memproteksi sel sehat supaya tidak berkembang menjadi sel kanker. Selain itu, menjadikan kacang sebagai alternatif sumber protein pengganti daging juga bisa jadi cara yang baik untuk menghemat uang.

Diet sehat akan menghasilkan keajaiban dalam memerangi gejala dan mengurangi ukuran sel-sel beracun di dalam tubuh. Jika digabung dengan olahraga, ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sistem kekebalan yang meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Enak Ini Justru Bikin Haid Makin Sakit

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya