Comscore Tracker

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak Bersemangat

Gak hanya karena terlalu banyak kegiatan

Sering merasa lelah dan tak bersemangat adalah salah satu hal yang sering dialami banyak orang. Kebanyakan orang menganggap kelelahan terjadi akibat banyaknya aktivitas fisik di siang hari. Padahal kelelahan dan kurang semangat tak selalu disebabkan oleh padatnya aktivitas seseorang.

Gak jarang orang yang kegiatannya hanya tidur dan menonton televisi pun ternyata sering mengalami kelelahan fisik. Kira-kira apa ya penyebab kelelahan fisik yang terjadi terus-terusan? Berikut ulasannya.

1. Kurang konsumsi zat besi

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatParenting.firstcry.com

Zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam darah yang mana fungsinya adalah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen sendiri penting untuk pembakaran dan pembentukan energi. Maka dari itu, kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa membuat kamu merasa selalu lelah dan gak bersemangat.

2. Kurang tidur

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Tidur malam yang cukup sangat penting untuk mengistirahatkan tubuh kamu yang lelah setelah beraktivitas seharian. Sebaliknya, sering begadang hanya akan membuat kamu bangun pagi dengan perasaan malas yang akhirnya membuat kamu merasa lelah dan tak bersemangat sepanjang hari.

3. Depresi

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatUnsplash.com/Kleiton Silva

Depresi merupakan salah satu masalah mental yang sangat serius bahkan hingga berdampak pada aspek lain. Salah satu dampak dari depresi adalah perasaan lelah dan tak bersemangat sepanjang hari, sebab orang yang mengalami depresi cenderung memikirkan hal-hal berat secara terus-menerus yang mengakibatkan energi terus terkuras.

4. Terlalu banyak konsumsi kafein

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatTimeslive.co.za

Selama ini konsumsi kafein dianggap dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat konsumennya tidak mudah mengantuk. Akan tetapi konsumsi kafein dalam jumlah berlebihan berlebihan meningkatkan denyut jantung, resiko tekanan darah, serta kesulitan tidur. Bahkan paa beberapa orang konsumsi kafein dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan fisik.

Baca Juga: Sinyal Batas Diri, Ini 7 Tanda Tubuhmu Mengalami Kelelahan yang Serius

5. Kerja shift

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatBmmagazine.co.uk

Salah satu dampak negatif dari kerja shift adalah membuat jam biologis terganggu. Di mana seorang pegawai sering kali harus bekerja di malam hari, dan di siang haripun belum tentu orang tersebut bisa istirahat dan tidur dengan cukup. Jadi gak mengherankan jika para pegawai yang harus bekerja shift kerap kali tampak kelelahan dan tak bersemangat.

6. Kurang olahraga

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatUnsplash.com/Thought Catalog

Kegiatan olahraga dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Dampaknya kamu jadi lebih fokus dan berenergi. Sebaliknya, orang yang jarang berolahraga akan mudah merasa lelah walaupun kegiatan yang ia lakukan hanyalah berbaring dan nonton televisi.

7. Dehidrasi

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatUnsplash.com/bit cloud

Kamu sudah tahu kan pentingnya menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air secara cukup? Walaupun kelihatannya sederhana, air ternyata punya efek luar biasa pada tubuh. Bahkan kurangnya asupan air dapat membuat tubuh selalu merasa lelah dan tak bersemangat.

8. Olahraga malam

Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak BersemangatUnsplash.com/Scott Webb

Padatnya aktivitas di siang hari kadang membuat orang memilih malam hari sebagai waktu untuk berolahraga. Padahal saat berolahraga aliran darah dan suplai oksigen dalam tubuh akan meningkat yang akhirnya membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat. Hal ini kemudian membuat tubuh kesulitan tidur di malam hari dan akhirnya bangun pagi dengan kondisi lelah dan kurang bersemangat.

Kalau kamu gak punya waktu dan ingin melakukan olahraga selepas bekerja. Hindari berolahraga di saat-saat menjelang tidur supaya kamu gak kesulitan tidur.

Kondisi tubuh yang selalu merasa kelelahan dan kurang bersemangat gak bisa dibiarkan terus. Sebab banyak dampak buruk yang bisa ditimbulkan misalnya penurunan kinerja serta kualitas pekerjaan. Jadi mulai sekarang hindari berbagai hal yang jadi penyebab kamu sering merasa lelah.

Baca Juga: Stres Karena Kelelahan Bekerja? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You