Comscore Tracker

Bukan Deodoran, Ini 6 Kondisi Medis yang Bikin Ketiak Menjadi Gelap

Sebagian berbahaya, sebagian lagi tidak

Perubahan warna ketiak yang menjadi lebih gelap merupakan masalah yang banyak dialami orang-orang yang sudah melewati masa pubertas. Kendati tidak menyakitkan, tapi kondisi ini sering kali membuat orang-orang menjadi kurang percaya diri. Perubahan warna kulit ketiak yang menghitam umumnya dikaitkan dengan sejumlah kebiasaan buruk, seperti penggunaan deodoran yang tidak tepat, mencukur bulu secara kasar, memakai baju yang terlalu ketat, hingga kurangnya eksfoliasi.

Kendati demikian, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa terkadang perubahan warna kulit ketiak ini berkaitan dengan kondisi medis. Lantas kondisi apa sajakah yang menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam? Berikut penjelasannya.

1. Adanya kelainan hormonal

Bukan Deodoran, Ini 6 Kondisi Medis yang Bikin Ketiak Menjadi Gelapunsplash.com/Larm Rmah

Salah satu akibat dari ketidakseimbangan produksi hormon dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Melansir dari Livestrong, perubahan warna kulit sebagai akibat dari ketidakseimbangan hormon disebut melasma, yang terjadi ketika melanosit, yang merupakan sel-sel yang menyebabkan pigmentasi kulit, distimulasi oleh tingkat progesteron dan estrogen yang abnormal. Kondisi ini paling sering muncul pada wanita yang sedang hamil atau yang menggunakan kontrasepsi hormonal.

2. Kamu mungkin mengalami Acanthosis nigricans

Bukan Deodoran, Ini 6 Kondisi Medis yang Bikin Ketiak Menjadi Gelapaesthetx.com

Menurut American Academy of Dermatology, Acanthosis nigricans adalah suatu kondisi kulit yang menyebabkan satu atau lebih area kulit menjadi gelap dan menebal. Kondisi ini dapat terjadi pada ketiak, tetapi juga dapat mengubah warna area tubuh lainnya, seperti bagian belakang leher, siku dan lutut, atau bahkan di bawah payudara.

Walaupun kondisi itu sebenarnya tidak menular atau berbahaya, tapi kondisi ini dapat menjadi indikator awal dari kondisi yang berpotensi mengancam jiwa, seperti diabetes atau bahkan kanker dalam kasus-kasus ekstrem.

3. Tubuh mengalami resisten insulin

Bukan Deodoran, Ini 6 Kondisi Medis yang Bikin Ketiak Menjadi Gelaphealthcareitnews.com

Acanthosis nigricans adalah indikator awal dan umum dari diabetes tipe 2, di mana tubuh tidak memproses insulin sebagaimana mestinya. Menurut American Diabetes Association, ketika seseorang dengan diabetes tipe 2 mencoba memproses insulin, tubuh mereka akan menghasilkan lebih banyak pigmen, yang mengarah pada perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap. Sehingga, disarankan agar kamu segera mengunjungi dokter apabila melihat perubahan warna kulit secara tiba-tiba dan hanya pada bagian tertentu tubuhmu.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Ketiak agar Tetap Halus dan Tidak Menghitam 

4. Adanya kanker atau tumor ganas pada tubuh

Bukan Deodoran, Ini 6 Kondisi Medis yang Bikin Ketiak Menjadi Gelapinfectioncontroltoday.com

Meskipun kasus ini sangat jarang, tapi sejumlah orang juga mengembangkan Acanthosis nigricans ketika mereka menderita kanker. Melansir dari Medical News Today, pada pasien kanker, kulit menjadi gelap akibat tumor ganas yang tumbuh di lambung, hati, atau organ internal lainnya. Dan perubahan warna kulit ini akan berhenti begitu tumor ganas diangkat dari tubuh.

5. Efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu

Bukan Deodoran, Ini 6 Kondisi Medis yang Bikin Ketiak Menjadi Gelapverywellhealth.com

Dikutip dari Romper, ada sejumlah obat yang terbukti menyebabkan ketiak jadi lebih gelap, seperti asam nikotinat, insulin, ekstrak hipofisis, kortikosteroid sistemik, dan dietilstilbestrol. Kabar baiknya, perubahan warna kulit akibat konsumsi obat-obatan kemungkinan tidak berbahaya.

6. Genetik dan ras

Bukan Deodoran, Ini 6 Kondisi Medis yang Bikin Ketiak Menjadi Gelapqs.com

Perubahan warna kulit yang disebabkan oleh Acanthosis nigricans juga bisa diakibatkan oleh faktor genetik. Jadi, apabila salah seorang anggota keluarga memiliki Acanthosis nigricans, maka kemungkinan anggota keluarga yang lain juga mengalami kondisi serupa. Selain itu, Acanthosis nigricans juga bisa disebabkan oleh faktor ras, yang mana menurut Medical News Today, Acanthosis nigricans paling umum dialami oleh penduduk asli Amerika, diikuti oleh Afrika-Amerika, Hispanik, dan Kaukasia.

Nah, itu tadi beberapa kondisi medis yang membuat kulit ketiak jadi lebih gelap. Untuk mengatasi masalah ini, tentunya kamu harus berkonsultasi dengan ahlinya, bukan dengan skincare atau DIY yang kamu dapat dari internet.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menggunakan Deodorant, Cowok Wajib Tahu!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You