Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana & Ampuh Turunkan Berat Badan, Terapkan Segera!

Konsistensi jadi kuncinya

Kita semua tahu bahwa olahraga dan menerapkan pola diet seimbang adalah strategi yang biasa dilakukan sebagian besar orang untuk membuat berat badan lebih ideal. Sayangnya, tak sedikit orang yang gagal menjalaninya secara konsisten dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan.

Padahal, kunci dalam mengendalikan berat badan adalah konsistensi. Untuk itu, akan jauh lebih baik jika kamu membuat perubahan kecil yang bisa kamu jalani selamanya. Berikut adalah lima kebiasaan sederhana yang mudah diterapkan dan ampuh untuk menurunkan berat badan.

1. Selalu berbelanja dalam keadaan perut yang kenyang

5 Kebiasaan Sederhana & Ampuh Turunkan Berat Badan, Terapkan Segera!Unsplash.com/Tyler Nix

Pergi ke supermarket dalam keadaan perut yang lapar bukan hanya tidak baik bagi bobot tubuhmu tapi juga isi dompet. Sebab, saat berbelanja dalam keadaan lapar, kamu cenderung akan mengikuti keinginanmu untuk makan, alhasil kamu jadi kalap dan membeli banyak sekali produk makanan.

Sehingga, rencanamu untuk menekan pengeluaran dengan membuat daftar belanja dari rumah akan jadi hal yang sia-sia. Jadi, selalu pastikan agar kamu belanja dalam keadaan perut yang kenyang ya.

2. Selalu awali hari dengan sarapan

5 Kebiasaan Sederhana & Ampuh Turunkan Berat Badan, Terapkan Segera!Unsplash.com/Mike Mayer

Setelah istirahat dan tidak ada asupan makanan sepanjang malam, tubuh membutuhkan bahan bakar untuk metabolisme dan cadangan energi untuk menjalani hari. Untuk itu, kamu wajib sarapan agar dapat berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas dan mencegah kamu dari makan berlebihan di siang hari nantinya.

Baca Juga: 8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!

3. Beralih ke produk pangan organik

5 Kebiasaan Sederhana & Ampuh Turunkan Berat Badan, Terapkan Segera!foodmatters.com

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Toxicological Science Oxford Academic, dijelaskan bahwa senyawa organoklorin dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengoksidasi lemak, senyawa ini sulit dimetabolisme dan mudah disimpan dalam jaringan lemak. Organoklorin sendiri banyak ditemukan pada plastik, herbisida, dan pestisida, serta produk rumah tangga berbasis klorin.

Untuk itu, sudah saatnya kamu memulai kebiasaan membeli sayuran dan buah-buahan dalam versi organik. Karena selain mencegah kegemukan, produk organik yang bebas racun dan senyawa berbahaya pastinya lebih sehat bagi tubuh.

4. Banyak tertawa

5 Kebiasaan Sederhana & Ampuh Turunkan Berat Badan, Terapkan Segera!Unsplash.com/Paulette wooten

Sejak lama tertawa disebut sebagai obat mujarab bagi segala penyakit, mulai dari stres hingga kegemukan. Sebab, melansir dari Reader's Digest, disebutkan bahwa saat tertawa sebenarnya seseorang sedang membakar kalori. Satu jam tawa mampu membakar hingga 120 kalori, hampir sama dengan 18 hingga 27 menit latihan beban, atau 15 hingga 20 menit berjalan kaki.

5. Berjemur setiap pagi

5 Kebiasaan Sederhana & Ampuh Turunkan Berat Badan, Terapkan Segera!sihealth.co.uk

Sinar matahari membantu kita menurunkan berat badan dengan memicu produksi lebih banyak vitamin D bagi tubuh. Yang mana vitamin D yang didapat dari sinar matahari ini sulit didapat dari makanan. Dikutip dari Eat This Not That, sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D mampu meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan, dibandingkan peserta yang tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Untuk mendapatkan manfaat sinar matahari yang maksimal, berjemurlah sebelum hari mulai siang selama 20 menit setiap paginya.

Demikian tadi beberapa kebiasaan sederhana yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Yuk segera terapkan!

Baca Juga: 10 Langkah Tepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat, Lebih Sehat!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You