Comscore Tracker

Hindari Penyakit, Jangan Pernah Pinjamkan 5 Benda Ini pada Orang Lain

Hanya boleh dipakai oleh satu individu
Kadang kala, kita semua pernah saling meminjam barang-barang pribadi pada orang lain. Namun, yang jarang orang sadari, tidak semua barang bisa kita pinjamkan pada orang lain secara bebas. Sebab, beberapa barang ini rentan kotor dan menjadi sarang bagi mikroorganisme pembawa penyakit.
 
Ingin tahu apa saja barang yang tidak boleh digunakan bersama dengan orang lain? Berikut ini daftar objek yang tidak boleh digunakan oleh lebih dari satu orang.

1. Earphone

Hindari Penyakit, Jangan Pernah Pinjamkan 5 Benda Ini pada Orang Lainunsplash.com/Juja Han
Setiap orang memiliki keseimbangan flora bakteri yang unik di kotoran telinganya. Saat seseorang berbagi earphone dengan orang lain, hal ini berisiko mengganggu keseimbangan di dalam telinga, yang pada gilirannya dapat memicu infeksi telinga, menurut Online Journal of Health and Allied Sciences.
 
Kamu dapat menghilangkan kotoran telinga dari permukaan earphone dengan cara membersihkannya menggunakan cotton bud atau kapas yang dicelupkan ke dalam hidrogen peroksida. Hindari mengoleskan terlalu banyak cairan agar tidak merusak speaker. Selain itu, bantalan earphone dapat didisinfeksi dengan memasukkannya ke dalam larutan alkohol. Jika earphone sering digunakan, pastikan kamu membersihkan earphone setidaknya sekali seminggu.
 

2. Deodoran

Hindari Penyakit, Jangan Pernah Pinjamkan 5 Benda Ini pada Orang Lainfreepik.com/Racool_studio
Deodoran memang mengandung antibakteri yang berguna untuk menetralkan bau keringat. Akan tetapi, bagaimanapun juga deodoran digunakan dengan bersentuhan langsung ke kulit sehingga permukaan deodoran mungkin mengandung bakteri, menurut situs Women's Health. Untuk menghindari kontaminasi bakteri dari satu individu ke individu lain, sebaiknya kamu tidak berbagi deodoran dengan orang lain.
 
Selain itu, untuk meminimalkan kontaminasi bakteri di permukaan deodoran, sebaiknya gunakan deodoran segera setelah kamu mandi saat kulit masih bersih. Jika kamu perlu mengoleskan kembali ketiak dengan deodoran di siang hari, bersihkan terlebih dahulu ketiak dengan tisu basah.
 

Baca Juga: Jangan Mau Kalah! 5 Hewan Ini Paling Peduli dengan Kebersihan dirinya

3. Handuk

Hindari Penyakit, Jangan Pernah Pinjamkan 5 Benda Ini pada Orang Lainunsplash.com/Sven Mieke
Fungsi utama handuk adalah menyerap cairan dalam jumlah maksimal dari permukaan tubuh. Kemudian, kain handuk yang lembap dapat menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi jamur, bakteri, dan jamur. Karenanya, handuk sebaiknya digunakan secara personal.
 
Menurut situs Brightside, banyak pakar kebersihan menyarankan untuk mengganti handuk setiap 3—4 hari. Selain itu, jangan lupa untuk mengeringkan handuk di balkon atau di tempat yang tidak lembap segera setelah digunakan dan jangan lupa menyetrika handuk setelah dicuci.

4. Peralatan body care

Hindari Penyakit, Jangan Pernah Pinjamkan 5 Benda Ini pada Orang Lainunsplash.com/Brett Jordan
Penjepit, gunting kuku, epilator, pisau cukur, dan aksesori lainnya hanya boleh digunakan secara personal. Sebab, dilansir laman Women's Health, barang-barang ini kemungkinan besar memiliki tetesan darah mikroskopis yang tidak terlihat pada permukaannya akibat dari pemakaian. Kamu tidak boleh saling meminjam barang-barang ini dengan siapa pun untuk menghindari infeksi herpes dan jamur. 
 
Walaupun hanya menggunakan barang-barang ini untuk diri sendiri, kamu juga wajib menjaga kebersihannya. Setelah digunakan, seka permukaan aksesori dengan alkohol untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

5. Alas kaki

Hindari Penyakit, Jangan Pernah Pinjamkan 5 Benda Ini pada Orang Lainunsplash.com/Grailify
Kebanyakan orang pasti pernah saling meminjam alas kaki dengan orang lain. Namun, mulai sekarang, pastikan kamu tidak meminjam atau meminjamkan alas kaki pada orang lain. Dikutip dari laman WebMD, saat kamu mengenakan sandal atau sepatu, kaki pasti akan berkeringat yang kemudian menciptakan kondisi berkembang biak yang sempurna untuk jamur.
 
Nah, kemudian, untuk menjaga kesehatan kaki, usahakan untuk tidak memakai alas kaki saat kaki sedang basah untuk mencegah munculnya jamur dan bakteri. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti sandal setiap 6 bulan. Pastikan, kamu rutin mencuci alas kaki dan rawat bagian dalam alas kaki dengan disinfektan.
 
Sekarang, cek lagi apakah kamu masih sering saling meminjam benda-benda di atas dengan orang lain, baik saudara maupun teman. Kalau ya, yuk, segera bersihkan dan pastikan selanjutnya kamu hanya akan menggunakan benda-benda di atas secara personal.

Baca Juga: Kebersihan Itu Sebagian dari Iman, Sudah Lakukan 4 Hal Ini di Rumah?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya