Comscore Tracker

5 Makanan Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah, Hindari Masalah Jantung

Semuanya lezat pula

Penyakit jantung adalah salah satu pembunuh nomor satu di dunia. Penyebab penyakit jantung umumnya adalah penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah bisa tersumbat karena adanya plak lemak yang mengandung kalsium, kolesterol, dan zat lain yang beredar di dalam darah.

Beruntung, penumpukan plak di pembuluh darah dapat diminimalkan lewat kebiasaan makan makanan sehat. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah.

1. Buah sitrus

5 Makanan Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah, Hindari Masalah Jantungunsplash.com/Bruna Branco

Buah sitrus memang dikenal menyegarkan dan menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk flavonoid. Flavonoid jeruk dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah radikal bebas dalam tubuh mengoksidasi kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat.

LDL yang teroksidasi dikaitkan dengan perkembangan aterosklerosis. Menurut studi dalam Journal of Epidemiology, kandungan nutrisi dalam buah sitrus mungkin menyebabkan mengapa konsumsi jeruk dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke, dua kondisi yang terkait dengan aterosklerosis.

2. Biji-bijian utuh

5 Makanan Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah, Hindari Masalah Jantungpexels.com/haaijk

Biji-bijian utuh adalah bagian dari diet yang menyehatkan jantung. Menurut analisis yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, untuk setiap 10 gram biji-bijian yang dimakan orang setiap hari, risiko penyakit jantung turun 14 persen. Lebih baik lagi, kemungkinan individu meninggal karena serangan jantung turun 25 persen. 

Manfaat ini mungkin didapat karena biji-bijian penuh dengan serat yang membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuh. Serat juga mampu membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, yang memberikan manfaat tidak langsung pada kesehatan jantung.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Indikasikan Gangguan pada Jantung, Jangan Disepelekan!

3. Bit

5 Makanan Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah, Hindari Masalah Jantungunsplash.com/FOODISM360

Bit adalah makanan yang mengandung tinggi nitrat, yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat. Oksida nitrat merupakan molekul pemberi sinyal yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh.

Peradangan pada pembuluh darah menyebabkan penurunan produksi oksida nitrat. Kabar baiknya, makan makanan yang kaya nitrat, seperti bit, dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mencegah aterosklerosis.

Penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan adanya hubungan antara asupan nitrat makanan dan penurunan risiko kematian terkait aterosklerosis.

4. Cokelat

5 Makanan Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah, Hindari Masalah Jantungunsplash.com/amirali mirhashemian

Biji kakao kaya akan flavanol, suatu senyawa tanaman yang memiliki sifat antioksidan yang baik bagi jantung. Menurut penelitian yang dilakukan pada cokelat dan telah diterbitkan dalam jurnal Nutrients, ditemukan bahwa individu yang secara teratur makan cokelat dalam jumlah moderat memiliki risiko gagal jantung yang lebih rendah.

Ahli gizi merekomendasikan cokelat hitam yang memiliki persentase kakao di atas 70 persen untuk mendapatkan lebih banyak manfaat.

5. Rempah-rempah

5 Makanan Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah, Hindari Masalah Jantungunsplash.com/Tiard Schulz

Rempah-rempah, seperti jahe, lada, cabai, dan kayu manis dapat membantu melindungi dari penyumbatan arteri. Sebab, menurut studi pada jurnal Nutrients, rempah-rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menangkal radikal bebas, meningkatkan kadar lipid darah, dan mengurangi penggumpalan trombosit dalam darah.

Untuk meningkatkan konsumsi rempah-rempah, kamu bisa menambahkannya ke dalam oatmeal, sup, semur, smoothie, dan banyak hidangan lain.

Selain membantu mengurangi risiko tersumbatnya arteri, semua makanan yang disebutkan di atas juga menawarkan banyak manfaat lain. Menambahkannya ke dalam rutinitas harian dapat menurunkan risiko penyakit secara signifikan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

Itulah tadi beberapa makanan yang bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan bisa menghindari bahayanya penyakit jantung. Makanan sehat bisa enak juga, kok!

Baca Juga: 8 Hal Ini Bisa Mencegahmu dari Penyakit Jantung dan Stroke

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya