Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan

Lebih dari sekadar perasaan bahagia dan berbunga-bunga

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan kehadiran orang lain di sekitarnya. Hubungan yang terjalin antara orang yang satu dan sekitarnya pun bermacam-macam, seperti keluarga, teman, sahabat, hingga pasangan.

Nah, ternyata hubungan yang dijalin dengan cinta memiliki kaitan dengan kesehatan yang mengejutkan. Merasa jatuh cinta dan memiliki hubungan yang sehat ternyata punya beragam dampak positif bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Baca sampai selesai untuk tahu jawabannya.

1. Menurunkan tekanan darah

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatanunsplash.com/Nicole Geri

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan yang meningkatkan individu terkena serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Pengobatan dan perubahan gaya hidup, seperti berolahraga dan makan lebih sehat dapat mengontrol atau mengurangi hipertensi. Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa jatuh cinta dapat berfungsi sebagai cara alami untuk menurunkan tingkat tekanan darah. 

Sebuah studi oleh US Department of Health Services yang mengamati hubungan antara pernikahan, kesehatan fisik, dan umur panjang, menemukan bahwa pasangan yang menikah memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Dalam analisis yang dilakukan oleh American College of Cardiology dengan mengamati 3,5 juta peserta lajang, bercerai, atau janda, ditemukan bahwa pasangan yang menikah di bawah usia 50 tahun cenderung memiliki risiko penyakit vaskular 12 persen lebih rendah. Orang yang sudah menikah antara usia 51 dan 60 tahun memiliki risiko penyakit 7 persen lebih rendah daripada rekan mereka yang belum menikah.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatanunsplash.com/Hian Oliviera

Hubungan yang positif bisa membuat luka pada kulit lebih cepat sembuh. Para peneliti di Ohio State University Medical Center, Amerika Serikat, melakukan penelitian dengan memberi luka lepuh pada pasangan yang sudah menikah.

Hasil dari penelitian tersebut adalah luka sembuh hampir dua kali lebih cepat pada pasangan yang berinteraksi dengan hangat, dibandingkan dengan mereka yang menunjukkan banyak konflik antara satu sama lain.

Baca Juga: Nyesek, 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Patah Hati

3. Manajemen stres yang lebih baik

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatanunsplash.com/Toa Heftiba

Melansir WebMD, terdapat kaitan antara dukungan sosial dan manajemen stres. Jika kamu menghadapi stresor (pemicu stres) dan mendapat dukungan dari orang yang mencintai kamu, kamu dapat mengatasinya dengan lebih baik.

Misalnya, jika kamu kehilangan pekerjaan, memiliki seseorang yang tetap bersamamu membuat kamu merasa mendapatkan dukungan emosional, sehingga kamu bisa menghadapi situasi tersebut dengan lebih baik.

4. Meningkatkan rasa aman

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatanunsplash.com/Oana Craciun

Cinta juga membuat kamu merasa aman dan mengembangkan kepercayaan terhadap orang yang kamu cintai.

Menurut Harvard Medical School, oksitosin, yaitu hormon yang dilepaskan melalui kontak fisik seperti pelukan, ciuman, dan seks, dapat memperdalam perasaan keterikatan terhadap pasangan dan menghasilkan sensasi kepuasan, ketenangan, dan keamanan. Oksitosin juga berperan dalam ikatan sosial, naluri dan reproduksi ibu, serta kenikmatan seksual.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature, oksitosin secara substansial meningkatkan keterikatan sosial dan kepercayaan di antara pasangan.

5. Meningkatkan kebahagiaan

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Jatuh Cinta bagi KesehatanUnsplash.com/Ben white

Jatuh cinta membuat otak melepaskan dopamin, neurotransmiter yang mengontrol pusat penghargaan dan kesenangan otak, yang membuat pasangan merasa bahagia saat sedang bersama satu sama lain.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Comparative Neurology menemukan bahwa peserta yang melihat foto seseorang yang mereka cintai menunjukkan aktivitas otak di dua area yang sangat terkait dengan dopamin, yaitu inti kaudatus dan area tegmental ventral.

Maka, tak mengherankan saat sedang jatuh cinta, kamu jadi merasa sering berbunga-bunga. Juga, merasa seperti selalu ingin bertemu dengan orang yang kamu cintai.

Wah, walaupun kadang jatuh cinta membuat patah hati, tapi ternyata jatuh cinta juga bisa memberikan manfaat yang hebat. Jadi, kamu harus bersyukur, nih, karena masih bisa merasakan cinta dan mendapat manfaatnya.

Baca Juga: Ingin Tubuhmu Semakin Sehat? Gampang, Jangan Lupa Bahagia!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya