Comscore Tracker

Tak Main-main, Ini 5 Manfaat Dahsyat Apel Hijau bagi Kesehatan

Konsumsi tiap hari dan buktikan sendiri manfaatnya

Apel adalah salah satu buah paling dikenal karena manfaat kesehatannya. Buah ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting yang harus menjadi bagian dari pola makan sehari-hari.

Jika membahas soal apel, jenisnya ada bermacam-macam. Jenis yang paling umum adalah yang berwarna merah dan yang hijau dikenal memiliki rasa asam dan manis.

Namun, apakah apel hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan? Apel hijau ternyata juga dikenal sebagai salah satu buah tersehat. Buah ini dikemas dengan berbagai nutrisi penting, seperti protein, vitamin, mineral dan serat yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, seperti berikut ini.

1. Mencegah penggumpalan darah

Tak Main-main, Ini 5 Manfaat Dahsyat Apel Hijau bagi Kesehatanilustrasi apel hijau (pexels.com/RP Photography)

Apel hijau mengandung senyawa kimia yang disebut rutin yang bermanfaat dalam mencegah pembentukan gumpalan darah. Ini karena rutin dapat bekerja dengan memblokir enzim yang memfasilitasi pembentukan gumpalan darah, menurut penelitian dalam Journal of Bioscience and Bioengineering.

Temuan ini menunjukkan bahwa apel hijau dapat membantu melawan penyakit jantung dan stroke. Konsumsi segelas jus apel hijau atau buah utuh setiap hari akan membantu kamu menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Tak Main-main, Ini 5 Manfaat Dahsyat Apel Hijau bagi Kesehatanilustrasi sakit perut (pexels.com/Sora Shimazaki)

Apel hijau mengandung pektin, sumber serat yang berfungsi sebagai prebiotik untuk mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Pektin yang terdapat dalam apel hijau dapat membantu tubuh memecah makanan dengan lebih efisien.

Dijelaskan dalam laman WebMD, kandungan serat yang tinggi pada apel hijau dapat memberikan manfaat lain pada kesehatan pencernaan. Serat terbukti merangsang sistem pencernaan, yang membantu mengatasi sembelit dan diare.

Individu dengan sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan lainnya dapat mengalami perbaikan pada bila menambahkan lebih banyak makanan kaya serat ke dalam diet.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini kalau Kamu Minum Cuka Apel, Bahaya!

3. Melindungi dari kondisi peradangan

Tak Main-main, Ini 5 Manfaat Dahsyat Apel Hijau bagi Kesehatanilustrasi jus apel hijau (pexels.com/Toni Cuenca)

Jus apel hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini berperan penting dalam membantu melindungi tubuh dari kondisi peradangan yang menyakitkan yang disebabkan oleh stres oksidatif, seperti reumatik dan radang sendi.

Menurut buku The Juice Lady's Anti-Inflammation Diet: 28 Days to Restore Your Body and Feel Great, lansia yang menderita kondisi peradangan akan mendapatkan efek yang baik jika memasukkan jus apel hijau ke dalam diet mereka.

Jadi, untuk orang tua ataupun individu lanjut usia yang ada di rumahmu, jangan lupa suguhi mereka dengan buah apel hijau utuh atau jus apel hijau setiap harinya untuk melindungi mereka dari masalah kesehatan akibat peradangan.

4. Melawan tanda-tanda penuaan

Tak Main-main, Ini 5 Manfaat Dahsyat Apel Hijau bagi Kesehatanilustrasi makan apel hijau (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Selain dengan skincare, konsumsi apel hijau harus menjadi salah satu rutinitas untuk mengatasi masalah penuaan dari dalam. Ini karena apel hijau mengandung antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, dan fenol yang berperan besar dalam menunda penuaan dini.

Radikal bebas yang ada di dalam tubuh menyebabkan timbulnya kerutan, garis halus, dan flek hitam secara dini. Menurut buku The Aromatherapy, apel hijau dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengontrol atau bahkan menghilangkan kerusakan.

5. Memperbaiki tekstur kulit

Tak Main-main, Ini 5 Manfaat Dahsyat Apel Hijau bagi Kesehatanilustrasi kulit sehat (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Selain dikonsumsi, apel hijau juga bisa dijadikan masker untuk merawat kulit. Masker wajah dari apel hijau dapat sangat melembapkan kulit dan membantu menghilangkan munculnya kerutan sekaligus memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Dijelaskan dalam buku Juice Your Way to Health: Healthy and Delicious Juice Recipes, kamu bisa mendapatkan manfaat jus apel hijau untuk meningkatkan hidrasi kulit. Jus apel hijau ini bisa dikonsumsi atau bahkan digunakan sebagai pencuci wajah untuk mencegah kulit kering.

Mantap sekali bukan manfaat apel hijau untuk kesehatan? Gimana, tertarik untuk mengonsumsi apel hijau setiap hari dan membuktikan manfaatnya?

Baca Juga: 7 "Kerugian" Mengonsumsi Apel, Tinggi Gula dan Menyebabkan Sakit Perut

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya