Comscore Tracker

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Hebat Jika Kamu Terbiasa Menulis Catatan

Jangan hanya pinjam catatan atau ngetik dengan laptop

Sejak duduk di bangku sekolah, kita sudah diajarkan untuk terbiasa mencatat pelajaran. Hingga dewasa bahkan sampai masuk ke dunia kerja pun, kita masih dituntut untuk membuat catatan penting hal-hal seputar pekerjaan. Ternyata, rajin menulis catatan membawa manfaat sehat, lho!

Sayangnya, dengan kemajuan teknologi, banyak yang malas untuk mencatat dangan tulis tangan, sehingga memilih untuk memfotokopi catatan teman atau mengetik dengan laptop dan HP.

Padahal, walaupun sedikit merepotkan, mencatat dengan tangan ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak bisa didapat dari mengetik atau membaca catatan orang lain. Apa saja itu?

1. Meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Hebat Jika Kamu Terbiasa Menulis CatatanIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Mengetik catatan di laptop atau HP mungkin terasa lebih cepat dan praktis. Akan tetapi, penelitian membuktikan bahwa individu yang menulis catatan dengan tangan dapat mengingat lebih banyak informasi daripada mereka yang tidak.

Satu studi dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa siswa yang membuat catatan dengan tangan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pelajaran daripada siswa yang membuat catatan di laptop. Bahkan, meskipun siswa yang mengetik catatan di laptop bisa mengetik lebih banyak informasi.

2. Memperlambat penuaan mental

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Hebat Jika Kamu Terbiasa Menulis Catatanpexels.com/Vlada Karpovich

Karena menulis dapat membantu mengingat lebih banyak informasi, jadi menulis adalah alat yang hebat untuk membantu orang mempertahankan ingatan seiring bertambahnya usia.

Penelitian membuktikan bahwa mempraktikkan tugas-tugas meregangkan otak, seperti menulis dengan tangan, dapat membantu menjaga pikiran tetap tajam.

Sebuah studi dalam jurnal Trends in Neuroscience and Education menemukan bahwa bentuk duplikat memainkan peran memori penting bagi anak-anak dengan pikiran berkembang, jadi individu dari segala usia bisa mendapat manfaat dari menulis.

Baca Juga: Luangkan Waktu untuk Bersosialisasi! Ini 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

3. Menenangkan otak

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Hebat Jika Kamu Terbiasa Menulis Catatanpexels.com/Ketut Subiyanto

Menulis merupakan aktivitas yang dapat menenangkan otak, yang menjadikannya aktivitas relaksasi yang sempurna di malam hari. Menurut Marc Seifer, ahli grafologi sekaligus penulis buku The Definitive Book of Handwriting Analysis, menuliskan kalimat afirmasi positif setidaknya 20 kali sehari dapat berdampak baik, terutama pada individu yang mengalami attention deficit disorder (ADD).

Ini juga membantu kamu agar lebih fokus, yang secara alami akan membebaskan otak dari gangguan.

4. Menstimulasi otak

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Hebat Jika Kamu Terbiasa Menulis Catatanpexels.com/Karolina Grabowska

Kita menggunakan berbagai sisi otak, bisa kalkulatif atau artistik. Akan tetapi, aktivitas menulis dengan tangan, terutama dalam huruf tegak bersambung, dapat menyentuh kedua sisi otak, karena sifat artistiknya yang luar biasa.

Menurut laman Time, seberapa dalam kita mendapatkan manfaat ini untuk setiap sisi otak dapat berbeda-beda untuk setiap individu. Yang pasti, menstimulasi kedua sisi otak dengan menulis sangat bermanfaat untuk kemampuan artistik atau pemecahan masalah.

5. Membantu melawan disleksia

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Hebat Jika Kamu Terbiasa Menulis Catatanpexels.com/Ketut Subiyanto

Disleksia adalah gangguan pemrosesan bahasa yang dapat menghambat kemampuan membaca, menulis, mengeja, dan terkadang berbicara. Namun, bagi individu yang memiliki disleksia, tulisan tangan tegak bersambung dapat menjadi bagian untuk meningkatkan keberhasilan. Itu karena berbagai area otak berinteraksi saat mempraktikkan tulisan tegak bersambung.

Menurut laman Public Broadcasting Service, siswa dengan disleksia kesulitan belajar membaca karena otak mereka mengasosiasikan suara dan kombinasi huruf secara tidak efisien. Akan tetapi, huruf tegak bersambung dapat membantu mereka mengintegrasikan koordinasi tangan-mata, keterampilan motorik halus, serta fungsi otak dan memori lainnya.

Wah, ternyata kebiasaan sesederhana mencatat dengan tangan memiliki banyak manfaat sehat. Jadi, alih-alih memfotokopi catatan teman atau mengetik, yuk, mulai lebih rajin mencatat dengan tulis tangan.

Baca Juga: Kebiasaan Baca Buku Bikin Kita Panjang Umur? Ini Faktanya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya