Comscore Tracker

5 Menu Sarapan bagi Penderita Asam Lambung, Gak Bisa Sembarangan!

Gak bakal bikin asam lambung naik

Memilih menu sarapan yang tepat adalah sesuatu yang menantang bagi orang dengan masalah asam lambung. Pasalnya, salah memilih menu sarapan bisa menyebabkan asam lambung naik, sehingga membuat kamu kesulitan menjalani hari.

Jika sering mengalami rasa perih di dada dan gejala asam lambung lainnya setelah sarapan, kamu perlu mempertimbangkan kembali hidangan yang bisa kamu makan saat sarapan.

Lantas, apa yang bisa kamu makan untuk sarapan yang tidak memicu refluks asam? Kali ini, kita akan membahas beberapa menu sarapan yang mudah ditemukan dan lezat yang tidak akan memicu refluks asam lambung.

1. Telur rebus

5 Menu Sarapan bagi Penderita Asam Lambung, Gak Bisa Sembarangan!ilustrasi telur rebus (unsplash.com/Tamanna Rumee)

Dilansir Verywell Health, belum jelas apakah telur dapat memicu gejala asam lambung atau tidak. Ini mungkin tergantung pada individu itu sendiri.

Namun, jika kamu ingin mencoba telur sebagai menu sarapan, sebaiknya hindari telur yang digoreng dengan mentega atau minyak. Olahan telur terbaik untuk orang dengan asam lambung adalah telur yang direbus hingga matang.

Jika kamu memperhatikan adanya refluks asam lambung setelah mengonsumsi telur, bisa jadi ini disebabkan oleh kuning telur. Jadi, singkirkan kuning telur dan makan putih telurnya saja. Putih telur yang direbus tidak menimbulkan peningkatan asam lambung.

2. Buah rendah asam

5 Menu Sarapan bagi Penderita Asam Lambung, Gak Bisa Sembarangan!ilustrasi buah apel (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Buah-buahan dan jus adalah pilihan sarapan yang praktis dan sehat. Namun, jika memiliki masalah asam lambung, kamu perlu memilih buah dengan kandungan asam yang rendah.

Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, beberapa buah yang tinggi asam dan perlu dihindari orang dengan masalah asam lambung adalah nanas, kiwi, dan segala jenis jeruk. Buah-buahan ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada dan mengaktifkan enzim pencernaan pepsin, yang dapat merusak lapisan kerongkongan.

Sebagai gantinya, makanlah buah-buahan rendah asam, seperti apel, pisang, semangka, blewah, dan pir. Kelima buah itu dinilai aman bagi kamu penderita asam lambung.

3. Oatmeal 

5 Menu Sarapan bagi Penderita Asam Lambung, Gak Bisa Sembarangan!ilustrasi oatmeal (pixabay.com/ska-te)

Dilansir Johns Hopkins Medicine, makan makanan berserat membantu kamu merasa kenyang dan berpotensi makan lebih sedikit. Ini membantu mencegah refluks asam karena makan berlebihan dapat memicu refluks.

Oatmeal adalah makanan tinggi serat yang mudah disajikan, sehingga sangat cocok untuk sarapan. Kandungan serat dalam oatmeal membantu pergerakan sistem pencernaan yang merupakan hal yang baik. Sebaliknya, diet rendah serat memicu pencernaan yang lebih lambat, yang buruk bagi orang-orang dengan refluks asam.

Baca Juga: Aman Dikonsumsi! Ini 5 Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung 

4. Kentang

5 Menu Sarapan bagi Penderita Asam Lambung, Gak Bisa Sembarangan!ilustrasi kentang rebus (unsplash.com/sq lim)

Kentang dan ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks, sehingga bisa menjadi pilihan menu sarapan yang ramah untuk lambung, seperti dilansir Livestrong. Namun, perhatikan bagaimana makanan ini diproses, karena pemrosesan yang salah bisa membuat kentang jadi tidak ramah untuk lambung.

Misalnya, kentang goreng dapat memicu refluks asam karena dimasak dengan banyak lemak. Kentang yang dimasak dengan bawang merah dan bawang putih juga dapat menyebabkan refluks asam lambung bagi sebagian orang.

5. Salad sayuran

5 Menu Sarapan bagi Penderita Asam Lambung, Gak Bisa Sembarangan!ilustrasi salad (unsplash.com/Tania Melnyczuk)

Salad berisi berbagai macam sayuran juga makanan yang aman untuk orang dengan asam lambung. Pilih sayuran kaya air, seperti seledri, mentimun, dan selada. Sebab, makanan tinggi kandungan air dipercaya dapat mengencerkan asam lambung, seperti dilansir Johns Hopkins Medicine.

Pertimbangkan untuk menambahkan telur rebus sebagai sumber protein. Selain itu, pastikan kamu menghindari sayuran tinggi asam, seperti tomat, karena dapat memicu asam lambung.

Semua makanan di atas sangat cocok dimakan sebagai menu sarapan atau saat perut dalam keadaan kosong karena tidak akan memicu kenaikan asam lambung. Selain itu, hindari makanan pedas, tinggi lemak, mint, cokelat, jeruk, tomat, bawang merah, bawang putih, kopi, dan alkohol untuk sarapan karena dapat memicu gejala.

Baca Juga: 5 Cara Meredakan Mual Akibat Asam Lambung, Hindari Makan Berlebihan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya