Comscore Tracker

6 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmu

Kabar gembira untuk kita semua~

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, buah manggis juga memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan. Buah manggis mengandung zat tanin, astosionin dan xhantone, yang membuat buah tropis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, contohnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung dan melawan peradangan. Selain daging buahnya, bagian kulit dari buah manggis juga memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaat kulit manggis untuk kesehatan?

1. Mengontrol kadar gula darah agar tetap normal

6 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmuhellosehat.com

Manfaat yang pertama dari kulit manggis untuk kesehatan adalah dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. Kulit manggis mengandung alpha amylase, yang sebanding dengan zat acarbose, yang berfungsi untuk menghambat enzim yang dapat menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa.

Selain itu, kulit manggis ini aman untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena kandungan kalorinya yang rendah, serta kandungan serat yang ada pada kulit manggis ini, mampu untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap normal.

2. Mencegah kanker

6 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmueverdayhealth.com

Tak hanya mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap normal saja, kulit manggis juga dapat mencegah kanker. Hal tersebut dapat terjadi karena kulit buah manggis mengandung antioksidan aktif, yang ampuh dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, serta juga membuang radikal bebas, yang bisa menyebabkan tumbuhnya sel kanker.

Selain itu, senyawa xanthone yang terdapat pada kulit manggis, juga dapat dapat membantu proses pengobatan penyakit kanker lho, disamping pengobatan kanker seperti Kemoterapi dan juga Radioterapi.

3. Melancarkan sistem pencernaan

6 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmuaarp.org

Ternyata kulit buah manggis tak hanya mampu mencegah kanker saja, namun juga dapat melancarkan sistem pencernaan lho, mengapa bisa? Karena kulit buah manggis mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga dapat menyerap air dari luar usus besar dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga: 7 Kombinasi Jus Buah-buahan Ini Ampuh Sembuhkan Penyakit Kronis

4. Menjaga kesehatan mata

6 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmu30seconds.com

Kulit manggis mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga mampu menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat pada kulit manggis ini dapat membantu menajamkan penglihatan, melindungi retina dan juga bisa melindungi mata dari Xerophatalmia, yaitu menurunnya kemampuan mata saat berada di tempat yang gelap.

5. Menjaga kepadatan tulang

6 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmuchicagohealthonline.com

Tak hanya mampu menjaga kesehatan mata, kulit manggis juga bisa lho menjaga kepadatan tulang. Kandungan kalsium yang ada pada kulit manggis, sangat baik untuk menjaga kepadatan tulangmu, sehingga dapat membantumu terhindar dari osteoporosis. Selain itu, kandungan antiperadangan yang terdapat pada kulit manggis dapat mengatasi radang sendi yang sedang kamu alami.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

6 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuhmugizidat.com

Selain mengandung vitamin A yang tinggi, kulit manggis juga mengandung vitamin C, yang berperan penting untuk meningkatkan sistem imun / kekebalan tubuh. Para penderita TBC dan HIV sangat disarankan untuk mengonsumsi kulit manggis ini, karena dapat mengatasi infeksi yang ada pada tubuh penderita penyakit kronis tersebut.

Nah, Itulah ulasan dari 6 manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuhmu. Yuk, rutin mengonsumsi kulit manggis!

Baca Juga: Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsi

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Wendy Novianto

Just For You