Comscore Tracker

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsi

Jangan main makan aja ya!

Buah-buahan bagus untuk kesehatan manusia karena kaya akan kandungan vitamin, kalsium, protein dan serat. Selain bagus untuk kesehatan, banyak pula jenis buah-buahan yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit. Namun di balik sejuta manfaat yang ditawarkan oleh buah-buahan, ada beberapa jenis buah yang harus hati-hati jika mengkonsumsinya seperti buah-buahan berikut ini.

1. Kacang tanah

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/Alexas_Fotos

Kacang tanah mengandung aflatoksin yang masuk kedalam golongan senyawa toksik, apa lagi untuk kacang tanah yang sudah berjamur atau busuk. Kandungan racun toksik nya sangat tinggi. Kacang tanah yang tidak dimasak sempurna sangat berbahaya bagi kesehatan. Pemasakan yang biasa tidak akan mematikan racun dalam kacang tanah karena alfatoksin hanya bisa rusak pada suhu 250 derajat celcius. Selain itu ada juga cara lain untuk mematikan racun dalam kacang tanah, yaitu dengan cara menjemur kacang tanah yang sudah dikupas dibawah terik matahari selama 6 jam. 

2. Nanas

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/Security

Buah nanas di kenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Selain itu buah nanas baik untuk mengurangkan kolestrol karena kandungan lemak di nanas sangat rendah. Namun buah nanas yang masak memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Sehingga penderita diabetes sangat berbahaya mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan. Sementara bagi ibu hamil, juga harus menghindarai buah nanas yang masih muda karena nanas muda mengandung enzim bromelin yang bersifat panas sehingga dapat melemahkan janin.

3. Ceri

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/Hans

Buah yang sering dijadikan pemanis kue dan minuman ini siapa sangka bisa berbahaya bagi manusia. Melalui pengolahan yang tepat, buah ceri aman di konsumsi sebagai pemanis kue. Akan tetapi jika memakan buah ceri secara langsung, bisa berbahaya bagi manusia. Karena buah ceri mengandung racun sianida pada biji dan daunnya. Jika ingin memakan buah ceri secara langsung, hindari menelan biji dan daunnya ya.

4. Pepaya muda

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/ajcespedes

Buah pepaya muda memiliki kandungan enzim papain yang tinggi. Enzim ini terdapat dalam batang, daun, dan getah pepaya muda. Ibu hamil sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya muda, karena enzim papain bisa menyebabkan keguguran.

5. Tomat muda

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/Couleur

Didalam tomat muda yang belum matang, banyak terdapat zat atropin dan solanin. Ciri-ciri nya ialah jika tomat muda dimakan, maka akan terasa pahit. Namun zat atropin dan solanin yang masuk dalam kategori racun, akan hilang disaat tomat telah matang dan siap dipanen.

6. Durian

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsiibu-hamil.web.id

Alkohol dan asam arachidonat yang terkandung dalam buah durian sangat tinggi, sehingga tidak di anjurkan bagi ibu hamil mengkonsumsinya secara berlebihan. Mengkonsumsi buah durian secara berlebihan bagi ibu hamil bisa beresiko mengalami keguguran.

7. Almond

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/stevepb

Sianida adalah racun yang berbahaya bagi manusia, tapi siapa sangka jika almond ternytata memiliki racun sianida. Cara aman mengkonsumsi almond adalah dengan memasaknya pada suhu 93 derajat celcius karena rasa pahit dan racun nya akan hilang. Begitu berbahayanya, almond mentah tidak boleh di jual belikan secara bebas lho.

8. Apel

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/Myriams-Fotos

Para ilmuwan telah menemukan bahwa apel juga mengandung racun sianida sama seperti almond. Bedanya buah apel hanya dibagian bijinya saja yang mengandung racun sianida. Jika seseorang mengkonsumsi banyak buah apel dengan ikut menelan bijinya, orang itu akan mengalami gejala sakit perut, muntah, dan keringat berlebihan.

9. Pare

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsiviva.co.id

Buah pare yang bagi kebanyakan orang sering disebut sayur ini ternyata gak boleh dikonsumsi begitu saja, karena buah pare bisa menyebabkan kemandulan sementara bagi pria. Dikampung-kampung, buah pare sering dijadikan alat konstrasepsi bagi kaum pria. Selain itu, buah pare juga tidak cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena akan menyebabkan gula darah menurun secara drastis.

10. Cabai

Hati-Hati, 10 Buah-Buahan Ini Berbahaya Jika Salah Konsumsipixabay/addleton

Mungkin banyak yang belum tau jika cabai itu masuk kedalam keluarga buah-buahan, bukan sayur-sayuran. Cabai adalah salah satu buah yang unik. Kebanyakan buah biasanya memiliki rasa manis, asam, dan pahit. Namun dibalik keunikannya, cabai ternyata berbahaya di konsumsi bagi penderita maag. Untuk orang sehat, mengkonsumsi banyak cabai juga bisa menyebabkan kanker lambung, detak jantung jadi lebih cepat, dan suhu tubuh naik diatas normal.

Baca Juga: Gak Nyangka, 10 Makanan Ini Bisa Dimasak dengan Microwave Lho!

Go Photo Verified Writer Go

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya