Comscore Tracker

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dini

Sebagian besar diderita perokok aktif

Kanker paru-paru merupakan suatu kondisi yang menyebabkan sel membelah di paru-paru dengan tidak terkendali, yang mengakibatkan tumbuhnya tumor, yang akhirnya mempengaruhi kemampuan bernafas seseorang. Menurut American Lung Associaton, rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Asap rokok mengandung karsinogen (zat penyebab kanker), sehingga semakin sering kamu menghirup asap rokok, maka akan semakin besar juga risiko kamu terkena kanker paru-paru.

Meski tergolong penyakit kronis dan mematikan, kanker paru-paru masih dapat disembuhkan lho guys, asalkan dapat terdeteksi sejak dini. Diagnosis sejak dini dapat membantu penderita kanker paru-paru mendapatkan pengobatan lebih awal, sehingga akan lebih mudah untuk diobati.

Dokter biasanya baru bisa mendiagnosis seseorang terkena kanker setelah menanyakan gejala apa saja yang dirasakan pasiennya, serta melakukan serangkaian tes. Nah, berikut ini gejala-gejala dari kanker paru-paru yang wajib kamu waspadai, agar dapat segera mendapatkan pertolongan medis yang tepat.

1. Batuk terus-menerus

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinihealth.harvard.edu

Gejala yang pertama kali dirasakan penderita kanker paru-paru adalah batuk yang membandel atau terjadi secara terus-menerus. Kamu wajib waspada jika mengalami batuk yang tidak kunjung membaik selama lebih dari dua minggu, karena batuk yang terjadi karena pilek dan infeksi pernafasan, biasanya terjadi antara satu hingga dua minggu saja.

Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika batukmu lebih dari dua minggu, meski itu hanya batuk kering atau batuk lendir saja, karena batuk yang terjadi secara terus-menerus, merupakan salah satu gejala awal dari kanker paru-paru.

2. Batuk dengan disertai keluarnya darah

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinibuoyhealth.com

Nah, ini dia gejala utama dari kanker paru-paru, yaitu batuk dengan disertai darah. Jika pada saat kamu batuk, lalu mengeluarkan darah, bisa jadi hal tersebut merupakan Indikasi dari kondisi kesehatan yang cukup serius lho guys, seperti adanya infeksi, kanker, dan masalah di paru-paru atau pembuluh darah. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, jika batukmu terjadi secara terus-menerus dan mengeluarkan darah.

3. Nafas tersengal-sengal

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinivkool.com

Selain batuk yang tak kunjung reda, nafas tersengal-sengal juga merupakan gejala dari kanker paru-paru. Hal tersebut terjadi karena kanker paru-paru mempersempit jalannya pernafasan, sehingga penderitanya kesulitan bernafas. Selain itu, nafas tersengal-sengal juga bisa terjadi karena adanya penumpukan cairan pada paru-paru.

Jika saat sedang naik tangga atau melakukan kegiatan lainnya, kamu merasakan sesak nafas, padahal sebelumnya kamu melakukan kegiatan tersebut dengan mudah, maka sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter, agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktif

4. Nyeri di area dada

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinien.neonetwork.pk

Kanker paru-paru dapat menimbulkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh, seperti dada, bahu, dan punggung. Rasa sakit tersebut juga bisa timbul tanpa disertai dengan batuk. Rasa nyeri di area dada yang timbul karena kanker paru-paru disebabkan oleh adanya pembesaran kelenjar getah bening atau metastasis ke dinding dada, serta adanya selaput di sekitar paru-paru, yang disebut dengan pleura atau tulang rusuk.

5. Suara berubah menjadi lebih serak

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinientmidwest.com

Perubahan suara menjadi serak bisa disebabkan oleh flu dan batuk. Namun, jika suaramu masih serak dalam waktu dua minggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, karena bisa jadi hal tersebut terjadi karena adanya kondisi kesehatan yang serius, contohnya seperti kanker paru-paru. Kanker paru-paru juga bisa menyebabkan suara berubah menjadi serak, karena tumor mempengaruhi saraf yang bertugas mengendalikan laring atau kotak suara.

6. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinimedicalnewstoday.com

Penurunan badan secara tiba-tiba, tanpa adanya program diet, bisa jadi salah satu gejala dari penyakit yang cukup serius, seperti kanker. Kanker dapat menyebabkan penderitanya kehilangan berat badannya lho guys, karena sel kanker menggunakan energi dalam proses penyebarannya. Selain itu, seseorang yang menderita kanker, biasanya akan kehilangan nafsu makannya, yang akhirnya berujung pada penurunan berat badan secara drastis.

7. Sakit kepala

7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dininetdoctor.co.uk

Penderita kanker paru-paru juga akan mengalami sakit kepala, ketika kanker paru-paru telah menyebar ke bagian otak. Terkadang, tumor paru-paru dapat membuat tekanan pada bagian vena cava superior, yang merupakan vena besar yang memindahkan darah dari tubuh, ke arah bagian atas jantung. Akibat dari tekanan tersebut, akan memicu timbulnya rasa sakit pada kepala, dan yang terparah bisa menyebabkan migrain.

Nah, itulah tujuh gejala dari kanker paru-paru yang wajib kamu waspadai sejak dini. Jika kamu merasakan salah satu gejala seperti yang di atas, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, karena semakin cepat kanker terdeteksi, maka akan semakin besar juga peluang untuk kesembuhannya. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 7 Gejala Kanker Ini Sering Diabaikan Pria, Coba Cek!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You