Comscore Tracker

5 Manfaat Selada untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Insomnia!

Bisa buat diet juga lho guys

Selada merupakan tumbuhan sayur, yang sering digunakan untuk membuat salad. Tumbuhan asli lembah dari bagian timur Laut Tengah ini, memiliki nama ilmiah Lactuca sativa ini. Meski berasal dari bagian timur Laut Tengah, selada juga bisa ditanam di daerah yang beriklim sedang, maupun daerah yang tropis.

Selada kaya akan nutrisi dan mineral lho guys, seperti vitamin A, C, E, K, seng, magnesium, kalsium, zat besi, dan kalium. Dengan semua nutrisi dan mineral yang dimilikinya tersebut, selada mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan, selada juga dipuja oleh orang-orang dari Yunani, Romawi, dan Mesir, karena kemampuannya dalam pengobatan. Pasti penasaran 'kan apa saja manfaat dari selada ini untuk kesehatan? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kolestrol

5 Manfaat Selada untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Insomnia!cheyenneregioanal.org

Manfaat pertama dari selada adalah dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kolestrol. Selada merupakan salah satu makanan yang baik lho untuk menurunkan berat badan. Meski diperkaya akan serat dan selulosa, selada rendah kalori dan tidak mengandung lemak lho guys, sehingga akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, dan menunda pengosongan lambung, sehingga bisa membantu mencegah makan berlebihan.

Selain itu, selada juga mampu membantu dalam pembuangan limbah, dan mempromosikan ekskresi asam empedu dalam tinja lho guys, yang nantinya dapat mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

2. Mencegah insomnia

5 Manfaat Selada untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Insomnia!scottshapiromd.com

Nah, ini dia manfaat yang paling terkenal dari selada, yaitu mencegah insomnia. Selada mengandung Laktucarium, merupakan zat kimia berwarna putih susu, yang ditemukan di dalam daun selada. Zat kimia ini, dapat membantu tubuh agar menjadi lebih rileks, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur, dan insomnia pun dapat teratasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Betok untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah dehidrasi

5 Manfaat Selada untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Insomnia!krishijagran.com

Selain dapat menurunkan berat badan dan mencegah insomnia, selada juga mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Selada mengandung banyak kalium, yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan pada tubuh, sehingga dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dalam waktu yang lama. Selain dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, keseimbangan cairan juga perlu dijaga, agar organ tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

4. Membantu mengontrol kecemasan

5 Manfaat Selada untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Insomnia!realworlsurvivor.com

Berdasarkan temuan dari penelitian yang dilakukan pada selada, menemukan fakta bahwa selada tidak hanya bersifat sedatif, namun juga memiliki sifat ansiolitik. Ansiolitik merupakan obat yang digunakan untuk menghambat kecemasan lho guys, sehingga dengan rutin mengonsumsinya setiap hari, akan membuatmu gangguan kecemasan yang sedang kamu alami dapat lebih terkontrol, dan stres pun juga akan hilang.

5. Meningkatkan kognisi otak

5 Manfaat Selada untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Insomnia!universalsupplements.com.au

Selain dapat mengontrol kecemasan, selada juga mampu meningkatkan kognisi otak. Kandungan kalium yang tinggi pada selada, dapat meningkatkan kognisi, aktivitas saraf, dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, kandungan folat pada selada, dapat mencegah penurunan kognitif dan timbulnya gangguan kognitif, seperti Alzheimer.

Nah, itulah ulasan lima manfaat selada untuk kesehatan. Yuk, rutin mengonsumsi selada mulai dari sekarang guys!

Baca Juga: 7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahu

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You