Comscore Tracker

5 Alasan Ilmiah Kenapa Traveling Sangat Baik buat Kesehatanmu

Obat terampuh saat stres

Traveling memang obat paling ampuh untuk mengatasi stres. Banyak sekali hal positif yang kamu dapatkan dari liburan. Jadi, jangan pernah menganggap traveling hanya kegiatan menghambur-hamburkan uang karena traveling sendiri memiliki segudang manfaat terlebih lagi untuk kesehatan mentalmu.

Berikut ini ada penjelasan ilmiah kenapa kamu harus sering-sering pergi liburan. Apalagi jika kamu sedang dalam posisi stres dan tertekan. Traveling mungkin bisa membantumu mengurangi stres karena memiliki 5 manfaat di bawah ini.

1. Mengunjungi tempat baru dapat mengurangi stres

5 Alasan Ilmiah Kenapa Traveling Sangat Baik buat Kesehatanmupixabay.com/pexels

Pergi mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi dapat membantumu mengurangi stres. Hal ini karena otakmu mencerna informasi baru sehingga akan sedikit demi sedikit menggantikan memori lamamu. Apalagi memori buruk yang membuatmu merasa sedih.

Bahkan menurut studi, orang-orang yang jarang pergi berlibur minimal sebulan sekali memiliki tingkat presentase lebih besar 30% mengidap penyakit jantung. Faktanya lagi bahwa traveling dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer sebanyak 40%.

2. Beristirahat dari rutinitas membantu mengatur ulang kembali tubuh dan otak

5 Alasan Ilmiah Kenapa Traveling Sangat Baik buat Kesehatanmupixabay.com/jeshoots.com

Saat kamu pergi berlibur, tentu kamu akan berhenti melakukan rutinitas sehari-harimu. Apalagi jika setiap harinya kamu memiliki rutinitas padat yang sangat melelahkan.

Nah, traveling dapat membantu mengatur ulang tubuh dan otakmu lho. Kamu akan merasa lebih bersemangat kerja setelah beristirahat sejenak dengan pergi liburan. Kondisi fisik dan psikismu juga akan semakin prima.

Baca Juga: 6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama Kali

3. Mencoba hal baru membuat otakmu lebih kreatif

5 Alasan Ilmiah Kenapa Traveling Sangat Baik buat Kesehatanmupixabay.com/ana_j

Kamu akan lebih kreatif saat sedang pergi berlibur. Apalagi jika kamu pergi traveling seorang diri. Tentu kamu akan memikirkan rencana-rencana yang akan kamu lakukan selama liburan.

Jika ada salah satu rencana yang gagal, kamu juga akan memikirkan rencana pengganti lainnya. Otakmu dipaksa untuk selalu tanggap saat liburan. Inilah yang membuatmu lebih kreatif.

4. Orang yang sering berkemah jarang merasa stres

5 Alasan Ilmiah Kenapa Traveling Sangat Baik buat Kesehatanmupixabay.com/free-photos

Menurut penelitian, anak-anak yang pergi berkemah minimal setahun sekali cenderung memiliki prestasi gemilang di sekolah. Hal ini membuktikan jika berkemah memang kegiatan yang bermanfaat. Apalagi jika kamu termasuk penyuka kegiatan yang cukup menantang. Maka berkemah menjadi solusi liburanmu. Kegiatan outdoor di hutan dapat membantumu terbebas dari pikiran negatif.

5. Traveling bersama orang terkasih membuatmu merasa dicintai

5 Alasan Ilmiah Kenapa Traveling Sangat Baik buat Kesehatanmupixabay.com/rawpixel

Hal yang paling menyenangkan saat berlibur adalah ketika kamu bisa pergi bersama orang-orang yang kamu sayangi. Kamu akan merasa lebih hidup saat menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabatmu, atau pasanganmu. Kamu juga akan merasa lebih dicintai dengan kehadiran orang terkasihmu di sisimu. Jadi, jangan pernah menunda-nunda liburan keluarga nih.

Nah, itulah alasan ilmiah mengapa traveling sangat baik buat kesehatanmu. Liburan akhir tahun sudah semakin dekat nih, kira-kira kamu sudah memiliki rencana atau belum untuk pergi berlibur nantinya?

Baca Juga: Wajib Dibaca, Ini 5 Alasan Mengapa Traveling Sangat Penting untukmu

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You