Comscore Tracker

Terkena Insomnia? Ini 5 Tips Mudah Agar Kamu Cepat Tidur Pulas

Yuk, coba praktikkan

Meski sering dianggap sepele oleh sebagian orang, nyatanya insomnia sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Karena kita sendiri membutuhkan istirahat yang cukup agar badan tetap fit. Apalagi di kondisi saat ini yang rawan tertular penyakit COVID-19.

Oleh karena itu, kamu tentu sangat memerlukan waktu tidur yang cukup. Jika kamu sering terkena insomnia setiap malam, kamu bisa praktikkan lima tips di bawah ini yang bisa membuatmu cepat tidur pulas.

1. Coba memakai kaus kaki yang hangat

Terkena Insomnia? Ini 5 Tips Mudah Agar Kamu Cepat Tidur Pulasinsider.com

Terkadang saat akan tidur, kita perlu merasa nyaman terlebih dahulu agar bisa terlelap. Oleh karena itu, gak ada salahnya memakai kaus kaki yang hangat  supaya kamu lebih merasa rileks. Pastikan kamu memilih kaus kaki yang bertekstur lembut dan pastinya sudah dicuci. Agar kamu tidak kebauan nantinya.

2. Meminum teh atau susu

Terkena Insomnia? Ini 5 Tips Mudah Agar Kamu Cepat Tidur Pulaspixabay.com/foundry

Meminum teh maupun susu hangat sebelum tidur juga efektif membuatmu mengantuk, lho. Hal ini juga sudah banyak diteliti oleh pakar kesehatan. Teh dan susu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks, sehingga kamu cenderung akan mudah tidur nantinya. Agar lebih mempan, tambahkan sedikit madu murni agar saat bangun kamu lebih bertenaga.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Kamu Sadari Menyebabkan Insomnia

3. Meniup gelembung

Terkena Insomnia? Ini 5 Tips Mudah Agar Kamu Cepat Tidur Pulaspixabay.com/misku

Meniup gelembung sebelum tidur mungkin terdengar tidak masuk akal. Namun percaya tidak percaya, cara ini terbilang sangat efektif. Karena saat kita meniup gelembung, secara tidak langsung kita menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan. Dan hal ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan menjadi mudah mengantuk.

Jadi, ada baiknya menyiapkan sebotol gelembung di samping tempat tidur. Tidak harus membelinya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah berbekalkan tutorial dari internet.

4. Menulis jurnal

Terkena Insomnia? Ini 5 Tips Mudah Agar Kamu Cepat Tidur Pulaspixabay.com/pexels

Menulis jurnal juga menjadi salah satu cara jitu agar cepat tidur. Kamu bisa menuliskan kegiatanmu selama seharian ini. Biasanya orang akan merasa mengantuk saat menuliskan pengalamannya. Selain menuliskan dalam bentuk tulisan, kamu juga bisa mengetiknya di ponselmu.

Atau jika kamu malas menulis, kamu bisa membaca jurnal-jurnal kamu sebelumnya. Ini juga cukup efektif kok bikin kamu cepat tidur.

5. Mendengarkan suara yang menenangkan

Terkena Insomnia? Ini 5 Tips Mudah Agar Kamu Cepat Tidur Pulaspixabay.com/sweetlouise

Selain mendengarkan musik klasik, kamu bisa mendengarkan suara-suara alam yang bikin cepat tidur. Misalnya suara hujan, angin, maupun air yang mengalir. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di internet. Bahkan banyak aplikasi yang menyediakan suara-suara alam disertai timer. Sehingga kamu bisa mengatur lamanya kamu mendengarkan suara tersebut.

Itulah lima tips agar kamu tidak insomnia lagi. Agar kebutuhan istirahatmu terpenuhi, yakni minimal enam jam sehari. Yuk, coba praktikkan malam ini.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Insomnia, Gangguan Tidur Ini Bisa Mengancam Nyawamu

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya