Comscore Tracker

Stop Denial! Ini 5 Tanda Kamu Mulai Stres di Usia Muda

Coba lebih peka ke diri sendiri deh

Jakarta, IDN Times - Bisa dibilang, masa muda adalah masa indah. Tapi ternyata saat usia-usia ini kamu rentan terkena stres lho. Di balik semua itu, pasti ada pemicu kenapa kamu jadi gampang stres. Gak mungkin banget ‘kan tiba-tiba stres tapi gak ada penyebabnya? 

Kalau kamu gak percaya, coba deh cari dulu tanda-tanda stres yang bisa kamu alami. Mungkin lima tanda awal stres ini bisa membantumu dalam mengidentifikasi.

1. Hal kecil bisa bikin cepat emosi

Stop Denial! Ini 5 Tanda Kamu Mulai Stres di Usia MudaPasangan sedang bertengkar (Shutterstock/jesterpop)

Pernah mudah marah atau bahkan gampang menangis? Bisa jadi itu tanda kamu mulai stres. Apalagi kondisi demikian gak jelas sebabnya, dan mulai meresahkan sekelilingmu. Hal itu tentu akan membingungkan, saat seusia ini kamu memang juga sedang banyak mengalami tekanan psikologis di kehidupan.

Begitu mengalaminya, hal kecil yang menimpamu bisa bikin kamu cepat emosi. Nah, tanda stres ini jangan diabaikan ya. Kamu bisa melewatinya dengan lebih sabar dan pintar mengendalikan diri.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Stres Dampak Stres pada Laki-Laki Lebih Parah

2. Pelan tapi pasti, performamu menurun

Stop Denial! Ini 5 Tanda Kamu Mulai Stres di Usia MudaIlustrasi pusing kepala (Shutterstock/kittirat roekburi)

Kondisi yang demikian buruk saat stres akan berdampak ke mana-mana, salah satunya ke performamu. Untuk itu, coba cek lagi apa yang mungkin membuat performamu belakangan menurun. 

Sebelum performamu anjlok, yuk mulai kembali on track. Setiap orang punya masalah, dan pasti kamu juga bisa menghadapi masalahmu kok. Ingat, kamu masih punya harapan yang harus dikejar!

3. Tiba-tiba kehilangan minat dan hobi

Stop Denial! Ini 5 Tanda Kamu Mulai Stres di Usia MudaIlustrasi rebahan (Shutterstock.com/Hung Chung Chih)

Merasa gak bergairah dan gak berminat pada apapun itu, ternyata juga jadi tanda lho kalau kamu mulai stres. Apalagi kalau sampai hobimu juga tak lagi menarik untuk dilakukan. Wah, cek lagi jika kondisimu begini.

Coba ulik lagi hal-hal seru yang bikin kamu semangat dan positif. Kalau boleh IDN Times saranin sih, kamu bisa cari sumber kebahagiaan lainnya dari bahan stand up para komika deh. Buat kamu yang kemarin sempat nonton acara I Don’t Give A Fest (IDGAF) di IDN Times, pasti sudah dapat jawabannya ya. Streaming festival yang kemarin (26/12) dipandu Adjis Doaibu, jadi salah satu acara yang fun banget karena menghadirkan music performance sekaligus stand up comedy yang super kocak.

Kebayang gak betapa pecahnya penampilan Andra and The Backbone dan Kotak yang juga dikolaborasikan dengan materi stand up para komika seperti Vikri Arab, Panca Atis, Dany Beler, Arif Alfiansyah, Mongol, Awwe, Indra Frimawan, dan Rin Hermana? Disiarkan langsung di idgaf.idntimes.com dari pukul 18.00-22.00 WIB ternyata berhasil menarik lebih dari 10.000 penonton lho.

Eits, ini bukan festival biasa lho! Melalui ini, IDGAF ingin mengajak semua orang siap menyongsong 2021 mendatang, tanpa perlu melihat kembali masa-masa sulit yang dihadapi pada 2020 ini. Because life must go on, bro! Kira-kira, siapa komika terbaik versimu kemarin? 

4. Jadi lebih suka menyendiri

Stop Denial! Ini 5 Tanda Kamu Mulai Stres di Usia MudaIlustrasi menyendiri (Shutterstock/Ekkaratk)

Ternyata terus-terusan menyendiri gak baik, guys. Sikap ini pun mungkin tanda kamu mulai stres. Menarik diri dari kehidupan sosial karena punya masalah, gak akan lantas menyelesaikannya lho. Malahan bisa-bisa perasaan negatif makin menghantui dirimu. 

Buat mengatasinya, coba kamu cari teman yang bisa kamu percaya untuk bercerita. Selain bisa bikin lega, ia mungkin bisa kasih solusi untuk masalahmu.

5. Pola tidur jadi berantakan

Stop Denial! Ini 5 Tanda Kamu Mulai Stres di Usia MudaIlustrasi begadang (Shutterstock.com/PrinceOfLove)

Orang dengan kondisi stres biasanya akan lebih banyak berpikir. Ia pun jadi sering begadang atau sama sekali gak bisa tidur karena otaknya terus aktif saat malam hari dan pola tidurnya jadi berantakan. Hal ini kalau terjadi terus-terusan sangat gak baik untuk kualitas tidur lho. 

Nah itu tadi, tanda-tanda kamu bisa dikatakan mulai mengalami stres. Intinya biar hal itu gak berlarut dan makin parah, kamu wajib mawas dan peka pada diri sendiri ya. Yuk bisa yuk! (CSC)

Baca Juga: Sering Garuk-garuk saat Stres? Hati-Hati Terserang Neurodermatitis!

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya