Comscore Tracker

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sickness

Hempas manja rasa mual di awal masa kehamilan

Morning sickness atau mual-mual yang dialami saat awal masa kehamilan sangat mengganggu kenyamanan para ibu hamil. Tidak hanya terjadi pada pagi hari, morning sickness juga bisa terjadi kapan saja dan dimana saja sehingga mengganggu aktivitas dan kenyamanan para ibu hamil.

Salah satu penyebab paling umum yang membuat ibu hamil mengalami morning sickness adalah perubahan hormon selama trimester pertama. Beberapa pakar beranggapan bahwa rasa mual yang terjadi selama awal masa kehamilan terjadi akibat pembentukan human Chorionic Gonadoptrin (hCG) yang dihasilkan oleh plasenta. Hormon ini berfungsi untuk menjaga kandungan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya seperti progesteron tetap stabil.

Buat para ibu hamil, lakukan 7 hal berikut ini untuk melawan morning sickness agar tetap nyaman dan produktif saat mengandung calon buah hati.

1. Konsumsi air putih yang cukup

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sicknesspexels.com/DariaShevtsova

Minum air putih yang cukup di pagi hari ampuh mengurangi morning sickness. Selain itu, pastikan kamu tidak mengalami kekurangan cairan karena dapat memperparah rasa mual yang kamu alami.

Jadi, jangan malas untuk membawa minum sendiri saat sedang bepergian ke luar rumah atau sekedar minum satu gelas air setiap beberapa jam sekali, ya.

2. Istirahat yang cukup

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sicknesspexels.com/IvanObolensky

Hindari kelelahan yang mampu memperparah morning sickness selama masa kehamilan dengan beristirahat yang cukup. Jika kamu merasa lelah dan rasa mual datang melanda, cukup berbaring dan pejamkan mata, kemudian hirup napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Dijamin rasa mual akan segera lenyap dan kamu dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala.

3. Mencium aroma-aroma segar

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sicknesspexels.com/Pixabay

Karena indera penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif dan dapat memicu morning sickness, tidak ada salahnya untuk kamu mencium aroma-aroma yang segar dan tidak terlalu menyengat. Aroma-aroma segar tersebut bisa kamu dapatkan dari bunga lavender, minyak aromaterapi, hingga lemon.

Baca Juga: 4 Masalah Kesehatan Ibu Hamil di Indonesia yang Kerap Terjadi

4. Konsumsi suplemen khusus ibu hamil

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sicknesspexels.com/Pixabay

Selain menjaga kesehatan janin, mengonsumsi suplemen khusus ibu hamil seperti vitamin B6 ternyata mampu menghindarkan kamu dari morning sickness. Pastikan suplemen yang kamu konsumsi sesuai dengan anjuran dan resep dokter, ya.

5. Makan dalam porsi kecil

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sicknesspexels.com/TheLazyArtistGallery

Karena ibu hamil sering merasa lapar, sebaiknya makan dalam porsi sedikit setiap 1-2 jam sekali ketimbang makan dalam porsi besar sekaligus. Hal ini mampu mencegah datangnya rasa mual, terutama saat bangun tidur.

Jadi, tidak ada salahnya untuk kamu menyimpan makanan kecil yang bergizi, mudah dicerna, dan sehat seperti biskuit, buah beri, dan kacang-kacangan di samping tempat tidur, di meja kerja, atau tas kamu.

6. Jauhi asap rokok

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sicknesspexels.com/PublicDomainPictures

Selain berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan, asap rokok juga menjadi penyebab datangnya morning sickness. Mulai sekarang, pastikan anggota keluarga kamu yang perokok aktif untuk merokok di luar rumah. Jangan lupa untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah tetap baik.

7. Konsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari jahe

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sicknesspexels.com/brucemars

Untuk mengurangi rasa mual di awal masa kehamilan, kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari jahe. Sebagai contoh, kamu bisa meminum teh jahe di pagi atau sore hari. Kamu juga bisa mengonsumsi permen jahe setiap kali selesai makan.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil mengurangi gejala morning sickness, segera periksakan ke dokter kandungan kamu, ya. Keep fight, moms!

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguran

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You