Comscore Tracker

5 Rahasia Hidup Panjang Umur, dari Pola Makan sampai Hubungan Sosial

Konon, vegetarian adalah salah satunya

Jika ditanya mau hidup sampai berapa tahun, angka berapa yang akan kamu lontarkan? 100 tahun atau selamanya? Pada faktanya, umur manusia hanyalah misteri dan kita tidak bisa mengaturnya sesuka hati.

Meski begitu, sebenarnya kita tetap bisa berusaha menjaga tubuh dan pikiran kita agar senantiasa sehat. Sebab, sehat adalah salah satu kunci usia yang panjang. Kira-kira, apa saja ya rahasia hidup panjang umur?

1. Jadi vegetarian

5 Rahasia Hidup Panjang Umur, dari Pola Makan sampai Hubungan SosialPexels.com/Daria Shevtsova

Studi yang dipublikasikan oleh JAMA Internal Medicine, menyebutkan jika vegetarian lebih unggul dalam hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak. Studi yang melibatkan 73.308 orang dewasa berusia maksimal 50 orang tersebut, berjalan selama enam tahun dan melibatkan separuh dari total peserta yang asalnya dari vegetarian.

Selama berjalan, 2.570 orang peserta meninggal dunia dan hanya 12 persen yang merupakan vegetarian. Sementara studi lain yang ditunjukkan oleh Journal of Clinical Nutrition, menyebut jika vegetarian tak rentan berpenyakit jantung iskemik. 

Hasil studi tersebut bukan berarti kamu harus berhenti menyantap daging. Namun, semakin banyak porsi sayuran yang kamu asup, semakin baik pula untuk kesehatan jangka panjang.

2. Tidak bergantung pada suplemen vitamin D

5 Rahasia Hidup Panjang Umur, dari Pola Makan sampai Hubungan SosialPexels.com/Pixabay

Studi yang ada di Canadian Medical Association Journal, mengungkapkan kaitan antara rendahnya level vitamin D seseorang dengan panjang usia keluarga. Penelitian ini berfokus pada anak-anak nongenarian (generasi keluarga yang mampu hidup hingga berusia 90 tahunan).

Hasilnya, mereka memiliki level vitamin D yang lebih rendah dan level protein yang jauh lebih tinggi. Jadi, daripada kamu khawatir kekurangan vitamin D dan mengonsumsi suplemen, coba cari yang alami dengan sayuran, buah-buahan, dan sumber protein lain.

Baca Juga: Gigi Sehat dan Bebas Bau Mulut, Ini 5 Manfaat Sehat dari Bersiwak 

3. Merenung atau meditasi

5 Rahasia Hidup Panjang Umur, dari Pola Makan sampai Hubungan SosialPexels.com/RF._.studio

Merenung atau meditasi dapat menjaga ketenangan batin dan pikiran dari stres. Jika seseorang mengalami stres, beragam penyakit kronis mungkin saja melanda.

Hal ini pernah dibuktikan oleh herbalis Tiongkok bernama Li Ching-Yuen. Ia meninggal pada tahun 1933 di usia 197 tahun.

Selain meditasi, kamu bisa melakukan yoga, tai chi, hingga berlibur. Jadi, sempatkanlah waktumu untuk menenangkan batin ya!

4. Menggunakan minyak zaitun untuk berbagai kebutuhan

5 Rahasia Hidup Panjang Umur, dari Pola Makan sampai Hubungan SosialPexels.com/Naim Benjelloun

Jika kamu tahu, ada warga Prancis yang mampu hidup hingga 122 tahun. Ia bernama Jeanne Calment. Ia menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan dan menggunakannya juga untuk merawat kulit dan rambut. 

Menurut Molecular Nutrition & Food Research, kandungan antioksidan dan lipid tak jenuh tunggal yang tinggi pada minyak zaitun, dapat memperpanjang usia.

5. Mempererat hubungan sosial

5 Rahasia Hidup Panjang Umur, dari Pola Makan sampai Hubungan SosialPexels.com/Kampus Production

148 penelitian independen yang disusun oleh Brigham Young dan University of North Carolina di Chapel Hill, menyebutkan jika kualitas dan kuantitas hubungan seseorang, dapat berdampak pada morbiditas dan mortalitas.

Orang-orang yang punya jaringan sosial kuat, memiliki potensi 50 persen lebih dalam kemungkinan bertahan hidup dibandingkan mereka yang hubungan sosialnya buruk.

Itu dia beberapa rahasia panjang umur yang tim IDN Times kumpulkan. Kalau kamu sendiri, apakah sudah menerapkan beberapa poin di atas? Atau, kamu punya cara tersendiri? Bagikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Diet Tak Hanya Defisit Kalori, tetapi Juga Mengatur Pola Makan

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya