Comscore Tracker

5 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Olahraga Mubazir, Jangan Tergiur

Jangan lihat label rendah lemaknya saja!

Alangkah baik rasanya jika kita bisa menyantap aneka makan yang rendah lemak. Namun, rendah lemak bukan satu-satunya patokan makanan sehat, lho. Terlebih, saat kamu sedang menjalani program latihan pembentukan badan.

Karenanya, kenali dulu yuk makanan rendah lemak yang bisa bikin olahraga mubazir. Beberapa di antaranya justru diam-diam mengandung kalori dan gula. Apa saja, ya?

1. Energy bar

5 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Olahraga Mubazir, Jangan TergiurIlustrasi energy bar (Pexels.com/Annelies Brouw)

Bentuk energy bar memang praktis dan penuh energi yang dibutuhkan sebelum latihan pembentukan tubuh. Namun, ada pula beberapa energy bar yang minim kandungan nutrisi sehingga sama saja dengan candy bar biasa.

Solusinya, carilah energy bar yang bahannya tersusun dari oats, kacang, buah kering, atau whole grain. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan buah, yoghurt, atau air. Dengan demikian, sesi olahragamu tidak sia-sia.

2. Roti putih

5 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Olahraga Mubazir, Jangan TergiurIlustrasi roti putih (Pexels.com/Anthony Shkraba)

Roti putih memang rendah lemak dan tinggi karbohidrat. Namun, karena kandungan karbohidratnya sederhana, energi yang dihasilkan pun cepat hilang. Di samping itu, jenis roti ini minim protein, serat, vitamin, dan mineral.

Kini, beralihlah ke roti 100 persen whole grain. Jenis roti ini akan memberikan energi yang tahan lama sehingga mencegahmu ingin terus-menerus nyemil. Dengan demikian, energi yang terbakar dan energi yang masuk bisa lebih seimbang.

Baca Juga: 10 Olahraga yang Bikin Cepat Langsing, Lemak-lemak Langsung Hilang

3. Kue rendah lemak

5 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Olahraga Mubazir, Jangan TergiurIlustrasi kue (Pexels.com/Dayvison de Oliveira Silva)

Meski ada label rendah atau bebas lemak, kue tetap mengandung gula. Hal inilah yang membuat kalorinya tak kalah tinggi bila dibandingkan dengan kue yang full fat.

Cobalah membuat kue sendiri dengan kombinasi bahan yang bisa ditakar sepenuhnya. Jika tidak terbiasa membuat kue sendiri, makanlah kue tersebut separuh dan gantikan sisanya dengan susu rendah lemak.

4. Sup

5 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Olahraga Mubazir, Jangan TergiurIlustrasi sup krim (Pexels.com/Ponyo Sakana)

Disarankan, kamu tidak mengonsumsi sup ayam yang dikemas dalam kaleng siap saji. Kenapa? Ini karena adanya kandungan sodium yang kerap lebih banyak dibandingkan kadar harian yang diperlukan.

Masaklah sup sendiri dengan sayuran organik, misalnya. Ambil kaldu yang rendah sodium dan bubuhkan banyak sayur di dalamnya.

5. Yoghurt

5 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Olahraga Mubazir, Jangan TergiurIlustrasi yogurt (Pexels.com/Lisa)

Yoghurt begitu kaya dengan kalsium dan protein. Namun, yang perlu diwaspadai adalah unsur gula di dalamnya. Yoghurt, terutama yang mengandung gula dan rasa-rasa, bisa saja mengandung lebih banyak gula daripada sekaleng soda.

Solusinya, pilih yoghurt yang plain. Untuk topping, pilih potongan buah-buahan segar. Dengan demikian, asupanmu tetap sehat dan tidak mengganggu program olahraga.

Kini, kamu sudah tahu kan makanan rendah lemak apa saja yang membuat olahragamu mubazir beserta solusinya? Sekarang, kamu gak perlu ragu menyantapnya dan program pembentukan tubuhmu bakal berjalan lancar.

Baca Juga: 15 Alasan Kenapa Lemak Perut Sulit Dihilangkan, Nyebelin!

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya