Comscore Tracker

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cedera

Kekurangan vitamin juga salah satu pemicu munculnya memar

Memar memang bakal muncul di permukaan kulit ketika kamu mengalami benturan. Sebenarnya, memar ini merupakan reaksi tubuh dari cedera ringan pada pembuluh darah di bawah permukaan kulit.

Tapi, apa artinya kalau memar itu selalu muncul? Bahkan, kamu bisa saja terkejut saat menemukan memar itu di tangan, pinggang, perut, kaki, dan bagian tubuh lainnya padahal kamu merasa bahwa kamu sedang tidak terjatuh.

Berikut adalah penyebab munculnya memar secara tiba-tiba yang wajib kamu waspadai.

1. Gangguan darah

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederaunsplash.com/Hush Naidoo

Gangguan darah seperti hemofilia dikatakan bisa membuat tubuh mengalami memar secara tiba-tiba. Bahkan, kontak fisik yang sangat ringan pun bisa menyebabkan memar. Untuk beberapa kasus, memar yang sering terjadi di tubuh karena gangguan darah ini dipercaya sebagai indikasi adanya risiko kanker darah.

2. Cewek memang lebih gampang memar

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederaunsplash.com/Lauren Griffiths

Ini memang nggak adil, apa lagi sekarang sudah zamannya keseteraan gender. Tapi, Prevention menulis, cewek memang lebih mudah memar dibandingkan cowok. Ini karena kulit cowok lebih tebal, lebih banyak kolagennya sehingga membuat pembuluh darah lebih aman dari benturan dan juga trauma.

3. Olahraga

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederaunsplash.com/Bruno Nascimento

Saat melakukan olahraga, maka akan ada banyak otot yang mengalami ketegangan. Dan karena ketegangan inilah, tidak jarang membuat pembuluh darah di otot pecah. Jika sudah begitu, maka memar pun akan terjadi di kulit tubuh kamu.

4. Penuaan

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederaunsplash.com/x )

Saat menua, maka produksi kolagen dalam tubuh yang akan melindungi kulit menurun. Karena penurunan inilah, tubuh pun akan lebih mudah mengalami memar secara tiba-tiba.

Baca Juga: 7 Penyebab Memar Tiba-tiba Muncul, Bisa karena Penyakit Berbahaya lho!

5. Diabetes

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederapexels.com/PhotoMIX Ltd.

Beberapa penelitian dan ahli kesehatan mengungkapkan jika indikasi awal diabetes bisa dilihat dari sering munculnya memar di tubuh secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Jika kamu mengalami memar dan ada riwayat keluarga yang terkena diabetes, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter ya.

6. Kekurangan vitamin

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederapexels.com/Daria Shevtsova

Ternyata, sering memar juga bisa jadi tanda kalau kamu kekurangan vitamin. Terutama vitamin C dan K. Biasanya, faktor ini dimiliki banyak orang yang tinggal di negara berkembang dan miskin. Kebanyakan anak-anak yang kekurangan gizi juga mudah memar karena mereka kekurangan asupan berbagai macam vitamin dan gizi lain.

7. Menderita Von Willebrand

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederapexels.com/Ivan Obolensky

Von Willebrand merupakan penyakit yang mirip dengan hemofilia, namun lebih ringan. Dilansir dari Prevention, orang yang mengidap penyakit ini biasanya sering berdarah saat pemeriksaan gigi, mimisan yang sulit berhenti, kencing dan BAB berdarah, juga darah menstruasi yang sangat banyak.

8. Sudah lanjut usia

Kenali 7 Penyebab Tubuh Mudah Memar Meski Sedang Tidak Cederaunsplash.com/Esther Town

Baik pria atau juga wanita yang sudah lanjut usia lebih mudah mendapatkan memar pada tubuhnya. Karena, kulitmu akan menjadi semakin tipis seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga, kalau ada kakek atau nenek yang terbentur sedikit saja, pasti nanti akan timbul memar.

Itulah 8 penyebab kenapa memar di tubuh sering kali muncul secara tiba-tiba. Jika kamu mengalami hal ini, usahakan untuk tidak meremehkannya ya. Lebih baik periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Baca Juga: 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Obati Memar, Bisa Pulih Lebih Cepat Lho!

Fika Faot Photo Verified Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya