Comscore Tracker

6 Hal yang Memperburuk Multiple Sclerosis dan Cara Menghindarinya

Penyakit ini belum ada obatnya lho!

Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit yang berpotensi melumpuhkan otak dan sumsum tulang belakang (sel saraf pusat). Pada penderita penyakit ini sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menyerang benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh malah berbalik menyerang sel-sel syaraf dalam tubuh kita sendiri.

Pada penyandang Multiple Sclerosis (MS), sistem kekebalan tubuh akan menyerang myelin atau selubung pelindung yang menutupi serabut saraf pusat. Apabila terjadi kerusakan pada myelin maka komunikasi antara orak dan bagian tubuh kalian akan terganggu, sehingga para penderita MS dapat mengalami kelumpuhan sedang sampai parah.

Penyakit ini belum ditemukan penyebab jelasnya mengapa sistem kekebalan tubuh berbelik menyerang diri sendiri. Selain itu, obat untuk menyembuhkan penyakit ini juga belum ditemukan, yang ada hanyalah obat untuk mengurangi dan menghambat gejala dari MS. 

Akan lebih baik bagi kita untuk mengetahui pemicu semakin memburuknya gejala MS dan mencoba untuk menghindarinya. Jika ada beberapa pemicu yang tak dapat kita hindari, maka menemukan solusi lain untuk mengurangi efeknya seperti perubahan gaya hidup, olahraga teratur, diet sehat, dan yang lainnya mungkin akan membantu.

Berikut adalah beberapa pemicu yang dapat memperburuk gejala pada penderita penyakit MS dan cara menghindarinya.

1. Stres

6 Hal yang Memperburuk Multiple Sclerosis dan Cara Menghindarinyapexels.com/@juanpphotoandvideo

Memiliki penyakit kronis seperti MS dapat membuatmu memiliki sumber stres baru. Tetapi stres juga dapat berasal dari hal-hal lain, seperti masalah pekerjaan, finansial, dan hubungan pribadi. Terlalu banyak stres dapat semakin memperburuk gejala-gejala Multiple Sclerosis.

Oleh karena itu, sebaiknya para penderita MS harus mengelola perasaan dan pikirannya dengan baik. Temukan aktivitas relaksasi yang kalian sukai, seperti yoga, meditasi dan pelatihan pernapasan. Dengan menghilangkan stres akan dapat membantu mengurangi risiko memburuknya gejala MS.  

2. Panas

6 Hal yang Memperburuk Multiple Sclerosis dan Cara Menghindarinyaacefitness.org

Panas dari matahari, sauna, atau pemandian air panas buatan juga dapat memperburuk gejala MS. Sering terkena panas akan dapat memeprburuk gejala MS, karena kekebalan tubuh mereka yang lemah tak seperti orang normal pada umumnya.

Cara menghindarinya adalah dengan skip kegiatan yang berhubungan dengan tempat-tempat panas seperti sauna, pemandian air panas, dan tempat bersuhu tinggi lainnya. Pada hari-hari panas, hindari terpapar matahari langsung, gunakan pakaian longgar dan berwarna terang serta tetap berada di tempat teduh sebanyak mungkin.

3. Kekurangan vitamin D

6 Hal yang Memperburuk Multiple Sclerosis dan Cara Menghindarinyanewhope.com

Dilansir dari NCBI, seseorang dengan kadar vitamin D lebih rendah akan memiliki resiko lebih tinggi mengalami flare-up atau pembengkakan dibandingkan dengan orang yang kadar vitamin D nya tinggi. Terbukti bahwa vitamin D melindungi agar gejala MS tidak semakin berkembang.

Kamu dapat meminta dokter untuk memantau kadar vitamin D dalam tubuhmu secara teratur. Suplemen, makanan, dan paparan matahari pada waktu-waktu tertentu dapat membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuhmu. Dan akan lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang tepat dan kapan waktu yang baik untuk terkena sinar matahari.

Baca Juga: Suka Konsumsi Gula Berlebih? 5 Jenis Penyakit Ini Akan Mengintaimu!

4. Kurang tidur

6 Hal yang Memperburuk Multiple Sclerosis dan Cara Menghindarinyapexels.com/@jmark

Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, karena saat kita tidur tubuh mulai memperbaiki diri dari dalam. Namun sayangnya banyak penderita MS yang mengalami kesulitan untuk tidur. Hal ini karena gejala-gejala seperti kejang otot, kesemutan, dan rasa sakit membuatnya semakin sulit untuk memejamkan mata.

Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsultasikannya dengan doktermu. Karena dokter akan mencarikan jalan keluar terbaik untuk mengelola kelelahan sehingga kamu dapat tidur dengan lebih nyaman.

5. Merokok

6 Hal yang Memperburuk Multiple Sclerosis dan Cara Menghindarinyarawpixel.com

Rokok atau produk dari tembakau lainnya dapat semakin memperburuk gejala MS yang kamu alami bahkan ia dapat membuat penyakitmu semakin cepat berkembang. Merokok dapat mempercepat gejala kelumpuhan akibat penyakit MS.

Cara mengatasinya adalah dengan berhenti merokok dan menghindar dari orang-orang yang merokok. Berhenti merokok bahkan setelah didiagnosis terserang penyakit MS akan tetap membuahkan hasil yang positif agar perkembangan penyakit MS tidak memburuk.

6. Kelelahan

6 Hal yang Memperburuk Multiple Sclerosis dan Cara Menghindarinyaisrael21c.org

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa para penderita penyakit MS akan kesulitan untuk tidur. Dan banyak dari mereka tetap memaksakan diri untuk melakukan aktivitas sehari-hari meski tanpa tidur. Memaksakan diri secara fisik maupun mental dapat semakin memperburuk gejala MS yang kamu alami.

Tenangkan diri dan ikuti isyarat tubuh yang kelelahan, jangan terlalu memaksakan diri. Istirahatlah kapan pun merasa kelelahan, karena memaksakan tubuh sampai pada titik terlelah hanya akan mempersulit pengobatan pada dirimu.

Meskipun tak dapat sembuh sepenuhnya, namun dengan menghindari pemicu-pemicu di atas semoga dapat mengurangi sakit yang kamu rasakan ya. Semangat!

Baca Juga: 6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakit

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya