Comscore Tracker

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakit

Bisa menjadi solusi obat terapi alami!

Menelihata ikan hias dalam akuarium di rumah ternyata tidak hanya berfungsi sebagai hiasan ataupun pajangan semata lho. Banyak keuntungan bisa didapatkan dari memelihara ikan hias di rumah, salah satunya adalah berdampak positif bagi kesehatan tubuh jasmani.

Berikut ini adalah enam manfaat memelihara ikan hias di rumah yang sangat berdampak positif bagi kesehatan. Simak baik-baik ya!

1. Berguna untuk mengurangi stres

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakitunsplash.com/Kyle Broad

Dengan memandang indahnya panorama dalam akuarium dapat membantu seseorang menjadi tenang, santai, bahkan juga dapat meningkatkan situasi dan suasana hati yang sedang bersedih ataupun stres. Hal ini juga tentunya bisa menjadi obat alami yang baik untuk menangani perasaan stres dan menurunkan tingkat kegelisahan.

2. Sebagai terapi alami untuk menurunkan tekanan darah

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakitinstagram.com/exlusivebyadiracollection

Salah satu terapi yang bisa dipilih untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan memelihara ikan hias. Ikan hias dalam akuarium bisa membantu relaksasi untuk menurunkan tekanan darah.

Dengan fokus memandangi ikan hias di dalam akuarium yang didesain sama seperti habitatnya, akan membuat suasana hati mendapatkan efek positif dalam membantu menurunkan tekanan darah.

3. Bermanfaat untuk menyehatkan jantung

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakithealth.clevelandclinic.org

Salah satu terapi alami untuk menyehatkan jantung ternyata sangatlah mudah yaitu hanya dengan memelihara ikan-ikan hias dalam akuarium di rumah.

Menurut para ahli kesehatan dengan melihat panorama indah di dalam akuarium akan memberikan terapis yang sangat berguna bagi jantung lho. Hal ini disebabkan karena dengan melihat ikan di dalam akuarium suasana pikiran dan perasaan pun akan terasa tenang, santai, sehingga membuat tekanan darah menjadi normal serta otot-otot jantungpun menjadi lemas.

Dengan demikian maka akan membantu untuk mengurangi tekanan jantung hingga dapat membuat jantung menjadi kuat dan sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Kakap Merah, Ikan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

4. Sebagai terapi untuk pasien Alzheimer

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakitunsplash/Campaign Creators

Ternyata memelihara ikan dalam akuarium di rumah memiliki dampak yang sangat positif bagi pasien Alzheimer lho.

Penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya yang diderita oleh pasien Alzheimer akan teratasi dengan terapi ikan hias dalam akuarium yang terpajang di rumah. Hal ini akan membuat pasien penderita Alzhamier mendapatkan ketenangan sehingga suasana hati pun menjadi tidak agresif, meningkatkan nafsu makan, serta mengurangi ketergantungan suplemen yang dikonsumsi.

5. Sebagai terapi alami untuk anak-anak berkebutuhan khusus

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakitunsplash.com/Caroline Hernandez

Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak yang berkebutuhan khusus mempunyai rasa emosional yang tinggi. Dengan memberikan dan memelihara ikan hias di rumah akan menentramkan pikiran dan perasaan mereka karena mereka akan terfokus dan melihat warna yang indah serta gerakan ikan dan kehidupan air yang lain seperti hiasan dalam akuarium.

6. Terapi untuk anak ADHD

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Terapi Berbagai Penyakitunsplash.com/Tong Nguyen van

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah sebuah kondisi dimana anak akan mengalami kesusahan untuk konsentrasi. Tapi, hal ini dapat dicegah dan diatasi perlahan lewat terapi akuarium di mana bisa membantu menenangkan saraf serta pikiran, hingga nantinya akan meningkatkan konsentrasi anak.

Nah, itulah enam manfaat memelihara ikan hias di rumah. Apakah kamu tertarik untuk memeliharanya?

Baca Juga: 5 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental, Jadi Obat Stres!

Abdi Mauninho Photo Verified Writer Abdi Mauninho

Menulis dan membaca adalah cara terbaik untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda. - fb: Abdi Mauninho - ig: @abdimauninho - Youtube: TMore Pictures

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya