Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap Jernih

Penting lho terutama untuk kamu yang doyan pakai headset

Telinga merupakan salah satu indera yang tentu saja harus dijaga kesehatannya jika ingin tetap berfungsi dengan normal.

Di era digital seperti sekarang ini, kecenderungan menggunakan telinga secara tak sehat banyak dilakukan generasi millennials dengan perangkat audio ponsel secara berlebihan. Akibatnya, banyak diantara mereka yang mengalami penurunan fungsi indera dengan berbagai keluhannya.

Untuk menjaga kesehatannya, berikut ini beberapa tips sederhana agar telinga kamu tetap berfungsi dengan baik dan terjaga.

1. Ikuti aturan ‘60/60’ saat memakai perangkat audio

5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap JernihPixabay.com/PublicDomainPictures

Ingat ya, jangan menggunakan perangkat audio secara berlebihan dalam jangka waktu lama karena akan merusak gendang telinga.

Untuk menjaga kesehatannya, ikuti aturan 60/60 saat kamu menggunakan perangkat audio di ponsel melalui headset. Aturan 60/60 artinya menggunakan volume tidak lebih dari 60 persen dan penggunaannya tidak lebih dari 60 menit.

Cukup mudah, bukan?

2. Eits, hindari kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud ya

5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap Jernihdrganent.com

Segera tinggalkan kebiasaan membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud ya. Bukannya membersihkan kotoran, penggunaan cotton bud akan mendorong lebih dalam kotoran masuk ke dalam telinga sehingga menambah risiko gangguan telinga lain.

Perlu kamu ketahui, telinga memiliki sistem pembersihan otomatis ketika kotoran sudah bertumpuk di dalam telinga.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Telinga, Wajib Tahu!

3. Cara mengunyah yang baik juga mempengaruhi proses pengeluaran kotoran telinga

5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap Jernihbauernutrition.com

Mengunyah permen karet selain bisa menghilangkan rasa bosan ternyata baik juga untuk kesehatan mulut dan indera pendengaran, lho.

Gerakan berulang-ulang dan konsisten di sekitar mulut ternyata mempengaruhi pengeluaran kotoran di dalam telinga. Jadi, dengan hanya melakukan gerakan mengunyah yang baik, kotoran di dalam telinga akan otomatis keluar dengan sendirinya.

4. Istirahatkan telinga

5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap JernihPixabay.com/StockSnap

Jangan karena kebutuhan, kamu memforsir telinga bekerja maksimal dengan mendengarkan audio non stop dengan volume tinggi.

Sesekali, kamu perlu mengistirahatkan telinga dan membiarkannya bebas dari suara bising. Kamu bisa mengistirahatkan otak dengan pergi ke tempat-tempat hening yang hanya tersedia suara alam yang menyejukkan.

5. Hindari mendengarkan dua atau lebih sumber suara yang terlalu bising dalam waktu bersamaan

5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap JernihPixabay.com/BEP

Untuk menjaga kesehatan telinga, sebaiknya hindari mendengarkan dua atau lebih sumber suara dalam satu waktu dengan intensitas tinggi ya. Misal saat berada di dalam bioskop, jangan mendengarkan musik melalui headset dengan volume tinggi.

Mendengarkan dua sumber suara secara bersamaan akan membuat gendang telinga rusak dan berisiko memicu gangguan kesehatan telinga.

Telinga termasuk salah satu indera yang penting. Sehingga menjaga kebersihan dan kesehatannya sangatlah penting. Kamu bisa mencoba tips di atas untuk menjaga kejernihan pendengaranmu.

Baca Juga: Gak Perlu Obat Mahal, Ini 5 Cara Alami Obati Sakit Telinga

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya